28 Ide Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar

Daftar Isi [Tampil]

Usaha modal kecil cukup populer di kalangan masyarakat yang ingin memulai usaha tetapi tidak memiliki dana yang besar. Dengan modal kecil, Anda dapat memulai usaha Anda sendiri dan mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

Untuk bertahan di pasar yang kompetitif, memulai usaha modal kecil juga membutuhkan ketekunan, keterampilan, dan strategi yang tepat.

Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa ide usaha modal kecil yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin memulai usaha Anda sendiri.

Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Jasa Kursus Online

Jasa Kursus Online

Jasa kursus online adalah contoh bisnis kecil dengan banyak pesaing. Untuk membuka les, Anda perlu modal laptop dan internet. Akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki kemampuan yang tidak dimiliki kebanyak orang lain, seperti kemampuan bahasa asing. Anda dapat memilih untuk membayar setiap sesi atau setiap bulan. Semuanya bergantung pada kesepakatan.

2. Frozen Food

Frozen food adalah bisnis berikutnya yang belum banyak pesaingnya. Usaha ini sangat disukai karena praktis. Selain itu, Anda tidak perlu memiliki toko sendiri untuk menjual makanan yang sudah dingin. Anda dapat menggunakan kulkas yang sudah ada di rumah untuk awal, tetapi jika Anda sudah punya banyak pelanggan, Anda dapat membeli yang lebih besar untuk jualan. 

3. Penerjemah

Penerjemah

Anda dapat membuka bisnis penerjemahan jika Anda mahir berbahasa asing. Banyak platform online yang menawarkan pekerjaan sebagai penerjemah lepas. Misalkan saja Anda memiliki kemampuan untuk menerjemahkan komik, novel, dokumen, dan lainnya. Anda biasanya akan dibayar per lembar atau dokumen yang Anda kirimkan.

4. Kue Kering

Usaha kue kering adalah contoh bisnis modal kecil dengan belum banyak pesaing. Anda yang mencari usaha dengan modal kurang dari 1 juta mungkin ingin mencoba bisnis ini. Saat lebaran dan Natal, pemesanan kue kering biasanya meningkat. Kue kering juga bisa dimasukkan ke dalam parsel atau hampers.

5. Pembuatan Website 

Pembuatan Website

Jika Anda seorang programmer, Anda bisa membuka bisnis pembuatan website. Sekarang ada banyak platform yang menawarkan pekerjaan freelance untuk pembuatan website. Oleh karena itu, Anda hanya perlu memiliki koneksi internet dan laptop yang dapat mendukung pekerjaan Anda untuk membuat situs web ini. Anda juga tidak perlu berada di kantor. 

6. Souvenir Pernikahan

Souvenir Pernikahan

Kita tahu bahwa setiap pernikahan biasanya memiliki souvenir untuk dibagikan kepada tamunya. Ini adalah contoh usaha kecil yang bisa Anda lakukan sendiri. Misalkan saja Anda membuat mug yang disesuaikan dengan nama pengantin atau gantungan kunci yang cantik untuk hadiah pernikahan.

7. Barbershop

Tempat pangkas rambut atau barbershop sangat dibutuhkan bagi kaum pria di zaman sekarang. Ada banyak barbershop dengan berbagai harga, mulai dari yang murah hingga mahal.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, Anda dapat memulai bisnis ini di rumah Anda sendiri. Namun, jangan lupa untuk memberikan pelanggan fasilitas yang baik agar mereka kembali untuk menggunakan layanan Anda.

8. Laundry

Laundry

Bisnis laundry atau cuci pakaian memerlukan modal besar bagi sebagian orang, tetapi Anda masih bisa memulainya dengan modal kecil.

Dengan cara ini, Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan laundry yang sudah cukup besar. Anda dapat menyimpan pakaian pelanggan di rumah Anda atau menyetrika dan melipat pakaian. Anda dapat mendapatkan komisi per pesanan atau per potong pakaian.

9. Fotocopy dan Print

Jika Anda tinggal di dekat institusi pendidikan, membuka bisnis fotocopy dan cetak adalah pilihan yang tepat karena banyak mahasiswa yang membutuhkan layanan fotocopy dan print untuk tugas, karya ilmiah, hingga skripsi.

10. Jasa Cuci Sepatu

Jasa Cuci Sepatu

Selain laundry pakaian, laundry sepatu juga menjadi populer di masyarakat karena banyak orang tidak sempat mencuci sepatu mereka sendiri atau takut melakukan kesalahan yang akan merusak sepatu mereka.

11. Warung Kopi

Keberadaan warkop atau warung kopi masih menjadi pilihan utama bagi sejumlah masyarakat, meskipun banyak kedai kopi modern dengan desain estetik telah muncul. Anda dapat menyediakan tempat yang bersih dan nyaman, serta beragam menu minuman dan makanan yang enak, serta berbeda untuk menarik banyak pelanggan.

12. Jual Pulsa

Salah satu ide bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil adalah jual pulsa. Ketika ponsel menjadi lebih canggih, kebutuhan akan pulsa dan kuota internet juga meningkat. Karena itu, tidak mengherankan bahwa semakin banyak agen pulsa muncul untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat ini.

Bisnis ini memiliki modal kecil tetapi menghasilkan untung yang besar, jadi siapa pun yang ingin membuka bisnis di kampung harus mencobanya. 

Bisnis pulsa menarik karena memiliki pasar yang luas yang mencakup semua lapisan ekonomi masyarakat. Akibatnya, tidak hanya menguntungkan di kota-kota besar, tetapi juga menguntungkan di perkampungan karena hampir semua masyarakat membutuhkannya. 

13. Tanaman Hias

Tanaman Hias

Selain produk makanan olahan, permintaan tanaman hias terus mendapat peminat. Selama akhir pekan, banyak orang dari kota yang pergi ke desa-desa yang memiliki potensi untuk menanam tanaman hias. Oleh karena itu, bisnis tanaman hias merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan.

Karena mengembangkan usaha budidaya tanaman hias ini cukup mudah, terutama di wilayah pedesaan. Kondisi lingkungan desa yang mendukung memungkinkan penanaman banyak jenis tanaman hias. Tanaman hias juga sangat dihargai, terutama di perkotaan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis tanaman hias yang populer, daya tahan, dan nilai jual yang baik.

14. Agen Gas LPG

Sepertinya pendapatan menjadi agen gas cukup menguntungkan. Selain itu, permintaan gas LPG terus meningkat karena salah satu kebutuhan rumah tangga. Jadi, ini mungkin salah satu peluang usaha yang paling menguntungkan. Anda dapat menemukan informasi tentang pendaftaran agen LPG resmi di situs resmi Pertamina.

Menjadi sub agen LPG dapat menjadi peluang  yang menjanjikan keuntungan yang kompetitif karena jumlah pengecer dan kebutuhan masyarakat. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki akses ke pihak yang memiliki izin untuk menyalurkan gas LPG kepada masyarakat umum.

15. Usaha Jahit

Usaha Jahit

Salah satu peluang bisnis dengan modal kecil dan menguntungkan adalah membuka usaha jahit. Jika Anda belum mahir menjahit, Anda dapat dengan mudah mengikuti kursus jahit yang banyak ditawarkan. Biasanya hanya butuh sekitar tiga bulan untuk menjadi mahir menggunakan mesin jahit dan alat lain.

Bisnis jahit biasanya memiliki permintaan yang tinggi, terutama pada hari-hari tertentu. Anda tidak hanya dapat membuka bisnis untuk pelanggan individu, tetapi juga dapat bekerja sama dengan butik untuk menjahit kain, aksesoris, seragam, baju kerja dan kebaya.

16. Makanan Ringan

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak pernah mati karena orang selalu membutuhkan makanan. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis yang besar, Anda bisa mulai dengan bisnis makanan ringan.

Usaha makanan ringan memiliki kebutuhan modal yang lebih kecil dan memiliki variasi dan pangsa pasar yang luas. Variasi mencakup berbagai kripik, gorengan, makanan dingin, dan lain-lain.

Karena usaha ini biasanya tidak banyak menyita waktu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai pekerjaan sampingan. Kamu memiliki dua opsi untuk menjalankan proses penjualan sendiri: membuka toko offline atau membuka toko online.

17. Jasa Titip

Ada kemungkinan bahwa ide bisnis ini akan sangat cocok untuk dicoba oleh Anda yang menyukai perjalanan. Cara kerja usaha titip ini juga cukup sederhana. Anda hanya perlu mengambil foto produk yang baru Anda temui dan menyebarkannya melalui sosial media.

Lihat apakah ada orang yang ingin membeli produk tersebut saat Anda membagikan gambarnya. Orang-orang yang ingin membeli barang tersebut akan memberikan uang kepada Anda, yang akan digunakan untuk membeli barang tersebut.

18. Waralaba (Franchise)

Usaha waralaba sangat cocok jika Anda ingin memulai bisnis tanpa terlalu sibuk dengan materi pemasaran, logo, produk, dan lain-lain. Sederhananya, membeli waralaba berarti membeli hak untuk menggunakan barang, logo, dan sumber daya pemasaran dari pemilik waralaba atau franchise.

Setelah membeli hak-hak, Anda biasanya akan dilatih bagaimana menggunakan alat-alat mereka. Setelah itu, Anda dapat mulai berbisnis segera.

Waralaba sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah waralaba makanan, terutama makanan ringan. Jika Anda memilih waralaba yang terkenal, Anda tidak perlu memikirkan banyak tentang pemasaran karena konsumen sudah tahu apa yang Anda jual.

19. Cuci Kendaraan

Cuci kendaraan menjasi salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan dengan modal kecil. Saat ini orang-orang pasti membutuhkan cuci mobil hampir setiap hari, atau setidaknya setiap minggu.

Selain itu, usaha ini tidak membutuhkan modal yang signifikan. Setidaknya, Anda akan membutuhkan empat hingga lima juta rupiah untuk membeli peralatan yang diperlukan, seperti pompa air, kompresor, kain lap, dan sebagainya.

Jika Anda memiliki garasi besar atau lahan yang tidak terpakai di rumah, Anda dapat menghemat lebih banyak uang karena bisa membuka usahanya di depan rumah.

20. Minuman Kesehatan

Salah satu hal yang harus kita jaga adalah imunitas tubuh kita. Oleh karena itu, kebutuhan masyarakat akan nutrisi dan vitamin meningkat setiap hari. 

Anda bisa menggunakan peluang ini sebagai peluang bisnis untuk menjual minuman kesehatan seperti jamu. Anda bisa memulai bisnis ini di rumah dengan modal kecil. Produk olahan jamu telah terbukti dapat membantu sebagian besar orang. 

21. Dropship

Bisnis dropship adalah contoh usaha modal kecil yang sangat populer saat ini karena tidak banyak pesaing. Namun Anda harus pintar menebak tren dan permintaan masyarakat. Dengan menjadi dropshipper, Anda dapat menjual barang orang lain tanpa harus membeli atau menyetok barang tersebut.

Bisnis ini cukup menarik untuk ditekuni, tetapi Anda harus memperhatikan dan memilih toko yang layak untuk membeli barang. 

22. Affiliate Marketing

Istilah ini mungkin asing bagi Anda yang baru mengenal dunia bisnis online. Oleh karena itu, bisnis afiliasi adalah salah satu cara untuk memasarkan produk tertentu untuk mendapatkan komisi sebagai imbalan jasa. Jumlah komisi yang dapat Anda peroleh sebagai afiliasi marketing cukup besar jika Anda hanya mempromosikan atau memasarkan produk.

23. Sewa Alat Fotografi

Ingin memulai bisnis dengan modal kecil? Anda dapat menyewakan perangkat digital Anda. Karena keterbatasan biaya saat ini membuat tidak semua orang dapat membeli perangkat digital.

Anda dapat menawarkan sewa perangkat digital seperti kamera kepada mereka yang membutuhkan. Untuk biayanya dihitung perhari atau perminggu sesuai dengan kesepatan bersama.

24. Angkringan

Angkringan adalah bisnis modal kecil lainnya yang dapat dijalankan oleh siapa saja, namun umumnya dijalankan oleh kalangan muda. Angkringan, terutama di lokasi yang strategis, dapat menjadi peluang bisnis yang bagus untuk dibuka untuk malam hari.

Apabila Anda ingin memulainya dengan modal kecil, Anda dapat memulai bisnis sampingan ini di rumah dengan menu sederhana. Agar modal yang dikeluarkan tidak banyak, Anda dapat memanfaatkan lahan perumahan.

25. Kursus Masak

Memasak bukanlah tugas yang sulit, tetapi banyak perempuan yang berlomba ingin menjadi mahir dalam memasak.

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, pernah berprestasi dalam memasak, atau memiliki sertifikasi dalam bidang memasak, membuka kursus memasak adalah pilihan yang bagus.

Bahkan kursus memasak ini dapat ditawarkan dalam sistem offline atau online.

26. Jasa Editing Video dan Desain Grafis 

Jasa editing video atau desain grafis sangat dibutuhkan saat ini, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai kontek kreator. Selain itu, banyak sekali situs freelance yang membutuhkan kemampuan dalam bidang editing video dan desain grafis.

Klien yang dapat Anda dapatkan buka hanya dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri jika Anda sedikit paham berbahasa Inggris.

Untuk memiliki kemampuan tersebut, Anda bisa belajar melalui Youtube secara gratis atau mengikuti kursus yang sediakan di banyak website.

27. Salad Buah

Anda bisa mencoba usaha salah buah karena hampir semua orang menyukai buah terutama yang segar. Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan, tambahkan buah yang segar dan saus mayonaise dengan keju parut.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan produk Anda dan menunjukkan bahwa produk Anda unik, seperti salad buah diet sehat.

28. Aksesori Wanita

Aksesoris wanita tentu merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan karena aksesoris sangat dicari oleh kalangan wanita.

Anda dapat menjual berbagai model anting-anting, gelang, kalung, dan cincin. Karena mereka dapat dipakai setiap hari atau di acara tertentu.

Jika Anda menjual aksesori wanita, Anda dapat memanfaatkan supplier sebagai pihak yang membantu Anda menyimpan produk. Supplier ini dapat ditemukan di toko online.

Baca Juga:

Itulah ide usaha modal kecil dengan keuntungan besar dan cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 28 Ide Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar
28 Ide Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9PFmtoMLWO1Ku_X2w_Pb7REE0AJ0QneZx9pYkFcfnAKTty6v9rx4ifsrx9sodetxPAXbXdhmsGwQPOBiLemkD8smOB_11NwLj3hJ5WT0lfppUPe4HYVo-aKJ0koRL8iEGgFvT3FFo92uo6fvFX9bMADnsB7VxWsbKzZLb05jYQX63HUvhT3Jdyln6hMY/w640-h336/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9PFmtoMLWO1Ku_X2w_Pb7REE0AJ0QneZx9pYkFcfnAKTty6v9rx4ifsrx9sodetxPAXbXdhmsGwQPOBiLemkD8smOB_11NwLj3hJ5WT0lfppUPe4HYVo-aKJ0koRL8iEGgFvT3FFo92uo6fvFX9bMADnsB7VxWsbKzZLb05jYQX63HUvhT3Jdyln6hMY/s72-w640-c-h336/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/12/ide-usaha-modal-kecil.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/12/ide-usaha-modal-kecil.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content