17 Kerja Sampingan untuk Pelajar Terbukti Menghasilkan

Daftar Isi [Tampil]

Kerja Sampingan untuk Pelajar - Pekerjaan sampingan menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan uang terutama bagi mereka yang statusnya masih pelajar. 

Pekerjaan sampingan semakin populer dan dapat diakses oleh siapa saja, termasuk pelajar, berkat kemudahan internet dan teknologi. Pekerjaan sampingan online menawarkan banyak keuntungan bagi siswa, termasuk fleksibilitas dalam jadwal, pengurangan biaya transportasi, peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang, dan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan baru.

Berikut adalah beberapa rekomendasikan kerja sampingan untuk pelajar, baik itu secara online dan offline.

Kerja Sampingan untuk Pelajar

1. Desain Grafis

Desain Grafis

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai desain grafis dan umumnya pekerjaan ini dilakukan di laptop atau PC. Tapi tidak menutup kemungkinan apabila kerja desain ini dilakukan menggunakan ponsel, karena saat ini sudah banyak aplikasi mobile yang menawarkan fitur edit foto dan desain. 

Bagi Anda yang pemula, desain grafis yang dikerjakan seperti, undangan tahlilan, undangan nikah, poster, banner, dan bahkan jasa edit foto.

Untuk Anda yang tertarik dengan kerja sampingan ini tapi belum memiliki keahlian tersebut. Mungkin dapat mencoba belajar dari tutorial Youtube atau kelas yang menawarkan belajar desain, baik itu secara gratis atau berbayar.

2. Dropshiper

Menjadi dropshipper dapat menjadi solusi jika Anda tidak memiliki dana untuk menjadi reseller. Hanya diperlukan smartphone dan koneksi internet untuk pekerjaan sampingan ini.

Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual utama, jika ada pembeli yang tertarik, Anda hanya perlu meneruskan pesanan ke penjual utama, yang akan bertanggung jawab untuk mengirimkan produk.

3. Jual Pulsa Elektrik

Baik itu mahasiswa, karyawan, atau profesional, siapa pun dapat menjual pulsa elektrik. Anda hanya perlu memiliki smartphone, kuota internet, dan dana kurang dari 50 ribu untuk memulai bisnis ini.

Anda dapat menawarkan langganan pertama kepada teman-teman terdekat Anda dengan menjual kuota, pulsa, atau pembayaran listrik. Hindari memberi hutang kepada pelanggan karena dapat menghambat bisnis Anda.

4. Blogger

Blogger

Menjadi seorang blogger adalah gabungan yang menyenangkan dari pekerjaan dan hobi. Kesuksesan blog bergantung pada jumlah pengunjung atau trafik. Tugas yang sulit dari kerja sampingan ini adalah menarik banyak pengunjung.

Jika konten blog Anda berkualitas, banyak pembaca akan berkunjung ke blog Anda. Ini akan membuat blog Anda lebih populer dan lebih mudah untuk mendapatkan backlink dari situs web lain.

Blog dapat menghasilkan uang jika memiliki banyak pengunjung. Caranya berbeda-beda, mulai dari menyediakan tempat untuk iklan hingga bergabung dengan jaringan periklanan profesional seperti Google Adsense.

5. Pengajar Musik atau Seni

Jika Anda memiliki bakat dalam musik atau seni lainnya, mungkin bisa menjadi pengajar musik atau seni. Ajarkan keterampilanmu, seperti bermain instrumen, melukis, atau menari, kepada orang lain. Anda dapat mengajar sendiri atau bergabung dengan sekolah musik atau komunitas seni.

6. Data entry

Salah satu tugas utama seorang freelance data entry adalah memasukkan data penting. Kamu dapat mencoba peluang kerja online ini jika Anda mahir menggunakan Microsoft Excel dan memahami data angka. Selain terhitung sederhana, penghasilan yang Anda peroleh juga cukup menjanjikan.

7. Program Affiliate

Saat ini, ada banyak produk yang menawarkan program afiliasi. Afiliasi merupakan salah satu strategi digital marketing di mana pelanggan mendapatkan komisi setelah membeli produk melalui link yang diiklankan. Toko online seperti Shopee dan Tokopedia belakangan ini banyak menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Untuk terlibat dalam program affiliasi, Anda hanya perlu mengetahui informasi tentang produk yang akan dijual, kemudian bergabung dengan program Affiliate secara gratis. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasarkan link produk yang akan dijual, kemudian memastikan orang yang tertarik untuk mengklik dan membeli.

8. Voice over talent

Tugas utama seorang voice over talent adalah mengisi suara untuk konten video, iklan, atau acara live. Untuk mendapatkan peluang kerja ini, Anda harus menggunakan intonasi dan penekanan yang baik saat berbicara.

Selain mengisi suara, Anda biasanya harus dapat mengedit suara untuk mengurangi suara bising selama perekaman.

9. Pengisi Survei Online

Pengisi Survei Online

Mengisi survei online adalah salah satu pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh pelajar tanpa modal. Hanya perlu mengisi survei online secara rutin untuk pekerjaan ini. 

Seberapa banyak survei yang diisi dan diselesaikan akan menghasilkan uang. Namun, berhati-hatilah untuk memastikan bahwa platform yang Anda pilih benar-benar membayar Anda. karena ada banyak platform survei palsu saat ini.

10. MC

Jika Anda pandai berbicara di depan umum, Anda dapat menjadi MC di acara seperti ulang tahun, pernikahan, seminar, hajatan, atau acara lainnya.

Untuk menjadi MC, Anda harus mahir dalam teknik public speaking dan memiliki penampilan yang menarik dan percaya diri.

11. Menjadi figuran

Anda dapat menjadi figuran di sinetron, film, atau iklan jika Anda ingin merasakan menjadi aktor.

Untuk menjadi figuran, Anda harus terlihat menarik dan tentunya lolos seleksi terlebih dahulu. Anda juga harus siap mengikuti arahan sutradara.

12. Admin media sosial

Banyak perusahaan membutuhkan admin media sosial untuk mengawasi akun mereka. Admin media sosial bertanggung jawab untuk membuat konten, mengelola komentar, dan menjawab pertanyaan dari followers.

Untuk menjadi admin media sosial, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi dan menulis yang baik serta pengetahuan tentang tren media sosial dan cara membuat konten yang menarik.

13. Bisnis online

Jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, bisnis online adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, makanan, hingga aksesoris.

Untuk memulai bisnis online, Anda harus membuat toko online dan memberi tahu orang-orang di sekitar Anda mengenai bisnis yang dilakukan. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan barang-barangmu.

14. Jasa Print dan Print

Jika orang tua Anda memiliki bisnis fotocopy atau print di rumah, atau jika ibu Anda memiliki mesin print atau fotocopy sendiri, jasa print ini pasti sangat menguntungkan.

Sekarang, fotocopy bisa seharga Rp500 per lembar, begitu pula dengan jasa print hitam putih 1 lembar. Jika ada tugas yang membutuhkan print warna, tentu harganya akan lebih mahal.

Sebagai contoh, anggap saja Anda diberi tugas membuat makalah dan diminta untuk memprint dan mengjilidnya oleh guru Anda. Anda dapat menawarkan layanan tersebut kepada teman Anda dan mengharapkan harga tambahan sekitar sepuluh hingga lima belas ribu rupiah per makalah.

15. Penerjemah

Anda dapat mencoba kerja sampingan sebagai penerjemah jika menguasai salah satu bahasa asing. Sebagai langkah awal, Anda dapat mencoba menerjemahkan artikel pendek, cerita pendek, jurnal, dan/atau jenis tulisan pendek lainnya.

Selain itu, hanya dibutuhkan laptop dan jaringan internet. Bergabung dengan komunitas bahasa asing adalah cara untuk meningkatkan keterampilan terjemahan Anda. Anda juga dapat mengambil ujian TOEFL atau TOEIC untuk tetap kredibel karena banyak orang yang menggunakan jasa penerjemah Anda.

16. Youtuber

Menjadi YouTuber saat ini adalah pekerjaan sampingan lain yang sedang populer. Semua yang dibutuhkan adalah smartphone dengan kamera yang baik, koneksi internet yang stabil, dan akun media sosial YouTube. 

Untuk menjadi YouTuber, Anda harus sering mengunggah konten yang berkaitan dengan minat atau passion Anda, seperti makanan, jalan-jalan, make-up, dan lainnya. Jika konten Anda menarik, akan ada lebih banyak subscriber di YouTube.

Jika Anda memiliki banyak subscriber dan terkenal, perusahaan besar biasanya akan melirik Anda untuk jasa endorsement.

17. Joki Game Online

Saat ini, banyak orang masih menyukai game online sebagai hiburan. Banyak yang tertarik menggunakan joki untuk meningkatkan level atau peringkat akun mereka.

Namun, untuk menjalankan joki game online dengan mudah, Anda perlu memiliki komputer. Namun jika kamu belum mempunyai PC, kamu bisa menyediakan jasa joki dari sejumlah game online mobile.

Harga yang ditawarkan oleh joki game online bergantung dari tingkat kesulitan game yang dimainkan. Semakin sulit untuk naik level dalam game, semakin tinggi harga yang ditawarkan.

Baca Juga:

Itulah beberapa rekomendasi Kerja Sampingan untuk Pelajar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 17 Kerja Sampingan untuk Pelajar Terbukti Menghasilkan
17 Kerja Sampingan untuk Pelajar Terbukti Menghasilkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZgDw5PWXtjeehmDg5Nh7o7EWI-frF2uPhtvly0dCE5XGFBTj2NdK2fOxIOqoQkRO1mHzpvOjlU30_Y3KRfDIYH5eUTmF-TwL59pYdQKN-INILszTCxqixlXG2e5iHPYNnGhT9SJPNsnGCoJoRPL0nF7mV950vOTgstTI2Zewu3vRFLBZZlw6y1SS3GO0/w640-h386/desain%20grafis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZgDw5PWXtjeehmDg5Nh7o7EWI-frF2uPhtvly0dCE5XGFBTj2NdK2fOxIOqoQkRO1mHzpvOjlU30_Y3KRfDIYH5eUTmF-TwL59pYdQKN-INILszTCxqixlXG2e5iHPYNnGhT9SJPNsnGCoJoRPL0nF7mV950vOTgstTI2Zewu3vRFLBZZlw6y1SS3GO0/s72-w640-c-h386/desain%20grafis.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/11/kerja-sampingan-untuk-pelajar.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/11/kerja-sampingan-untuk-pelajar.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content