22 Kerja Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Besar

Daftar Isi [Tampil]

Kerja Sampingan Mahasiswa - Di negara-negara empat musim, seperti Eropa atau Amerika Serikat, Mahasiswanya sudah terbiasa kerja sampingan ketika liburan untuk mendapatkan uang. Hal ini berbeda dengan mahasiswa di Indonesia, yang sebagian besar masih dibiayai oleh orang tua mereka.

Mahasiswa asing biasanya dilepas dan diwajibkan untuk membiayai diri mereka sendiri, termasuk biaya kuliah. Inilah yang membuat mahasiswa asing lebih mandiri dibandingkan kita. Untuk itu bagi Anda sebagai mahasiswa disarankan untuk mencari kerja sampingan untuk membuat diri Anda lebih mandiri.

Banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, tapi tidak semua pekerjaan sampingan cocok untuk mahasiswa. Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa kerja sampingan yang sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa.

Kerja Sampingan Mahasiswa Terbaik

1. Barista

Cafe merupakan tempat favorit bagi mahasiswa atau anak-anak remaja mencari pekerjaan. Banyak cafe yang membuka cabang, dan biasanya ada pekerjaan untuk barista.

Selama menjadi mahasiswa, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan di kafe. Kamu tidak hanya akan bekerja, tetapi juga akan belajar tentang berbagai jenis kopi.

2. Fotografer

Fotografer

Jika Anda suka memotret, maka sangat cocok untuk mencoba kerja sampingan sebagai fotografer. Karena saat ini orang-orang membutuhkan fotografer untuk mengabadikan momen-momen tertentu.

Anda dapat memulainya dengan memposting hasil foto Anda di media sosial sebagai bukti bahwa foto Anda luar biasa.

3. Admin Media Sosial

Di zaman sekarang, hampir segala sesuatu ada di internet, baik itu toko online atau hal lainnya. 

Media sosial akan menjadi alat yang diperlukan untuk promosi jualan, yang berarti bahwa admin media sosial harus menangani aktivitas penjualan seperti promosi dan pemasaran melalui media sosial, baik itu melalui Instagram, Facebook, dan lainnya.

4. Driver Ojek Online

Karena murah dan mudah, ojek online menjadi pilihan yang populer di Indonesia. Jika Anda memiliki waktu kosong di sela-sela kuliah, Anda dapat menjadi pengemudi ojek online. Lumayan loh pendapatannya apabila Anda tekuni dengan serius.

5. Video Editor

Video Editor

Anda bisa membuka bisnis sebagai video editor jika kamu menyukai mengedit video. Rutinlah mengupload video yang Anda buat di media sosial sebagai media untuk mempromosikan diri Anda. Bayaran biasanya diberikan per video.

6. Admin Entry Data

Mahasiswa dapat memilih untuk bekerja part-time sebagai admin entry data. Di suatu perusahaan, ribuan entri data, seperti data katalog, pelanggan, dan karyawan, membutuhkan banyak tenaga kerja.

Pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah atau di kampus, yang memungkinkan Anda untuk mengikuti jadwal kuliah Anda.

7. Translator

Jika Anda seorang mahasiswa yang mahir berbahasa asing, Anda dapat melamar pekerjaan sebagai translator. Selain meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda, menjadi translator sangat dibutuhkan saat ini.

Tidak hanya penghasilan yang Anda dapatkan, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda dan memperluas kosa kata Anda. Ini pastinya pengalaman yang berharga sebagai mahasiswa.

8. Desain grafis

Ini mungkin menjadi peluang bagi mahasiswa yang mengambil jurusan desaign karena Anda akan dapat menerapkan teori yang diajarkan di kampus ke dalam pekerjaan Anda.

Pekerjaan ini juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga bagi mahasiswa yang ada kelas di pagi sampai sore, maka bisa bekerja ketika malam hari.

9. Babysitter

Jika Anda menyukai anak-anak, Anda dapat mendaftar sebagai babysitter paruh waktu setelah kuliah. Ini mungkin hanya menjaga anak atau membersihkan rumah. Namun dibutuhkan kesabaran yang tinggi, karena umumnya anak kecil tidak mau diam atau selalu aktif bergerak.

10. MC

Bagi Anda yang terbiasa berbicara di depan umum, mungkin bisa menjadi MC atau host acara. Anda dapat menjadi MC untuk acara pernikahan atau acara organisasi apa pun.

caranya Anda bisa bergabung dengan vendor pernikahan atau mempromosikan diri melalui media sosial. MC atau host bisa mendapatkan yang lumayan besar juga tergantung acara atau event yang diadakan.

11. Guru Bimbel

Guru bimbel biasanya menjadi pekerjaan sampingan yang sangat menguntungkan bagi siswa. Karena Anda tidak hanya mendapatkan uang, tetapi Anda juga memiliki kesempatan untuk belajar banyak sebelum benar-benar menyelesaikan kuliah.

Untuk proses mengajar bisa disesuaikan dengan waktu kuliah Anda, baik itu pagi, siang dan malam. Untuk proses belajar mengajar bisa dilakukan secara offline atau online.

12. Tempat Penitipan Hewan

Kerja sampingan ini sangat cocok bagi Anda yang suka memelihara hewa peliharaan, baik itu kucing, anjing, kelinci, atau hewan lainnya.

Jika Anda termasuk demikian, bisa coba tawarkan jasa tempat penitipan hewan di lingkungan terdekat atau membuat profil online di situs web. Anda tidak hanya mendapatkan kegiatan yang disukai, tetapi juga mendapatkan uang yang lumayan.

13. Catering

Apakah Anda suka memasak? mungkin bisnis catering adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ingatlah bahwa banyak keluarga yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masakan yang sehat dan enak.

Bagi Anda yang saat ini memiliki waktu luang di perkuliahan, ini adalah kesempatan yang sangat baik. Anda dapat menawarkan jasa catering. Untuk promosi tahap pertama bisa dilakukan di lingkungan terdekat Anda, selanjutnya coba promosikan usaha tersebut melalui media sosial.

14. Dropshiper

Jika Anda tidak memiliki dana untuk menjadi reseller, menjadi dropshipper bisa menjadi solusi. Untuk pekerjaan sampingan di rumah ini, hanya diperlukan ponsel pintar dan koneksi internet.

Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual utama, jika ada pembeli yang tertarik, Anda hanya perlu meneruskan pesanan ke penjual utama, yang akan bertanggung jawab untuk mengirimkan produk.

15. Barbershop

Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki untuk membuka barbershop jika Anda mahir memotong rambut. Siapkan semua peralatan Anda dan buat tempat yang nyaman.

Jika Anda memiliki ide yang menarik dan tetap mengikuti tren, usaha barbershop Anda akan diminati banyak orang, terutama jika lokasinya strategis.

16. Menjual Tanaman Hias

Dengan sedikit kerja keras tentu Anda akan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Salah satunya adalah menjual tanaman hias dirumah.

Anda dapat menghasilkan uang sekaligus menciptakan lingkungan hijau dirumah. Sangat cocok dijalankan untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga.

17. Sewa Kamar

Anda dapat merawat kamar yang tidak terpakai di rumah dan kemudian menyewakannya. Sangat menguntungkan bahwa Anda dapat mendapatkan uang tambahan hanya dengan membersihkan kamar. Mungkin seperti kos-kosan, AirBnB, Airy, dan lainnya.

Jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, seperti dekat kampus atau kantor, menyewakan kamar ini akan sangat menguntungkan. Namun, jika Anda melakukan kerja sampingan ini, pastikan untuk mengikuti aturan khusus untuk menjaga keamanan rumah Anda.

18. Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu mahasiswa, pekerja kantoran, atau profesi apapun. Dengan modal smartphone, kuota internet dan modal kurang dari 100 ribu Anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Untuk langganan pertama bisa Anda tawarkan kepada teman-teman terdekat dahulu, baik itu jual kuota, pulsa, bayar listrik atau apapun. Agar usaha yang dijalankan bisa berjalan maksimal, hindari memberi hutang kepada pelanggan, karena hal tersebut dapat menghambat usaha tersebut.

19. Pembuatan Buket

Sekarang ini, memberikan buket kepada orang yang dituju adalah cara yang umum untuk mengucapkan selamat kepada mereka.

Usaha sampingan buket ini adalah peluang besar jika Anda mahir membuat kerajinan tangan. Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar meningkat seiring dengan seberapa unik buket yang Anda buat. 

20. Blogger

Menjadi seorang blogger adalah kombinasi menyenangkan dari pekerjaan dan hobi. Kesuksesan sebuah website bergantung pada jumlah pengunjung atau trafik. Mendatangkan banyak pengunjung bukanlah tugas yang mudah.

Banyak pembaca akan datang ke blog Anda jika kontennya berkualitas. Dengan sendirinya, jumlah pembaca blog akan meningkat dan backlink dari situs web lain akan mudah diperoleh.

Blog dapat dimonetize untuk mendapatkan uang jika memiliki banyak pengunjung. Caranya beragam, mulai dari memberi pengiklan lokal tempat untuk memasang iklan mereka sampai bergabung dengan jaringan periklanan profesional seperti Google Adsense.

21. Youtuber

Menjadi YouTuber adalah kerja sampingan lain yang sedang populer saat ini. Anda hanya perlu memiliki ponsel pintar dengan kamera yang memadai, akses internet yang stabil, dan akun media sosial YouTube. 

Untuk menjadi seorang YouTuber, Anda harus sering mengunggah konten yang berkaitan dengan minat atau passion Anda, seperti makanan, jalan-jalan, make-up, dan lainnya. Jika konten Anda menarik, akan ada peningkatan subscriber di YouTube.

Perusahaan besar biasanya akan melirik Anda untuk jasa endorsement jika Anda memiliki banyak subscriber. Penghasilannya sangat besar, dan endorse setiap posting dapat mencapai ratusan juta Rupiah jika Anda sudah terkenal.

22. Menjual Foto secara Online

Anda bisa menjual foto yang Anda miliki secara online. Ini adalah salah satu rekomendasi bisnis sampingan yang menjanjikan untuk mahasiswa yang tidak memiliki banyak uang. 

Karena banyak perusahaan, terutama startup yangmembutuhkan gambar untuk blog dan website mereka. Mereka bahkan rela berlangganan untuk mendapatkan gambar tersebut.

Baca Juga:

Itulah kerja sampingan mahasiswa dengan penghasilan besar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 22 Kerja Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Besar
22 Kerja Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Besar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_q3HwCzDizDyZeyYZ0vehvRdUHNvabhBYN0UuK2jZ4DrAoe-ase4LxCPH-THzMjb6rh5ySajaMoVpCCbf8uFPXXFcJZLBbSR33FK5Xrs4cMC4z1pdP7K-tLvMPFlkVSgH3IM-rULILllLjXCHqxHvpEuJ7ye2ErYIe_uCXziCWACm8sXN-5VhjJ8lqR8/w640-h424/fotografi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_q3HwCzDizDyZeyYZ0vehvRdUHNvabhBYN0UuK2jZ4DrAoe-ase4LxCPH-THzMjb6rh5ySajaMoVpCCbf8uFPXXFcJZLBbSR33FK5Xrs4cMC4z1pdP7K-tLvMPFlkVSgH3IM-rULILllLjXCHqxHvpEuJ7ye2ErYIe_uCXziCWACm8sXN-5VhjJ8lqR8/s72-w640-c-h424/fotografi.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/11/kerja-sampingan-mahasiswa.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/11/kerja-sampingan-mahasiswa.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content