Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid (PDF)

Daftar Isi [Tampil]

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid dengan format PDF.

Di dalam modul ini, Ibu/Bapak akan mengeksplorasi bagaimana sesungguhnya kita dapat mendorong student agency (yang dalam modul ini diterjemahkan sebagai kepemimpinan murid) dalam pengelolaan program-program di sekolah.

Program yang Berdampak Positif pada Murid

Mendorong kepemimpinan murid dalam program sekolah bukan hanya memungkinkan murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan kontributif, namun, pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah tersebut sesungguhnya akan memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, sehingga, ketika kita berbicara tentang dampak, maka dampak positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid kita saat ini tentunya akan dapat terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.

Kompetensi Lulusan yang Dituju

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:

1. Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.

2. Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.

3. Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.

4. Guru Penggerak memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.

Capaian Umum Modul 3.3

Secara umum, capaian dari modul ini adalah:

1. CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.

2. CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.

3. CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.

Capaian Khusus Modul 3.3

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

1. menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila. 

2. menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

3. menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

4. mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. 

5. merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.

Isi Materi Modul

1. Kepemimpinan murid:

  • Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid 
  • Suara murid, Pilihan murid, Kepemilikan murid
  • Kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila

2. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

3. Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

4. Program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Download Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

DOWNLOAD

Baca Juga:

Itulah Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid (PDF)
Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid (PDF)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhX8zp0I3icBEwj8ouVATxJkZhWcmPHgA1QCHWFIBCMsBA-96OlJrLvcuir2i8TFpbjGLL2hD2biVCA_uznSDIQhlIOvwHd9KvLe5dIo_AqYQJ1juGD0iTWzfJaP74SAakXf7hdgEr8eUuoKr6Low26H9e4zXlU-9v0ylp13fEKGv7wqRsR9abzJcPHL38/w640-h356/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhX8zp0I3icBEwj8ouVATxJkZhWcmPHgA1QCHWFIBCMsBA-96OlJrLvcuir2i8TFpbjGLL2hD2biVCA_uznSDIQhlIOvwHd9KvLe5dIo_AqYQJ1juGD0iTWzfJaP74SAakXf7hdgEr8eUuoKr6Low26H9e4zXlU-9v0ylp13fEKGv7wqRsR9abzJcPHL38/s72-w640-c-h356/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/10/program-berdampak-positif-murid.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/10/program-berdampak-positif-murid.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content