Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin (PDF)

Daftar Isi [Tampil]

Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin dengan format PDF.

Dalam Modul 3.1 ini, pembahasan akan fokus kepada keterampilan seorang pemimpin dalam mengemban salah satu perannya, yaitu mengambil suatu keputusan, khususnya pada kasus-kasus yang berkaitan dengan nilai-nilai kebajikan atau Etika. 

Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin

Selanjutnya keputusan-keputusan yang diambil secara langsung atau tidak, menentukan arah dan tujuan suatu institusi atau lembaga serta menunjukkan nilai-nilai atau integritas dari institusi tersebut, yang pada akhirnya berpengaruh kepada mutu pendidikan yang didapatkan murid-murid Anda sekalian. 

Bila kita telusuri lebih dalam, modul ini selaras dan sesuai dengan prinsip-prinsip Standar Nasional Pendidikan, khususnya pada standar pengelolaan. 

Seorang pemimpin  hendaknya memahami nilai-nilai kebajikan yang tertuang dalam visi dan misi sekolah, berkepribadian serta berkinerja baik dalam melaksanakan tugas kepemimpinan, khususnya dalam mengambil suatu keputusan, hendaknya setiap keputusan yang diambil tersebut selaras dengan nilai-nilai kebajikan yang dijunjung tinggi oleh suatu institusi tersebut, yaitu bertanggung jawab dan berpihak pada murid.

Kompetensi Lulusan yang Dituju

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:

1. Guru Penggerak secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.

2. Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.

Capaian Umum Modul 3.1

Secara umum, capaian dari modul ini adalah: 

1. mampu melakukan pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan, mampu memahami dan menerapkan prinsip moral dalam melakukan pengambilan keputusan

2. mampu menerapkan strategi pengambilan keputusan untuk menghindari adanya isu kode etik kepemimpinan sekolah dan konflik kepentingan

Capaian Khusus Modul 3.1

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

1. CGP dapat menjelaskan tentang konsep sekolah sebagai institusi pembentukan karakter dan nilai-nilai kebajikan sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan berbasis etika sebagai seorang pemimpin pembelajaran.

2. CGP dapat melakukan praktik pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin. CGP dapat mengidentifikasi jenis-jenis paradigma dilema etika yang dihadapi oleh dirinya sendiri maupun orang lain; CGP menunjukkan sikap reflektif, kritis, kreatif, dan terbuka dalam menganalisis dilema tersebut.

3. CGP dapat memilih 3 (tiga) prinsip yang dapat dilakukan untuk membuat keputusan dalam dilema etika. 

4. CGP dapat menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yang diambil dalam dilema etika; CGP bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.

Isi Materi Modul

1. Bagaimana pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin pada kasus-kasus dilema etika?

2. Apa perbedaan antara ‘Dilema Etika’ dan ‘Bujukan Moral,’ serta paradigma apa saja yang terkandung dalam sebuah kasus dilema etika?

3. Prinsip-prinsip apa saja yang mendasari pemikiran seseorang dalam mengambil suatu keputusan sebagai seorang pemimpin? Bagaimana kita bisa menganalisis efektifitas sebuah proses pengambilan keputusan yang telah diambil, dan bagaimana kita menguji keputusan yang telah diambil?

Download Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin

DOWNLOAD

Baca Juga:

Itulah Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin (PDF)
Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Pemimpin (PDF)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMRgntIeONl8tAcO59zLaBSuH1wgPt_XFK-XduqG3Ap6z5hbe9J5nIQxNduPsAPaQA0eIZhpfgfK9l1EZTrXaPNWychssJwlliHEl4XTsNUETsrB-sme-ysuuWyPdcyPnrLvCE_KRc7OR6vjVYq2IqDq4K7ywp3-Bwpm6xAJgroajR2NCOLhTHHXtKyag/w640-h374/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMRgntIeONl8tAcO59zLaBSuH1wgPt_XFK-XduqG3Ap6z5hbe9J5nIQxNduPsAPaQA0eIZhpfgfK9l1EZTrXaPNWychssJwlliHEl4XTsNUETsrB-sme-ysuuWyPdcyPnrLvCE_KRc7OR6vjVYq2IqDq4K7ywp3-Bwpm6xAJgroajR2NCOLhTHHXtKyag/s72-w640-c-h374/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/10/nilai-nilai-kebajikan-pemimpin.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/10/nilai-nilai-kebajikan-pemimpin.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content