Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah

Daftar Isi [Tampil]

Anda ingin mengetahui seperti apa contoh teks eksposisi tentang sampah? Ada baiknya, jika kita bahas dulu apa itu teks eksposisi. Teks eksposisi merupakan suatu bentuk teks yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran, pendapat ataupun gagasan penulis.

Terdapat 3 struktur teks eksposisi yang meliputi pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, serta penegasan ulang. Pernyataan pendapat adalah bagian pembuka atau awal dari teks eksposisi yang juga biasa disebut dengan istilah tesis.

Argumentasi merupakan struktur teks eksposisi yang isinya adalah rangkaian argumen, di mana aspek ini akan menguatkan pendapat penulis. Struktur teks di bagian argumentasi haruslah disertai dengan fakta yang valid dan akurat. Tujuannya adalah untuk menguatkan gagasan.

Struktur yang terakhir adalah penegasan ulang yang bertujuan menegaskan kembali gagasan secara ringkas. Bagian ini juga bisa berisi kesimpulan dari pernyataan yang telah dibahas sebelumnya. Setelah memahaminya, perhatikan contoh teks eksposisi tentang sampah yang dibuang ke sungai berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri dan Struktur

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sampah

Di bawah ini Anda bisa memperhatikan sebuah contoh teks eksposisi beserta strukturnya. Teks akan membahas mengenai akibat melakukan pembuangan sampah ke sungai.

Akibat Melakukan Pembuangan Sampah ke Sungai

contoh teks eksposisi sampah

Tesis

Sampah merupakan benda atau barang sisa yang sudah tidak dipergunakan lagi atau sisa dari proses alam. Ada 2 golongan sampah di lingkungan, yaitu sampah padat dari sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik bisa dihancurkan oleh bakteri pengurai, namun tidak demikian dengan sampah anorganik.

Barang sisa ini tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pengurai. Padahal semakin hari jumlah sampah anorganik makin meningkat. Contohnya seperti sisa kertas, botol plastik, kaleng, tisu dan sampah lainnya.

Sebagian besar kebutuhan rumah tangga, perkantoran, sekolah, serta berbagai tempat lainnya selalu meninggalkan sampah. Padahal bakteri tidak bisa menguraikan sampah-sampah anorganik tersebut. Pada akhirnya sampah akan terus menumpuk.

Sehingga yang terjadi banyak orang membuang sampah sembarangan, termasuk di sungai. Kebiasaan buang sampah di sungai menjadi faktor utama kerusakan lingkungan, terutamanya sebagai penyebab banjir.

Banyak sungai yang sudah tercemar oleh sampah anorganik, karena kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan tersebut diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah kurangnya lahan pembuangan sampah, ekonomi rendah untuk menyewa tugas kebersihan, dsb.

Argumen

Masyarakat yang terus-menerus membuang sampah di sungai bisa mengakibatkan hal buruk. Lama-kelamaan sungai tidak akan mampu menampung sampah anorganik dan berakibat menyumbat aliran sungai.

Jika sudah begini, sampah akan terus menggenang di sungai dan menimbulkan bau busuk. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan banjir di musim penghujan. Banjir akan penuh dengan sampah dan mengganggu kesehatan warga yang terdampak.

Penegasan ulang

Sampah anorganik menjadi sisa dari kegiatan manusia yang semakin hari terus bertambah. Penyebabnya adalah karena sampah anorganik tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pengurai. Belum lagi dengan kebiasaan buruk manusia yang sering membuang sampah di aliran sungai.

Kondisi ini menyebabkan sungai penuh dengan tumpukan sampah dan berisiko meluap ke kawasan pemukiman. Luapan air sungai yang penuh sampah bisa berdampak pada kesehatan masyarakat di sekitar aliran sungai.

Baca Juga: 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Itulah tadi contoh teks eksposisi tentang sampah yang bisa Anda pelajari isi dan strukturnya. Pastikan Anda melakukan riset untuk mendapatkan gagasan yang valid dan akurat. Selanjutnya, buatlah opini dan kesimpulan dari informasi yang sudah dibuat. Melalui penjelasan di atas, diharapkan Anda bisa menyusun teks Eksposisi sesuai struktur dan isi yang tepat.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah
Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhk9Rs6DTf2a5N363v5mGDxX6yEFbBZA3Kgp8FGka9UCi2SzZjM_hZCTFZYc3IzB82JJUADBB24hCRTYtpvFEvQB74YYG5O8gj-fK2ayCrBNMOq7n93rq9U1BqBltMfvBlVzjWqvMJ5Yptrq19cj5Z2QBHwiI-Sb-Qrc45G-_xoYruphBdEPT9FHUTc=w640-h418
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhk9Rs6DTf2a5N363v5mGDxX6yEFbBZA3Kgp8FGka9UCi2SzZjM_hZCTFZYc3IzB82JJUADBB24hCRTYtpvFEvQB74YYG5O8gj-fK2ayCrBNMOq7n93rq9U1BqBltMfvBlVzjWqvMJ5Yptrq19cj5Z2QBHwiI-Sb-Qrc45G-_xoYruphBdEPT9FHUTc=s72-w640-c-h418
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-eksposisi-tentang-sampah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-eksposisi-tentang-sampah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content