Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks eksposisi
Teks Eksposisi - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks eksposisi. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah serangkaian tulisan atau karangan yang berisi informasi singkat, padat, jelas dan ilmiah (non fiksi) mengenai hal tertentu. Sehingga setiap orang yang membacanya dapat mendapatkan pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

Umumnya teks eksposisi digunakan untuk menulis berita, baik itu berita di media online, majalah, koran dan lain sebagainya.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah memberikan informasi berdasarkan data dan pemikiran penulis terkait topik yang disampaikan. Teks ini banyak mengandung pemikiran penulis, sekaligus bertujuan untuk memberikan stimulus kepada pembaca supaya pembaca bukan hanya mendapatkan informasi, namun bisa menerapkan informasi tersebut dalam tindakan tertentu.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks eksposisi ternyata memiliki beberapa ciri yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Singkat, Padat dan Akurat
  • Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  • Tulisan bersifat netral
  • Berusaha menjelaskan mengenai sesuatu
  • Gaya bersifat informatif
  • Tidak memihak, yang berarti tidak memaksa kemauan penulis kepada pembaca
  • Tulisan berdasarkan data dan fakta yang valid

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

1. Eksposisi definisi

Eksposisi definisi merupakan suatu teks eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan suatu hal yang terjadi.

2. Eksposisi proses

Jenis teks ini memiliki maksud tentang adanya proses pembuatan. Proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu.

3. Eksposisi ilustrasi

Jenis teks ini memberikan gambaran secara sederhana mengenai sesuatu dengan sesuatu lainnya yang memiliki kemiripan.

4. Eksposisi laporan

Jenis teks ini yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.

5. Eksposisi perbandingan

Jenis teks ini berisi mengenai penjelasan ide pada sebuah kalimat utama dengan melakukan perbandingan dengan hal lainnya.

6. Eksposisi pertentangan

Jenis teks ini berisi mengenai sesuatu hal yang bertentangan antara satu dan lainnya.

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum, teks eksposisi memiliki 3 struktur yang menyusun sebuah teks eksposisi. Nah, struktur tersebut dijadikan acuan ketika seseorang ingin membuat teks eksposisi.

1. Pendahuluan

Pendahuluan ini berisi ide dari kalimat eksposisi. Pada bagian pendahuluan dimuat pandangan penulis berupa topik yang dibahas. Tidak lupa juga dijelaskan maksud dari keseluruhan kalimat yang dijelaskan.

2. Isi

Isi pada teks eksposisi berisi uraian pokok dan pengembangan pada tesis sebelumnya. Pada bagian ini akan memuat argumen dan fakta ilmiah yang berfungsi untuk mendukung pandangan/ tesis sebelumnya.

3. Penegasan ulang atau simpulan

Terakhir adalah penegasan ulang atau simpulan. Struktur ini merupakan penutup teks eksposisi yang mana penulis akan kembali menuliskan simpulan dengan singkat dan jelas.

Contoh Teks Eksposisi

teks eksposisi

Pendahuluan

Lidah buaya atau yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya bermanfaat sebagai penyubur rambut, namun bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh.

Lidah buaya memiliki ciri-ciri seperti, daun berbentuk panjang, berwarna hujau dan tebal. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Isi

Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman ini. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaatnya.

  1. Lidah buaya dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
  2. Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, menangkal radikal bebas, antioksidan yang kuat dan melindungi tubuh.
  3. Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
  4. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
  5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Penegasan ulang atau simpulan

Sudah jelas bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai penyubur rambut, tetapi memiliki lebih banyak manfaat didalamnya terutama untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, C, E dan juga mineral.

Baca Juga: 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Itulah pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis, dan contoh teks eksposisi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjqlweVD66SN38iC-zWhkhwGfJpSs0YBk0FF_fcfnlVwVMsqdsF9pFN3FWrOgfLPWwN989A-i8vU0AoMJCLp2dHEq57aAY8rsdpCztbStIq1LzS3jf5YgVHUflQ2jAtnHjSFvf4J5gOHx3Pcf5RtCdUvb3DZRxuzW0USCS1BGfylemZj4wrfPkpeYoC=w640-h408
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjqlweVD66SN38iC-zWhkhwGfJpSs0YBk0FF_fcfnlVwVMsqdsF9pFN3FWrOgfLPWwN989A-i8vU0AoMJCLp2dHEq57aAY8rsdpCztbStIq1LzS3jf5YgVHUflQ2jAtnHjSFvf4J5gOHx3Pcf5RtCdUvb3DZRxuzW0USCS1BGfylemZj4wrfPkpeYoC=s72-w640-c-h408
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-eksposisi-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-eksposisi-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content