2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Daftar Isi [Tampil]

Membuat teks eksposisi memang menarik, karena melatih untuk melakukan riset, mengungkap fakta hingga merangkai satu informasi dengan informasi lain. Untuk memahami materi ini, bisa dengan cara membaca contoh teks eksposisi tentang hewan yang ada di internet. Atau mencoba langsung untuk membuat teks eksposisi sesuai tema yang diinginkan. Untuk mahir membuat jenis teks ini memang harus langsung mencobanya.

Membuat contoh teks eksposisi tentang hewan seringkali diberikan sebagai tugas rumah. Perlu diketahui, teks eksposisi memiliki 3 komponen yang harus diperhatikan. Mulai dari tesis yang bisa berupa dugaan-dugaan atau prediksi, argumentasi yang ditujukan sebagai pendukung tesis. Kemudian penegasan ulang untuk memperkuat fakta yang ada pada tesis dan argumentasi.

Baca Juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri dan Struktur

Contoh-Contoh Teks Eksposisi Hewan

Contoh teks eksposisi tentang hewan ini disajikan beserta komponen-komponennya. Dengan penambahan komponen ini akan memudahkan untuk membedakan antara bagian komponen satu dengan yang lainnya.

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kucing

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Tesis

Kucing menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan meskipun terkadang membuat jengkel. Hewan ini termasuk mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Sejak ribuan tahun yang lalu, kucing sudah berbaur dengan kehidupan manusia. Tidak semua kucing merupakan hewan peliharaan, tak sedikit hewan ini yang hidup bebas. Kucing memang hewan yang menggemaskan, tingkahnya lucunya membuat banyak orang suka dengan hewan ini.

Argumentasi

Kucing yang lama dipelihara cenderung akan mudah untuk mengenali pemiliknya. Kucing cukup peka terhadap kondisi sekitar dan dapat memahami hubungan dengan manusia. Ketika bertemu dengan orang yang belum dikenal, kucing cenderung akan menghindar. Berbeda ketika bertemu orang yang sudah dikenali, meskipun tidak langsung menghampiri, namun akan mencoba untuk berada disekitar orang tersebut.

Penegasan Ulang

Dalam sebuah penelitian, kucing dapat memahami ikatan yang dimilikinya dengan manusia. Kucing akan merasa lebih nyaman ketika berada disekitar orang yang dikenalnya atau pemilik. Penelitian tersebut dilakukan dengan memasukan puluhan kucing ke ruangan yang belum pernah disinggahi. Ketika masuk bersama pemiliknya, kucing merasa aman dengan menunjukkan kenyamanan saat mengelilingi ruangan.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Gajah

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Tesis

Gajah masih termasuk ke dalam keluarga mamut dan juga mastodon. Dari segi spesies, gajah dibedakan menjadi dua jenis yakni gajah Afrika dan gajah Asia. Ukurannya yang begitu besar menjadikan gajah sebagai hewan daratan terbesar saat ini. Hewan ini memiliki telinga yang cukup lebar dengan belalai yang panjang. Gajah juga memiliki gading yang berukuran besar dan tajam sebagai senjata diri. Umumnya, gajah memakan dedaunan hingga buah-buahan.

Argumentasi

Ukuran gajah yang sudah dewasa memang sangat besar. Tak jarang gajah sering disebut sebagai hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Gajah juga memiliki tenaga yang besar, sulit untuk hewan lain mengalahkan gajah. Di kebun binatang, gajah seringkali digunakan sebagai transportasi untuk berkeliling. Tubuhnya yang besar dan kuat mampu mengangkut lebih dari 3 orang sekaligus.

Penegasan Ulang

Gajah Semak Afrika saat ini menjadi hewan darat terbesar di dunia. Beratnya diketahui mencapai 6 ton ketika sudah dewasa. Gajah ini memiliki panjang kurang lebih 7,5 meter dengan tinggi mencapai 3,3 meter. Ukuran gadingnya mencapai 2,5 meter dengan berat mencapai 50 kg. Dari data ini menunjukan gajah masih menjadi hewan terbesar di daratan saat ini.

Baca Juga: 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Demikian contoh teks eksposisi tentang hewan kucing dan gajah. Dalam membuat teks ini, ketiga komponen itu harus ada. Khususnya untuk penegasan ulang yang harus memuat fakta-fakta menarik.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan
2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEha732k5eWlsw-2W-6U0cd6tOLFQaP5v6W11KbzLSvy4l0c3AHM-zdAxDZQCBcCGQQYwqcVLtEpdWkjhtB-kBlatqZVplF3QZEjynVjbGGviIbLxrYalj7sS7WgwT2vQ6WVdh0w5EwhHQAI4MT7CLxywR0xzIMg2DPS49yQ8xVaDHxBQxb0p9RzvTTg=w640-h402
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEha732k5eWlsw-2W-6U0cd6tOLFQaP5v6W11KbzLSvy4l0c3AHM-zdAxDZQCBcCGQQYwqcVLtEpdWkjhtB-kBlatqZVplF3QZEjynVjbGGviIbLxrYalj7sS7WgwT2vQ6WVdh0w5EwhHQAI4MT7CLxywR0xzIMg2DPS49yQ8xVaDHxBQxb0p9RzvTTg=s72-w640-c-h402
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-eksposisi-tentang-hewan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-eksposisi-tentang-hewan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content