Pengertian Teks Ulasan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks ulasan
Teks Ulasan - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks ulasan. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan tulisan yang berisi penilaian/review/ulasan mengenai sebuah karya milik orang lain. Karya tersebut bisa berupa buku, film, novel, lagu, drama dan lain sebagainya. Ketika mengulas sebuah karya milik orang lain, kita wajib bersikap kritis dan tidak memihak atau bersikap netral. Tujuannya adalah agar bisa membangun karya-karya dikemudian hari.

Teks ulasan juga dikenal dengan teks resensi. Teks ulasan diperlukan sebagai wujud kita dalam mendukung sebuah karya. Selain itu, teks ulasan umumnya ditulis dalam bentuk artikel.

Tujuan Teks Ulasan

  • Memberi informasi yang komprehensif terkait sebuah karya.
  • Membantu para pembaca mengetahui tentang gambaran serta kritikan sebuah karya.
  • Memberi pertimbangan pembaca sebelum mereka memilih membeli atau menikmati sebuah karya.
  • Mengetahui kelebihan serta kekurangan karya yang diresensi
  • Menunjukan sudut pandang/ keberpihakan penulis pada suatu hal ataupun karya sementara.
Baca Juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Ciri-Ciri Teks Ulasan

  1. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  2. Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  3. Didalamnya berisi informasi berdasarkan opini dari penulis mengenai sebuah karya.
  4. Mempunyai nama lain yaitu resensi.

Jenis-Jenis Teks Ulasan

  • Teks ulasan informatif

Jenis teks ini berisi gambaran singkat, padat dan umum dari sebuah karya. Jenis teks ini juga tidak menyampaikan isi karya secara penuh, namun hanya memaparkan bagian yang penting saja dan lebih menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

  • Teks ulasan deskriptif

Jenis teks ini berisi gambaran detail pada tiap bagian dari sebuah karya. Umumnya dilakukan pada sebuah karya fiksi untuk mendapat gambaran jelas mengenai pentingnya informasi, manfaat dan kekuatan argumentatif yang disampaikan penulis pada sebuah karya.

  • Teks ulasan kritis

Jenis teks ini berisi ulasan karya secara terperinci yang mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Ditulis secara objektif dan kritis bukan berdasar pandangan subyektif dari penulis.

Struktur Teks Ulasan

1. Orientasi

Pada bagian ini berisi mengenai pengenalan gambaran umum suatu drama atau film yang ingin diulas.

2. Tafsiran

Pada bagian tafsiran berisi mengenai gambaran suatu karya baik itu drama atau film yang diulas. Misalnya bagian-bagian dari keunikan, kualitas, keunggulan, hasil karya dan lainnya.

3. Evaluasi

Bagian evaluasi berisi mengenai padangan pengulas tentang hasil karya yang telah diulas. Evaluasi ini dilakukan sesudah melakukan tafsiran yang mencukupi mengenai hasil karya tersebut. Dibagian ini penulis akan menyebutkan sesuatu yang bernilai atau kelebihan pada karya tersebut.

4. Rangkuman

Rangkuman ini berisi mengenai kesimpulan suatu ulasan tentang sebuah karya baik itu drama ataupun film. Dibagian rangkuman berisi komentar penulis apakah karya tersebut berkualitas ataupun tidak.

Contoh Teks Ulasan Terbaik

1. Contoh Teks Ulasan Budaya Candi Borobudur

teks ulasan

Orientasi

Borobudur merupakan candi Budha dan dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Candi Budha terbesar ini berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja.

Tafsiran

Orang-orang yang datang ke Candi Borobudur tak hanya ingin menikmati dan menyaksikan salah satu bangunan megah ini, melainkan mereka juga ingin mengetahui kisah-kisah sejarah hingga mitos yang menyelimuti candi Budha terbesar di dunia ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di dunia, Candi Borobudur termasuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

Evaluasi

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari.

Namun, sayangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu, itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu.

Rangkuman

Candi Borobudur itu ialah candi Budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati.

Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia, bagi yang merasa kebingungan untuk menghabiskan waktu liburan, sebaiknya datanglah ke Candi Borobudur untuk mendapatkan sensasi wisata yang berbeda sekaligus berjalan-jalan sembari mengetahui sejarah peradaban agama Budha di Indonesia.

2. Contoh Teks Ulasan Film 5 cm

teks ulasan

Orientasi

Judul Film: 5 cm

5 cm adalah film drama berasal dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012 dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diperankan oleh Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Pevita Pearce, Igor Saykoji.

Secara garis besar film ini bercerita tentang persahabatan dan nasionalisme. Banyak orang yang beranggapan bahwa nasionalisme adalah perkara yang pelik. Lewat film 5 cm, kita diajak "bermain-main" dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utamanya.

Tafsiran

Kelima tokoh utama dalam film ini berada dalam lingkar persahabatan selama lebih kurang 10 tahun. Hingga suatu saat mereka merasa jenuh. Kehidupan yang membosankan membuat mereka berfikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa tersebut, mereka tidak boleh berkomunikasi satu dengan yang lain dalam bentuk apapun. Dalam kurun waktu 3 bulan, mereka dihinggapi rasa rindu yang amat dalam.

Namun, setelah 3 bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Kelima sahabat dan Adinda adik Arial memutuskan untuk kembali bertemu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru.

Evaluasi

Film 5 cm mampu menghipnotis para penonton untuk merasakan kekuatan dan keajaiban mimpi. Selain itu, film ini dibawakan dengan lelucon yang membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Meskipun demikian, ada satu kekurangan dalam film ini. Film ini dibawakan dengan dialog yang gila-gilaan khas anak muda yang membuat sebagian orang merasa dialog itu kurang sopan.

Rangkuman

Kalau kita mengesampingkan kekurangannya itu. Film ini sangat layak ditonton bagi pelajar jaman sekarang, karena film ini mengajarkan kita tentang persahabatan yang erat dan kerja keras.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Itulah pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis, dan contoh teks ulasan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks Ulasan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Ulasan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5nzihaA0xHBffIIagHJdJg0Bviepfce6zuz_xOM7eMWIlzJ-GPS8BQcpbzGNpM7Qu5bFFfIRg1fHw73jazHAqWHID55cAq5XIWviZ7UXDB9e9DEXdGKQVE7QWP9-Dn92VYCP_tEVx7_SapkcM2dWub4N3ozzN0sk_ahc9RVWR2Plw4sgXXpu-ZvrZ=w640-h408
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg5nzihaA0xHBffIIagHJdJg0Bviepfce6zuz_xOM7eMWIlzJ-GPS8BQcpbzGNpM7Qu5bFFfIRg1fHw73jazHAqWHID55cAq5XIWviZ7UXDB9e9DEXdGKQVE7QWP9-Dn92VYCP_tEVx7_SapkcM2dWub4N3ozzN0sk_ahc9RVWR2Plw4sgXXpu-ZvrZ=s72-w640-c-h408
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-ulasan-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-ulasan-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content