Pengertian, Fungsi & Contoh Kalimat Present Continuous

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kalimat Present Continuous
Di Dalam bahasa Inggris, setidaknya ada 16 tenses yang harus dipelajari. Dan salah satunya adalah memahami contoh kalimat present continuous. Dan menurut Kamus Oxford, tenses adalah salah satu bentuk dari kata kerja bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu dari sebuah tindakan atau keadaan yang mana diungkapkan dengan kata kerja.

Dalam bahasa Inggris, present continuous tense sendiri sebenarnya membantu Anda untuk bisa menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung. Dimana memang agak sedikit kesulitan jika Anda menemukan hal yang sama di dalam penggunaan bahasa Indonesia. 

Dalam bahasa Indonesia, seringkali kejadian yang sedang berlangsung menggunakan kata “Lagi, Sedang dan Sambil”. Kata ini yang paling sering digunakan dan ditemukan dalam bahasa Indonesia. Nah, untuk itu dalam bahasa Inggris ada sedikit perbedaannya, untuk itu berikut pengertian, rumus hingga contoh kalimat present continuous.

Kalimat Present Continuous Tense

Present Continuous Tense adalah salah satu teknik dalam bentuk tenses yang memang digunakan untuk mengungkapkan sebuah aksi yang memang sedang berlangsung di dalam waktu tertentu di waktu saat ini. Dan bentuk tense ini sendiri akan memberitahu tindakan kejadian yang terjadi sebelum dan berlangsung saat ini hingga dilanjutkan setelahnya. 

Present Continuous adalah bentuk dari present progressive. Dimana seperti dikutip Grammarly, present continuous adalah kalimat yang menunjukkan suatu tindakan atau sebuah peristiwa yang sedang terjadi saat ini, sering terjadi atau kejadian yang bisa berlanjut di masa depan. 

Maka jika Anda sudah memahami mengenai simple present tense, maka akan jauh lebih mudah untuk Anda mempelajari kalimat present continuous. 

Penggunaan Kalimat Present Continuous

Pada dasarnya tense ini seringkali digunakan untuk menyatakan bentuk aksi yang terjadi selama atau saat ini juga dibicarakan ataupun yang menyatakan sebuah kondisi serta aksi yang saat ini terjadi secara sementara atau ada harapan untuk berubah. 

Rumus Kalimat Present Continuous

Dalam contoh kalimat present continuous ada beberapa rumus kalimat yang harus dipahami. Mulai dari kalimat positif, negatif dan Interogatif. Diantaranya: 

  • Rumus Kalimat Positif Kalimat Present Continuous

Subject + to be (am/is/are) + verb (-ing) + …

Contoh kalimat present continuous dalam bentuk positif, diantaranya:

  1. I am cooking it right now
  2. We are trying to write the book

  • Rumus Kalimat Negatif Kalimat Present Continuous 

Subject +to be (am/is/are) + not + verb (-ing) + …

Contoh kalimat present continuous dalam bentuk negatif, diantaranya:

  1. He is not working right now
  2. She is not talking about the marketing

  • Rumus Kalimat Interogatif/Kalimat Pertanyaan Present Continuous

To Be (am/is/are) + subject + verb (-ing) + …?

Contoh kalimat present continuous bentuk pertanyaan beberapa diantaranya:

  • Are you going to the supermarket today?
  • Is she working right now?

Keterangan Waktu Contoh kalimat present continuous

Pada dasarnya keterangan waktu menjadi hal yang sangat penting pada contoh kalimat present continuous. Karena keterangan waktu akan menunjukkan keterangan waktu saat kejadian itu terjadi. Dan beberapa keterangan waktu yang digunakan dalam kalimat present continuous diantaranya:

  • Today
  • Right Now
  • At The Moment
  • At Present
  • Now
  • This Year
  • This Moment
  • This Month
  • This Week
  • Dan lainnya

Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Continuous

Setidaknya ada empat fungsi dan contoh kalimat present continuous. Diantaranya adalah:

1. Menyatakan Suatu Kegiatan Yang Sedang Dilakukan Saat Ini

Kalimat present continuous bisa digunakan dengan kata kerja normal untuk kegiatan yang sedang dilakukan atau kegiatan yang tidak berlangsung sekarang. Dan beberapa Contoh kalimat present continuous yang digunakan adalah:

  • She is learning Communication Sains now. 
  • He is not learning Javanese now.
  • Is Joko Learning English now?
  • We are cooking right now

2. Menyatakan Suatu Kegiatan Yang Dilakukan Untuk Waktu Yang Lama dan Sedang Berlangsung Hingga Saat Ini

Di dalam bahasa Inggris, kata keterangan waktu seperti “now” bisa saja memiliki arti hari kedua, hari ini, tahun ini, bulan ini, minggu ini ataupun semester ini. Anda bisa menggunakan pola dari kalimat present continuous untuk mengatakan hal yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu walaupun pada saat bisa cara anda tidak sedang melakukan kegiatan tersebut. Untuk menjelaskan fungsi tersebut, berikut contoh kalimat present continuous:

  • I am Writing article this month
  • I am not learning Bahasa this year
  • I am not Studying to become a pilot. 

Contoh di atas biasanya di atas biasanya digunakan seseorang dalam percakapan santai di cafĂ© dan tidak sedang dalam melakukan apapun yang dikatakannya. Karena kalimat yang diucapkan sebenarnya sedang dalam proses yang dikerjakan atau sedang dalam masa dikerjakan. 

3. Menyatakan Kegiatan Yang Akan Dilakukan Dalam Waktu Dekat

Seringkali dalam bahasa Inggris menggunakan aturan Contoh kalimat present continuous digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan atau yang tidak dilakukan di dalam waktu dekat. Contoh kalimat present continuous diantaranya:

  • He is meeting with me after class
  • Is he visiting his client tomorrow?

4. Menyatakan Hal Yang Kurang Menyenangkan Dilakukan Berulang dan Tak Nyaman

Dalam kalimat present continuous juga menggunakan keterangan “always” yang artinya pesan yang disampaikan adalah kegiatan yang kurang menyenangkan yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang. Dan yang harus diingat jika fungsi kalimat present continuous ini sama artinya dengan Simple Present Tense untuk kalimat yang memiliki artian negatif. Berikut contoh kalimat present continuous diantaranya:

  • She is constantly talking too much in the meeting room.
  • He is always coming late to meetings.
Itulah pengertian, fungsi dan beberapa contoh kalimat present continuous. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian, Fungsi & Contoh Kalimat Present Continuous
Pengertian, Fungsi & Contoh Kalimat Present Continuous
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhmffS53YIVcXOM9X6iBNbMcQ49vp3pHpufjwonihl91tLeVO_Lar4C5bjoK6By3_7om4OlPlXaF5NH9nDwOyyQJmq1iY6Bz8cuoq1qpX-7WtB4Q5GVLfM_HrXw_oDArbyMEBh5GlGnuJoWVL175oeQvgTPGUDbuIY8eFF3tgsT7ox3V4zbqs46E8zu=w640-h376
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhmffS53YIVcXOM9X6iBNbMcQ49vp3pHpufjwonihl91tLeVO_Lar4C5bjoK6By3_7om4OlPlXaF5NH9nDwOyyQJmq1iY6Bz8cuoq1qpX-7WtB4Q5GVLfM_HrXw_oDArbyMEBh5GlGnuJoWVL175oeQvgTPGUDbuIY8eFF3tgsT7ox3V4zbqs46E8zu=s72-w640-c-h376
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/contoh-kalimat-present-continuous.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/contoh-kalimat-present-continuous.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content