Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Daftar Isi [Tampil]

Jika anda ingin menguasai bahasa Inggris secara keseluruhan, maka harus tahu apa sajakah jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris. Perlu diketahui apabila jenis teks ini sendiri kemungkinan besar memang sudah pernah dipelajari di sekolah. Tetapi memang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat bahasa Inggris bukanlah bahasa Ibu dari masyarakat Indonesia. 

Karena itulah kemungkinan besar, anda akan kesulitan dalam mengingat apa sajakah jenis teks tersebut bukan? itulah mengapa pada ulasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai teks-teks tersebut. Dengan mengetahuinya, ternyata akan memberikan banyak keuntungan. 

Terlebih lagi jika anda mempunyai tugas dalam membuat karya ilmiah dalam bahasa inggris ataupun jenis teks lainnya. Nah, adapun teks tersebut biasanya juga akan berisi mengenai cerita, berita ataupun pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing penulis. 

Jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris

Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka kami sudah menyiapkan penjelasannya untuk Anda. Mengingat ada banyak teks dimana sering digunakan dalam karya tulis berbahasa Inggris tersebut. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini. 

1. Descriptive 

Descriptive ini sendiri merupakan sebuah teks dimana akan berisi mengenai penggambaran sebuah objek secara detail sehingga akan Nampak seperti nyata.  Sedangkan tujuan utamanya adalah memberikan gambaran secara detail mengenai benda, seseorang ataupun keadaan yang seolah-olah bisa nyata kepada para pembacanya. 

Didalamnya terdapat beberapa struktur yang harus ada yakni identification yang berisi penggambaran objek secara umum dan description mengenai deskripsi secara lebih detail mengenai objek yang sedang dibicarakan tersebut. untuk memahaminya lebih lanjut, maka anda bisa menyimak contoh berikut. 

I have a cat. She’s very fat but looks so cute. Her name is Tita and she has orange dan fluffy fur. She spends the day eating, spelling and playing with toys. 

2. Narrative 

Berikutnya adalah narrative text dimana juga akan lebih sering ditemukan didalam teks cerita seperti buku cerita, novel ataupun lainnya. Jadi bisa diartikan bahwa teks narrative ini sendiri merupakan teks dimana berisi cerita ataupun kisah dari suatu kejadian dengan alur mengikuti waktu penulis. 

Adapun tujuan dari jenis teks satu ini biasanya hanya digunakan sebagai hiburan bagi pembaca dengan berbagai macam kejadian di dalamnya. Dimana benar-benar seolah-olah dialami oleh para pembacanya. Adapun strukturnya terdiri dari orientation, complication, resolution hingga coda atau kesimpulan. 

Baca Juga: 7 Contoh Narrative Text Singkat & Terbaik

3. Report Text 

Masih ada lagi jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris lainnya yakni Report Text ini dimana akan berisi informasi mengenai apa sajakah yang sudah terjadi didalam ruang lingkup. Sedangkan tujuan utamanya adalah memberikan gambar atau view secara umum mengenai kejadian yang baru saja terjadi. Tentunya sesuai dengan pengamatan ataupun analisis dengan cara yang sistematis didalamnya. 

Sama seperti dengan teks-teks sebelumnya, di dalam report text ini pun juga terdapat struktur didalamnya yakni. 

  • General classification dimana akan berisi mengenai gambaran secara umum mengenai kejadian.
  • Description akan berisi mengenai deskripsi dari kejadian yang ingin disampaikan oleh pihak penulis. 

Adapun contoh dari report text ini sendiri ternyata dapat berupa berita mengenai bencana alam, kecelakaan ataupun kriminalitas. Tetapi dikemas dengan lebih detail baik tempat ataupun waktunya. 

Baca Juga: 7 Contoh Report Text Singkat & Terbaik

4. Recount Text 

Pengertian dari recount text ini sendiri merupakan teks yang dapat digunakan oleh penulis buat menceritakan kembali kejadian-kejadian yang sudah dialami sebelumnya. Adapun kejadian yang akan diceritakan ulang biasanya akan berisi mengenai pengamalan pribadi ataupun personal recount. 

Didalamnya juga terdapat struktur yang wajib diketahui apabila anda ingin membuat recount teks satu ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Orientation dimana berisi mengenai pembukaan cerita 
  • Event merupakan bagian yang akan dituliskan mengenai kronologis dari kejadian 
  • Re-orientation merupakan bagian terakhir yang masih bersangkutan dengan kejadian sebelumnya. 
Baca Juga: 7 Contoh Recount Text Singkat & Terbaik

5. Review 

Sesuai dengan nama teks diatas, Anda pastinya telah mempunyai gambaran mengenai isi dari teks review ini bukan? ya, ini merupakan teks yang akan digunakan buat meninjau suatu karya seperti lagu, film, buku dan masih banyak lagi. 

Fungsi utamanya yakni digunakan buat memberikan ulasan atau review mengenai kelebihan ataupun kekurangan dari objek yang sedang digambarkan tersebut. Sama seperti dengan sebelumnya, review inipun terdiri dari beberapa struktur penting diantaranya adalah. 

  • Orientation dimana merupakan pengenalan objek secara umum 
  • Interpretation akan berisi mengenai penilaian dari barang ataupun produk yang sedang diulas
  • Evaluation biasanya akan memuat komentar dari pihak penulis bersangkutan terhadap objek ataupun barang bersangkutan. 

6. Procedure 

Masih ada lagi yakni teks procedure dimana akan menjelaskan bagaimanakah langkah-langkah ataupun cara buat melakukan atau menggunakan sesuatu dengan benar. Jenis teks ini sendiri ternyata paling umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: 3 Contoh Procedure Text Bahasa Inggris & Artinya

Sebab dapat digunakan sebagai pedoman bagi masyarakat dalam melakukan suatu hal seperti mengoperasikan komputer ataupun membuat resep makanan. Didalamnya sendiri juga terdiri dari beberapa struktur diantaranya adalah 

  • Tujuan yakni berisi mengenai penjelasan tujuan dari proses pembuatan sesuatu 
  • Materials biasanya akan berisi barang ataupun benda yang akan digunakan didalam proses pembuatannya 
  • Step: mengenai proses atau langkah-langkah dalam pembuatan sesuatu. 

7. Explanation Text 

Explanation Text adalah sebuah text yang mana nantinya berfungsi untuk menjelaskan suatu proses terjadinya peristiwa ataupun hal-hal secara detail. Untuk contoh peristiwa dari explanation text bisa berupa seperti hujan yang disebabkan oleh uap air atau tsunami, ataupun kejadian-kejadian yang lainnya yang memang memiliki unsur kejadian dari sosial, budaya, alam dan lainnya. 

Tujuan dari explanation text adalah menjelaskan secara detail tentang apa yang terjadi terutama menjelaskan terhadap suatu peristiwa, agar pembaca bisa memahami dengan baik tentang apa yang terjadi dan dapat memperoleh informasi dengan baik.

Berikut adalah struktur dari explanation text:

  • General statement: Bagian ini umumnya berisi tentang pengenalan fenomena yang akan dibahas.
  • Explanation: Bagian ini berisi tentang proses terjadinya fenomena yang dibahas.
  • Closing: Bagian ini merupakan penutup dari teks.

Baca Juga: Explanation Text – Pengertian, Contoh dan Strukturnya

8. Spoof Text

Spoof text adalah teks yang bersifat menghibur dan biasanya lucu. Teks ini juga ada yang berdasarkan kisah atau pengalaman seseorang. Akhir dari cerita biasanya berisikan hal yang tidak terduga dan humor. Tujuan dari teks ini adalah untuk menghibur pembacanya. Sedangkan strukturnya adalah orientation, event dan twist.

9. Discussion Text

Discussion text merupakan teks yang digunakan untuk menyampaikan opini tentang isu yang sedang terjadi. Umumnya teks ini memberikan informasi dengan dua sudut pandang, yaitu pro dan kontra. Berikut adalah struktur dari discussion text.

  • Issue: Bagian ini berisikan pengenalan masalah atau isu yang akan dibahas.
  • Argumen pro: Bagian ini berisikan tentang alasan yang mendukung isu tersebut.
  • Argumen contra: Bagian ini berisi tentang alasan menentang isu tersebut.
  • Conclusion: Bagian ini berisikan kesimpulan.

10. News Item Text

Jenis teks ini memberikan informasi tentang peristiwa yang baru terjadi. Informasi tersebut bertujuan memberikan informasi terbaru. Umumnya teks ini terdapat dalam surat kabar seperti majalah-majalah yang bersifat editorial. Untuk strukturnya adalah event, background dan sources.

11. Hortatory Exposition Text

Teks ini digunakan untuk menyampaikan pendapat mengenai suatu hal. Teks ini tidak hanya sekedar memberikan pendapat, tapi juga memberikan ajakan pada pembaca di akhir teks. Berikut adalah struktur dari teks tersebut.

  • Thesis: Bagian ini berisi mengenai pengenalan ide atau pendapat penulis.
  • Argumen: Bagian ini berisi argumen yang mendukung ide atau pendapat.
  • Recommendation: Bagian ini merupakan penutup yang biasanya berisikan ajakan kepada pembaca mengenai suatu hal.

12. Anecdote Text

Anecdote Text merupakan teks yang berisi hal-hal ganjil yang terjadi di masa lampau. Peristiwa tersebut biasanya adalah hal yang menyenangkan dan bertujuan menghibur pembaca. Untuk isi cerita bisa berdasarkan pengalaman penulis atau bersifat imajinasi. Struktur dari teks ini adalah abstract, orientation, crisis, reaction dan coda.

13. Analytical Exposition Text

Teks ini digunakan untuk menyampaikan pendapat mengenai fenomena atau peristiwa penting. Berikut adalah struktur dari teks Analytical Exposition Text.

  • Thesis: Bagian ini berisi mengenai topik pendapat penulis
  • Argumen: Bagian ini berisi argumen yang mendukung pendapat.
  • Reiteration: Bagian ini berisi kesimpulan tentang pernyataan pendapat penulis yang memperkuat tesis.

Demikian beberapa teks yang harus dipahami dalam bahasa inggris. Teks diatas pun ternyata juga dapat dijadikan sebagai pedomanan dalam kehidupan sehari-hari terutama jika akan membuat karya tulis menggunakan bahasa inggris. Nah, sudah paham bukan jenis-jenis teks dalam bahasa inggris diatas?

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris
Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh_C4xXVp42nUkV0b0DBoxG5YTQdiPmMgzBDAd22-3L3JusYhzNvfz37OvXidIV-gd7Pn0r1MAI4qiwbEXGWELGtBjpbPKO6W_-vzwcDgkvD9N_zXCgqB9fkx7Ri5BCfvFCV4B69ElI6u8sSeu4Ryz9t_VLgg1D723I_F6tx4lpjSkL6nYb0ux739MF=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh_C4xXVp42nUkV0b0DBoxG5YTQdiPmMgzBDAd22-3L3JusYhzNvfz37OvXidIV-gd7Pn0r1MAI4qiwbEXGWELGtBjpbPKO6W_-vzwcDgkvD9N_zXCgqB9fkx7Ri5BCfvFCV4B69ElI6u8sSeu4Ryz9t_VLgg1D723I_F6tx4lpjSkL6nYb0ux739MF=s72-w640-c-h360
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/jenis-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/jenis-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content