Explanation Text – Pengertian, Contoh dan Strukturnya

Daftar Isi [Tampil]

Explanation Text
Anda pasti sering mendengar dan mempelajari tentang jenis text terutama dalam Bahasa Inggris bukan? Jadi, beberapa text tersebut yaitu seperti explanation text, descriptive text, news item text, narrative text dan lainnya. Namun, untuk kesempatan kali ini maka Anda bisa melihat pula pembahasan tentang contoh explanation text dan terjemahannya. Untuk itu, langsung saja simak informasinya seperti berikut ini.

Pengertian Explanation Text

Sebelum membahas lebih dalam tentang explanation text maka Anda harus mengetahui apa itu pengertian explanation text. Jadi, pengertian explanation text merupakan sebuah text yang mana nantinya berfungsi untuk menjelaskan suatu proses terjadinya peristiwa ataupun hal-hal dengan secara detail. 

Untuk contoh peristiwa dari explanation text ini bisa berupa seperti hujan yang disebabkan oleh uap air ataupun tsunami, ataupun kejadian-kejadian yang lainnya yang memang memiliki unsur kejadian dari sosial, alam, budaya dan lainnya.

Tujuan Explanation Text

Selain melihat pengertian dari explanation text maka Anda juga perlu mengetahui dengan jelas apa tujuan dari explanation text ini. Di mana tujuannya yaitu menjelaskan dengan secara detail tentang apa yang terjadi terutama menjelaskan terhadap suatu peristiwa, agar pembaca bisa memahami dengan baik tentang apa yang terjadi dan dapat memperoleh informasi dengan baik.

Struktur Explanation Text

Di dalam explanation text ini terdapat beberapa bagian struktur yang harus Anda ketahui dengan jelas, diantaranya seperti :

1. Judul

Untuk bagian pertama dalam struktur explanation text yaitu judul. Jadi, perlu Anda ketahui bahwa setiap tulisan memang wajib memiliki judul atau title. Untuk pembuatan judul di explanation text tidak perlu panjang ataupun bertele-tele. Disini Anda hanya perlu membuat judul dengan tepat dan sesuai dengan isi tulisan yang ingin Anda buat. 

misalnya Anda ingin membahas tentang badai Tornado, di mana Anda bisa membuat judul seperti “What Causes a Tornado” atau “how does it rain?” atau Anda bisa membuat judul singkat lainnya dan pastinya bisa berhubungan dengan isi tulisan yang ingin Anda buat nantinya.

2. Statement Pembuka

Membuat tulisan dalam bentuk explanation text tentu bukan suatu hal yang mudah, Di mana ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik salah satunya pada bagian struktur yang satu ini yaitu statement pembuka. Jadi, bisa dikatakan pula bahwa tujuan dalam penulisan explanation text ini adalah memberikan informasi yang benar, valid dan sesuai dengan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan serta diberikan kepada pembaca.

Oleh karena itu, dalam hal ini bukan hanya sekedar contoh explanation text dan terjemahannya saja yang disajikan, melainkan statement pembuka yang kuat tentu saja sangat dibutuhkan dan bisa Anda sisipkan di dalam tulisan. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan atau memberikan beberapa bukti yaitu seperti artikel atau jurnal yang memang sudah terbukti teruji akan kebenarannya.

Tak hanya itu saja, di dalam poin ini Anda juga dapat menuliskan beberapa identifikasi dari beberapa proses untuk dijelaskan. Untuk itu, melalui ini Anda nantinya dapat berfokus mengenai proses dari sebuah fenomena yang memang ingin Anda jelaskan serta sangat disarankan pula untuk menghindari terlalu banyak isi atau sisipkan tentang hal-hal kecil yang terlibat di dalam sebuah fenomena. Mengapa demikian? Karena hal ini bisa membuat isi menjadi bertele-tele.

3. Mengurutkan Kata-Kata atau Sequencing

Tahukah Anda bahwa dalam menciptakan sebuah tulisan yang indah maka Anda bisa menuliskan pula dalam bentuk paragraf yang pendek serta Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian. Tujuan ini yaitu agar pembaca tidak menjadi pusing membaca isi paragraph yang Anda buat.

4. Kesimpulan atau Konklusi

Setelah Anda selesai membahas semuanya maka Anda jangan lupa untuk membuat ataupun menuliskan kesimpulan dari tulisan yang Anda bagikan. Jadi, dengan begitu tulisan yang Anda tulisan bisa dianggap valid.

5. Visual

Biasanya didalam menjelaskan tentang suatu proses tentu akan membutuhkan visual. Di mana visual yang dimaksud yaitu seperti foto, gambar, video, diagram dan lainnya. Visual ini juga memiliki tujuan tersendiri yaitu bisa memperjelas lagi isi tulisan yang Anda tulis.

Contoh Explanation Text dan Terjemahannya

Setelah Anda melihat beberapa informasi diatas maka tidak lengkap tanpa adanya contoh explanation text dan terjemahannya. Untuk itu, berikut ini bisa Anda lihat pula salah satu contoh dari explanation text.

The Beautiful Winter

Contoh Explanation Text

One of the most interesting phenomena in winter is snow. A collection of ice crystals that fall from the sky and are white certainly presents its own beauty. In this winter, children can play with snowballs, make snowmen and run in the snow.

Then, how is the process of forming snow? Snow occurs starting from water vapor that collects in the earth's atmosphere and when the temperature in the clouds turns very cold, the clouds turn solid. This is where the snowflakes have shaped like small flakes in the air. Snowflakes start to come out and fall to the earth so that it makes the earth white due to the occurrence of beautiful ice crystals.

Terjemahan

Musim Dingin yang Indah

Salah satu fenomena yang paling menarik ketika musim dingin adalah salju. Kumpulan Kristal-kristal es yang turun dari langit dan berwarna putih tentu menghadirkan keindahan tersendiri. Pada musim salju ini anak-anak bisa bermain bola salju, membuat manusia salju dan bahkan bisa berlarian diatas salju. 

Lalu, bagaimana proses terjadinya pembentukan salju? Salju terjadi berawal dari uap air yang terkumpul di atmosfer bumi dan pada saat suhu di awan berubah sangat dingin maka gumpalan cair berubah menjadi padat. Disinilah kepingan salju telah berbentuk seperti kepingan-kepingan kecil di udara. Kepingan salju mulai keluar dan jatuh ke bumi sehingga membuat bumi menjadi putih karena dihiasi dengan Kristal-kristal es yang indah. 

Baca Juga: Sepak Bola: Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan & Sejarah 

Jadi, itu dia ada salah satu contoh explanation text dan terjemahannya yang bisa Anda lihat tentang fenomena alam. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Explanation Text – Pengertian, Contoh dan Strukturnya
Explanation Text – Pengertian, Contoh dan Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg8R9UOcuvOFaVnkcYu3vHzU5PuP0WsxdGS0Bwju08WBW6y7G4ooNcJ--MOQd3w1Ar5xnTxPxRcsJoS1RLgAaGOKNJOhN5Ojn6agKuSGN4601VMOBnI1Ukld8Aq7wq5cCn5bFP597ySvcnv7a_V-0aPQArzWCdKJIg0rYCCHBa0ulNaHG8MASCyA4y8=w640-h380
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg8R9UOcuvOFaVnkcYu3vHzU5PuP0WsxdGS0Bwju08WBW6y7G4ooNcJ--MOQd3w1Ar5xnTxPxRcsJoS1RLgAaGOKNJOhN5Ojn6agKuSGN4601VMOBnI1Ukld8Aq7wq5cCn5bFP597ySvcnv7a_V-0aPQArzWCdKJIg0rYCCHBa0ulNaHG8MASCyA4y8=s72-w640-c-h380
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/explanation-text.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/explanation-text.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content