Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Daftar Isi [Tampil]

Berdiskusi, menjadi salah satu hal yang mungkin sering Anda lakukan, terlebih lagi jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa. Jelas kegiatan belajar di kelas, menjadi salah satu ruang paling tepat untuk berdiskusi. Terkadang ada tugas yang meminta Anda untuk membuat contoh teks diskusi tentang pendidikan.

Membuat teks diskusi, bisa dibilang tak selalu mudah. Untuk itu bagi yang masih bingung cara membuatnya, maka bisa disimak terlebih dahulu ulasan berikut ini, agar nantinya bisa membuat teks diskusi yang benar.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Baca Juga: 12 Contoh Teks Diskusi Singkat dan Terbaik

Pengertian Dari Teks Diskusi 

Teks diskusi sendiri merupakan teks atau wacana yang berupa tulisan, dan terdiri dari dua pendapat yang berbeda. Jadi, akan ada pendapat setuju atau pro dan pendapat bertentangan atau kontra. Nah, dari kedua pendapat tersebutlah, nantinya kedua kubu pro dan kontra akan saling bertukar pikiran tentang topik yang memang sedang dibicarakan. 

Memang berdiskusi harus ada sisi setuju dan tidak setuju agar kegiatan berdiskusi berjalan. Tentunya saat berdiskusi bukan sekadar hanya berbicara saja, tapi harus dibuktikan dengan sumber-sumber yang benar-benar terpercaya. Dalam membuat teks diskusi pun, Anda harus benar-benar mencari data yang terpercaya. 

Struktur Dari Teks Diskusi

Sama seperti teks atau wacana lainnya, teks diskusi juga memiliki struktur sendiri dalam membuatnya. Nah, berikut ini adalah struktur yang perlu diketahui sebelum membuat teks diskusi. 

1. Isu 

Isu ini adalah topik yang akan didiskusikan, misal jika mau membuat contoh teks diskusi tentang pendidikan, maka carilah isu pendidikan, contoh isunya tentang kelas atau belajar secara online. 

2. Argumen 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika nantinya akan ada dua argumen, yaitu argumen pro dan kontra. Carilah berbagai sumber yang memang untuk masing-masing argumen tentang isu yang dibahas. 

3. Kesimpulan 

Untuk kesimpulan maka berarti akan berisi kesimpulan dari kedua argumen yang sudah dijelaskan sebelumnya, baik argumen pro dan kontra. 

Ciri-ciri Teks Diskusi 

Pastinya juga Anda harus tahu mengenai ciri-ciri dari teks diskusi. Berikut ini adalah beberapa ciri dari teks diskusi. 

  • Berisi wacana informasi yang memiliki sifat informatif-argumentatif
  • Struktur dari teks diskusi adalah terdiri dari isu, argumen mendukung, argumen menentang dan kesimpulan
  • Ciri kebahasaan teks diskusi adalah menggunakan kata hubung yang berlawanan, seperti sedangkan, tetapi dan sebagainya

Contoh Teks Diskusi Mengenai Pendidikan 

Agar makin jelas memahami teks diskusi, maka langsung saja berikut ini adalah beberapa contoh teks diskusi tentang pendidikan beserta strukturnya

Contoh Teks Diskusi tentang Full Day School

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Isu 

Full day school menjadi salah satu program pemerintah yang menerapkan sistem agar para siswa mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) sepanjang hari, mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 16.00 sore, sehingga para siswa memang harus berada di sekolah dari pagi hingga sore hari. Tentunya ada pihak yang pro dan kontra mengenai sistem full day school. 

Argumen Mendukung

Program Full day school menjadi salah satu ruang agar anak-anak tidak melakukan kenakalan di luar sekolah, dan kegiatan siswa pun akan lebih terkontrol, sebab sehari mereka di sekolah sehingga akan diawasi para guru. Pastinya juga siswa akan menghabiskan waktu belajar lebih banyak. 

Karena hal tersebutlah anak didik diharapkan memiliki kematangan baik dari segi akademik dan non-akademik. Program kegiatan full day school pun diharapkan bisa terhindar dari dampak buruk globalisasi. Sehingga sekolah pun bisa mencetak generasi yang bermutu. 

Argumen Menentang 

Mungkin program full day school memiliki niat baik agar siswa memiliki kegiatan lebih terjadwal dan berkegiatan yang positif. Tapi perlu diketahui, jika konsentrasi setiap anak jelas berbeda-beda, terutama anak yang masih SD dengan jenjang umur 6-12 tahun. Anak-anak dengan jenjang umur tersebut adalah anak-anak yang masih mudah bosan, sehingga jika sudah bosan akan sulit berkonsentrasi. 

Terlebih lagi kegiatan full day school pun dirasa cukup berat, jika dilihat dari segi fisik tentunya tidak akan baik untuk kesehatan. Ya, sejatinya anak-anak butuh istirahat yang lebih, agar nantinya bisa lebih fokus dan agar dapat mencerna pelajaran lebih baik.

Tak sekadar itu saja, dilihat dari segi lokasinya, full day school belum cocok diterapkan di desa atau pelosok. Sebab kebanyakan orang tua siswa memiliki mata pencaharian seperti petani, nelayan, buruh, dan sebagainya. Bisanya orang tua siswa membutuhkan anak mereka untuk membantu melakukan kegiatan rumah, seperti memasak, dan bersih-bersih.

Kesimpulan

Setiap program yang akan dijalankan tentunya harus dibarengi dengan sarana dan prasarana. Jika sarana dan prasarana memang mendukung, maka program full day school pun bisa berjalan dengan lancar dan tidak akan membosankan bagi anak-anak. 

Tentunya juga jika kegiatan full day school hanya diisi dengan belajar sehari penuh, maka ini akan membuat siswa cepat bosan dan merasa lelah, sehingga proses KMB tidak akan efektif. Tak sekadar itu saja, sebaiknya pun sebelum melakukan program full day school, maka lihat dulu masing-masing latar belakang siswa. 

Jika memang saran, prasarana, dan hal lainnya mendukung untuk melakukan full day school secara efektif, maka program ini bisa menjadi menarik dan menyenangkan. 

Baca juga: 

Tadi sudah diberikan contoh teks diskusi tentang pendidikan. Mungkin sekarang Anda sudah dapat membuat teks diskusi Anda sendiri, sesuai dengan isu yang akan didiskusikan. Perlu diketahui juga ada beberapa manfaat dari kegiatan berdiskusi. 

Manfaat dari kegiatan berdiskusi salah satunya adalah dapat dijadikan ajang untuk saling bertukar pikiran, sehingga akan memiliki wawasan yang lebih luas, dan kita akan tahu cara pandang orang mengenai argumen yang kita berikan, selain itu kita pun bisa juga berlapang dada untuk menerima argumen dari orang lain. Berdiskusi memang tidak ada salahnya dilakukan. 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan
Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi1Duvjz5wDpOjkxq0xC6igOG5RapMnl_YUUFlluckJGcaV39tJZvOhjLg6E91GLCR_Jvqg9DP9qKXPIYDLWT9M3LSxA7aSb99mJEAzFFLpuAMp2nsmTCUYPw48wiWlB1UmdZhZaLFS-DEl1wx47ZeJdeixqXbeuHj1cIX1pi1cxRvgm0OYCK8S0iBX=w640-h398
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi1Duvjz5wDpOjkxq0xC6igOG5RapMnl_YUUFlluckJGcaV39tJZvOhjLg6E91GLCR_Jvqg9DP9qKXPIYDLWT9M3LSxA7aSb99mJEAzFFLpuAMp2nsmTCUYPw48wiWlB1UmdZhZaLFS-DEl1wx47ZeJdeixqXbeuHj1cIX1pi1cxRvgm0OYCK8S0iBX=s72-w640-c-h398
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-teks-diskusi-tentang-pendidikan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-teks-diskusi-tentang-pendidikan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content