Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan

Daftar Isi [Tampil]

Sebelum ke pembahasan, apakah Anda sudah memahami apa itu debat? debat adalah salah satu kegiatan yang sering diadakan untuk tujuan tertentu termasuk berdiskusi, berpikir kritis hingga saling memberikan pendapat. 

Didalam pembuatan teksnya, bisanya akan mengandung beberapa struktur didalamnya yang membangun narasi dari suatu debat. Mulai dari pengantar, argument, hingga simpulan. Untuk memahaminya lebih lanjut lagi, maka sangat diperlukan pembahasan yang ada berikut ini. 

Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan

Baca Juga: 5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik

Pengertian Dari Debat 

Sebelum mengetahui contoh dari teks debat dari berbagai macam tema seperti lingkungan, apakah Anda sudah mengetahui apa pengertiannya? Debat merupakan kegiatan adu argumen atau pendapat dari dua pihak ataupun lebih. Baik itu secara perorangan ataupun kelompok dalam mendiskusikan serta memutuskan suatu masalah sekaligus perbedaan. 

Sedangkan menurut ahli dari G Sukadi, Debat merupakan kegiatan untuk saling adu argumentasi antara pribadi ataupun antar kelompok manusia. Adapun tujuan dari kegiatan satu ini adalah untuk mencapai kemenangan yang ada didalamnya. 

Lain halnya menurut Hendri Guntur Tarigan dimana berpendapat bahwa debat adalah kegiatan saling adu argumentasi baik antar pribadi ataupun antar kelompok dengan adanya tujuan buat mencapai kemenangan dari satu pihak. 

Contoh Teks Debat

Untuk memahami lebih lanjut mengenai debat, maka sangat penting untuk mengetahui contohnya. seperti telah disebutkan sebelumnya, contoh dari teks ini memang sangat beragam mulai dari pendidikan hingga lingkungan. Tetapi teks mengenai tema lingkungan cukup menarik perhatian banyak orang. Nah berikut contoh teks debat tentang lingkungan. 

Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan
source image: owntalk

1. Pengenalan topic:

Topic yang akan diangkat dalam debat adalah mengenai adanya peraturan mengenai pelarangan penggunaan plastic di supermarket untuk mengurangi adanya dampak terhadap lingkungan. 

2. Argumen Pro

Kelompok yang pro alias mendukung pernyataan pada topic tersebut berpendapat apabila pelarangan penggunaan plastic di supermarket merupakan cara efektif untuk mengurangi limbah sampah. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat sudah banyak sampak plastic mencemari lautan Indonesia bahkan perairan di luar negeri. Itulah mengapa penggunaan goodie bag jauh lebih disarankan. 

Selain itu, keberadaannya juga bisa menyebabkan kesehatan menjadi terganggu. Apabila plastic dicampurkan dengan benda pans, maka zat berbahaya didalamnya bisa menyebar ke makanan sehingga mengakibatkan beberapa penyakit seperti kanker. 

3. Argumen Kontra

Dilihat dari segi tenaga kerja, apabila penggunaan kantong plastic dikurangi maka akan berdampak kepada perusahaan bersangkutan. Jelas lebih banyak karyawan akan terkena PHK dan menimbulkan pengangguran dimana-mana. 

Terlebih lagi harga goodie bag jauh lebih mahal dibandingkan kantong plastic. Apalagi jika ternyata tas tersebut dijual di supermarket besar, jelas harganya bisa lebih mahal berkali-kali lipat. Tak sampai disitu saja, belum tentu semua masyarakat Indonesia mau mengeluarkan uang banyak untuk membelinya. 

4. Kesimpulan 

Berdasarkan pendapat diatas, maka bisa disimpulkan apabila peraturan mengenai pelarangan penggunaan plastic harus disahkan. Hal tersebut guna masyarakat mampu memahami pencemaran lingkungan. Tetapi harus diimbangi dimana masyarakat dan pemerintah bisa memanfaatkan plastic yang sudah ada buat dijadikan hal berguna lainnya. 

Baca juga: 

Melalui debat inilah ternyata juga bisa memberikan sejumlah manfaat seperti mampu membantu melatih keberanian dalam mengutarakan pendapat hingga meningkatkan kemampuan merespon suatu masalah. Itulah informasi mengenai contoh teks debat tentang lingkungan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan
Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEheKjv0AlCQ2OHiDGYkn1DIOyDOgFTS9xK_cigo6VPK9A6On_Vp8DQdKU93mMwvMwapjGIGtIAsl53Rns6EUJgAdOs-2wrrCybOZyINDLIg3anmo4eGoqT8LEnr4l25azGvW36KW5DDharCjjglc3lZ6gooSgB5tcHiN17zLZMbt-XoDniOAHMsOi7I=w640-h412
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEheKjv0AlCQ2OHiDGYkn1DIOyDOgFTS9xK_cigo6VPK9A6On_Vp8DQdKU93mMwvMwapjGIGtIAsl53Rns6EUJgAdOs-2wrrCybOZyINDLIg3anmo4eGoqT8LEnr4l25azGvW36KW5DDharCjjglc3lZ6gooSgB5tcHiN17zLZMbt-XoDniOAHMsOi7I=s72-w640-c-h412
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-teks-debat-tentang-lingkungan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-teks-debat-tentang-lingkungan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content