3 Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia Terkenal

Daftar Isi [Tampil]

Seperti namanya teks biografi pahlawan, maka ini adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah kisah kehidupan atau juga riwayat seorang tokoh pahlawan, yang kemudian ditulis oleh orang lain. Untuk memudahkan Anda dalam membuat sebuah teks biografi pahlawan, maka berikut adalah beberapa contoh teks singkat biografi pahlawan.

Baca Juga: 9 Contoh Teks Biografi Singkat & Terbaik

Contoh teks biografi Jenderal Soedirman

Contoh Teks Biografi Pahlawan
source image: voi.id/Buku 'Kenang-Kenangan Pada Panglima Besar Letnan Djenderal Soedirman

Adapun contoh teks biografi pahlawan yang pertama akan dibahas adalah Jenderal Soedirman. Beliau adalah salah satu pahlawan terkenal yang mampu mengatasi Belanda dengan taktik gerilya. Berikut adalah contoh teks biografi pahlawan Indonesia yang dimaksud.

  • Orientasi

Jenderal Soedirman sendiri lahir di Karangjati, Purbalingga Jawa Tengah, pada tanggal 24 Januari 1916. Beliau lahir dari pasangan bapak Karsid Kartowirodji dan Ibu Siyem.

Sejak kecil, Soedirman, tumbuh dalam lingkungan yang terbilang sederhana. Dimana ayahnya sendiri bekerja sebagai salah satu pekerja di pabrik gula kalibagor, Banyumas.

Namun demikian, beliau sejak kecil, tepatnya pada usia 8 bulan sudah diangkat anak oleh ibu Toeridowati dan Raden Tjokrosoenarjo, seorang asisten wedana. 

  • Peristiwa dan masalah

Sejak kecil, beliau memang tergolong anak yang cukup pandai dan menyukai organisasi. Dirinya juga memperoleh pendidikan yang baik, dimulai dengan memperoleh pendidikan formal di Taman Siswa, kemudian melanjutkan ke HIK Sekolah guru Muhammadiyah yang ada di Surakarta. Tapi sekolah tersebut ternyata tidak tamat, hanya bertahan selama 1 tahun saja. Namun setelah itu, dirinya menjabat sebagai  guru dan bahkan jadi kepala sekolah.

Sedangkan dari sisi sosial, dan organisasi, beliau pernah mengikuti beberapa organisasi, seperti pernah juga terdaftar jadi salah satu anggota Badan Pengurus Makanan dan juga anggota DPR Karesidenan Banyumas. Lalu beliau pernah mendirikan sebuah koperasi untuk menolong rakyat, dari ancaman kelaparan.  

Beliau juga pernah mengikuti mengenyam pendidikan sebagai tentara PETA yang ada di Bogor, dan tidak lama kemudian diangkat jadi komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah. Tidak hanya sampai di sana, Beliau juga diangkat jadi Panglima Divisi V yang ada di Banyumas, dengan pangkat sebagai Kolonel. Tapi setelah TKR terbentuk, beliau terpilih jadi seorang panglima Angkatan Perang RI.

Yang perlu diambil pelajaran di sini adalah, seorang Jendral Soedirman, rela mempertaruhkan segalanya demi kemerdekaan RI, termasuk diantaranya kesehatan dirinya sendiri.

Selama hidupnya beliau pernah memimpin beberapa perlawanan terhadap para penjajah, seperti pada perang Ambarawa, yang melawan tentara Inggris. Ada juga perang di Yogyakarta, kali ini melawan agresi Belanda II.

Selama perang tersebut dirinya tengah menderita penyakit TBC yang cukup parah, walau demikian, dirinya tetap melakukan perang, demi membela tanah airnya. Hingga akhirnya konferensi Meja Bundar tahun 1949 di Den Haag, diadakan dan beliau kembali ke Jakarta bersama Presiden Soekarno dan wapres Mohammad Hatta.

Namun karena penyakit TBC yang dideritanya, membuat tanggal 29 Januari 1950, beliau akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Tepatnya di Magelang, Jawa tengah, beliau akhirnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Yogyakarta.

  • Reorientasi

Beliau adalah seorang patriot pembela bangsa, yang mempunyai pribadi yang tangguh, teguh dan mempunyai prinsip selalu mementingkan masyarakat, dan bangsa, ketimbang dirinya sendiri.

Hingga pada tahun 1997, dirinya dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan, dan mendapatkan gelar Jenderal Besar Anumerta, dengan pangkat Bintang Lima. 

Contoh teks biografi R.A Kartini

Contoh Teks Biografi Pahlawan
source image: Australia Plus ABC

Berikutnya ada contoh teks biografi pahlawan nasional bernama R.A Kartini, beliau adalah salah seorang pahlawan wanita terkenal dengan semboyannya “Habis Gelap, Terbitlah Terang”.

  • Orientasi

R.A Kartini sendiri adalah seorang perempuan yang lahir dari kalangan bangsawan. Tepatnya lahir di daerah Jepara, pada tanggal 21 April 1879. Bapaknya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, Sedangkan ibunya bernama MA Ngasirah. Nama lengkapnya sendiri adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, namun kerap disingkat jadi R.A Kartini. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada usia ke 25, pada tanggal 17 September 1904, tidak berapa lama setelah melahirkan anak semata wayang yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat.     

  • Peristiwa dan masalah

Pada saat R.A. Kartini menginjak usia 12 tahun, dirinya mulai berjuang untuk memperoleh pendidikan yang setinggi tingginya.

Tapi sayangnya, keinginannya tersebut, ditentang keras oleh sang ayah. Apalagi pada usia tersebut, kebanyakan perempuan sudah mulai dipingit dan menikah. Hingga suatu hari, R.A.Kartini, menikah dengan seorang Bupati Rembang, yang bernama Adipati Singgih Djojo Adhiningrat.

Namun hal yang tidak diduga ternyata, sang suami, mendukung Kartini untuk meraih impiannya, bahkan beliau mengizinkan Kartini untuk mendirikan sebuah sekolah wanita.

  • Reorientasi

Atas semua jasa yang sudah diberikan oleh seorang Kartini, terutama dalam bidang pendidikan untuk wanita, beliau memperoleh penghormatan dan juga penghargaan. Dimana dalam hal ini R.A. Kartini ditetapkan sebagai seorang pahlawan nasional Indonesia, secara resmi.

Contoh teks biografi Ir. Soekarno

Contoh Teks Biografi Pahlawan

Yang ketiga adalah contoh teks biografi pahlawan singkat Ir. Soekarno, seperti diketahui bersama beliau adalah presiden pertama Indonesia.

  • Orientasi

Berawal dari seorang bernama Koesno Sosrodihardjo, lahir pada 6 Juni pada tahun 1901, di kota Surabaya, Jawa Timur. Namun karena sejak kecil, hingga usia 5 tahun sang Koesno kecil sering sakit-sakitan, membuat orang tuanya memutuskan untuk mengubah namanya jadi Soekarno.

Beliau sendiri wafat pada tanggal 21 Juni 1970, pada usia ke 69 tahun, dan Bapak Negara RI tersebut dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.   

  • Peristiwa dan masalah

Pada saat Bung Karno atau Soekarno berusia 14 tahun, dan tinggal di Surabaya, dirinya bersekolah di HBS. Pada saat itulah dirinya mulai mengenal pemimpin Sarekat Islam yang bernama Bp. Tjokroaminoto. Hingga membuat dirinya bergabung dengan organisasi pemuda di Jawa.

Hingga sampai akhir perjalanan karier hidupnya, beliau mempunyai jasa yang sangat besar bagi Negara Indonesia, dan bahkan memperoleh gelar bagai sang Proklamator, karena berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, serta menjadi Presiden pertama RI.    

  • Reorientasi

Ada cukup banyak nilai kehidupan yang dapat diambil dari perjalanan hidup seorang Soekarno. Selain itu pribadinya yang karismatik, menonjol dan sikap kepemimpinan, hingga rasa cintanya pada negaranya, membuat dirinya pantas untuk dicintai oleh rakyatnya.

Baca juga:

Demikianlah beberapa contoh teks singkat biografi pahlawan yang mungkin jadi inspirasi menarik untuk Anda ketika akan membuat sebuah teks biografi, terutama teks biografi pahlawan.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 3 Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia Terkenal
3 Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia Terkenal
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh6_k1Wg1D7K_y8_l_f3TLMLeFyknK-Ks4kLLGes_fYAvnl2-_k41LqcX3GV_V9NkupWEEHANCX8iOpeyZiUuX025GZtTVtRfgrEZb4Zez9EaVhs3v4Qy-Y6WvEcB49VAUEBx12p_8FYb9FE7_D_bT2SQmuEwuVel_g9ESwa3NLdaMyAimGhjn5YHiR=w640-h398
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh6_k1Wg1D7K_y8_l_f3TLMLeFyknK-Ks4kLLGes_fYAvnl2-_k41LqcX3GV_V9NkupWEEHANCX8iOpeyZiUuX025GZtTVtRfgrEZb4Zez9EaVhs3v4Qy-Y6WvEcB49VAUEBx12p_8FYb9FE7_D_bT2SQmuEwuVel_g9ESwa3NLdaMyAimGhjn5YHiR=s72-w640-c-h398
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-biografi-pahlawan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-biografi-pahlawan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content