Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Teks Eksplanasi Banjir
Belajar membuat teks dari contoh memang sangat praktis. Bagi Anda yang cari contoh teks eksplanasi banjir Anda datang ke tempat yang tepat. Tapi sebelum membahas contohnya, ada baiknya membahas dulu apa itu teks eksposisi dan cara membuatnya. Jika sudah tahu soal ini, Anda akan lebih memahami contoh dan bisa buat sendiri!

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Definisi teks eksplanasi  adalah tulisan yang berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana sesuatu fenomena bisa terjadi. Hal ini bisa mulai dari hal simple sampai hal kompleks. Penggunaan teks ini umum dalam teks media tulis seperti koran dan juga buku – buku pembelajaran.

Jika Anda baca – baca soal contoh teks eksplanasi, Anda akan banyak menemukan teks ini di buku modul sekolah dan artikel tutorial. Dalam pembelajaran, penjelasan teks eksplanasi digunakan untuk tingkatkan pemahaman pembaca dengan lebih baik.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Beda Teks Eksplanasi dengan Eksposisi

Di antara Anda pasti ada yang merasa eksplanasi mirip dengan eksposisi. Sekilas jika baca contoh teks eksplanasi banjir di artikel berita atau buku pengetahuan, memang bedanya tipis. Tapi jika digali lebih dalam, Anda bisa lihat perbedaan yang lebih jelas.

Dalam hal eksplanasi, informasi diberikan untuk menjelaskan sesuatu terjadi. Karena itu fokus bahasan lebih pada mengapa atau bagaimana sesuatu fenomena tersebut muncul. Sedangkan eksposisi adalah teks yang memberikan informasi secara netral tentang gagasan, pendapat ataupun berita.

Dalam hal eksposisi, objektivitas yang tidak menggeser perspektif orang lain menjadi lebih penting. Umumnya point utama eksposisi adalah gagasan yang diperkuat dengan alasan dan keterangan lebih tentangnya. Dalam eksplanasi, hal ini tentu tidak ditemukan.

Mari lihat Contoh teks eksplanasi tentang banjir. Dalam teks tersebut, penjelasan tentang penebangan hutan berlebih, peningkatan masalah cuaca ekstrim akibat global warming dan penjelasan daur ulang air hujan pasti dibahas.

Jika dalam eksposisi, teks akan bahas mengapa orang – orang harus menjaga kondisi alam agar bisa cegah banjir. Pendapat ini akan diperkuat dengan bukti fakta pembuangan limbah di saluran air dan juga pembakaran hutan yang perparah masalah banjir. Dari sini, Anda bisa lihat perbedaan penggunaan teksnya.

Karakteristik Teks Eksplanasi yang Perlu Diingat

Teks eksplanasi sederhana umumnya memiliki ciri – ciri yang mudah dilihat. Mari membahas karakteristik teks ini dalam bagian berikut:

  • Informasi yang dijelaskan memiliki sumber jelas dan terbukti secara faktual.
  • Lebih sering bahas fenomena yang memiliki sifat keilmuan ataupun berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Memiliki sifat informatif yang mengajak pembaca lebih mengerti.
  • Menggunakan istilah – istilah teknis yang sering digunakan dalam sains.
  • Umumnya membahas hal umum tapi tidak banyak orang tahu penyebabnya.
  • Aplikasi lebih pada pembelajaran dan akademik.

Contoh Teks Eksplanasi Bertema Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir
source image: depositphotos.com

Banjir di Jakarta sudah lama tidak teratasi baik. Kejadian banjir di kota besar ini tergolong unik karena banyak faktor yang saling mengikat satu sama lain. Secara sederhana, ada 4 faktor yang paling menonjol penyebab banjirnya. Faktor tersebut adalah faktor social, faktor siklus cuaca, faktor infrastruktur dan faktor perubahan kondisi tanah.

Faktor sosial di sini adalah gaya hidup masyarakat yang menjadi penyebab banjir. Hal ini berhubungan dengan kebiasaan membuang sampah di saluran air dan membuat rumah tanpa adanya area serapan.

Faktor cuaca tentu lebih mudah ditangkap. Karena global warming, cuaca ekstrim lebih sering terjadi di Indonesia. Saat takaran hujan terlalu besar, air yang turun dari area Bogor ke Jakarta pasti berlimpah banyak. Saat tampungan saluran tidak kuat, banjir mudah sekali terjadi di area ini.

Faktor ketiga adalah infrastruktur yang belum dibangun baik. Pembuatan pintu air, pompa besar dan area tampung banjir sudah dijalankan sejak lama. Tapi di Jakarta, proyek ini selalu maju mundur tidak jelas. Program pembersihan area pinggir sungai dari rumah liar saja tidak berjalan baik. Area sungai yang harusnya bersih hunian, kembali diisi para gelandangan. Jika dibiarkan lama, penyempitan area saluran air karena hunian liar bisa terjadi lagi.

Faktor yang keempat adalah kondisi tanah. Karena bangunan yang ada di atas permukaan, kemampuan serap air di tanah Jakarta sangat minim. Jika air yang diserap tidak banyak tapi air tanah selalu disedot untuk kebutuhan air bersih, tentu saja kondisi tanah tidak akan baik. Dari riset badan meteorologi dan geofisika, tanah di Jakarta kandas sekitar 7 cm per tahunnya. Karena posisi ketinggian tanah lama kelamaan di bawah batas air laut, tentu saja Jakarta jadi lebih mudah terkena banjir sekarang ini.

Dari faktor di atas, hal yang bisa diubah mudah adalah faktor sosial dan infrastruktur. Mudah – mudahan kedepannya kondisi Jakarta bisa diperbaiki. Peranan masyarakat dan pemerintah dalam menangani hal ini menjadi kunci menurunnya masalah banjir di ibu kota.

Baca juga:

Itulah contoh teks eksplanasi banjir terbaik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,Ciri teks,15,contoh,32,CPNS,52,cpns2019,91,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,jurnal,2,Kalender,26,Karangan,48,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,laporan,14,makalah,3,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,91,pengertian,1,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,proposal,7,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,surat,1,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: Contoh Teks Eksplanasi Banjir
Contoh Teks Eksplanasi Banjir
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiVtS_j1miT3OStSRkEHkK5oMtopcew5H-3IhBmKSisCx0LrmDkxOdH2h1Qd2CDYo7EP585gEv7pIa-Qvlu1ZseQI2NGAnV10-JTif47tRs4PiOKJwUbueY1C9-IV13D5th7AHGwWGK4WCXpFYlJrhgcU52mX4IxIaDIbB-x99xNaLRxoqTvY3ggId4=w640-h370
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiVtS_j1miT3OStSRkEHkK5oMtopcew5H-3IhBmKSisCx0LrmDkxOdH2h1Qd2CDYo7EP585gEv7pIa-Qvlu1ZseQI2NGAnV10-JTif47tRs4PiOKJwUbueY1C9-IV13D5th7AHGwWGK4WCXpFYlJrhgcU52mX4IxIaDIbB-x99xNaLRxoqTvY3ggId4=s72-w640-c-h370
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-teks-eksplanasi-banjir.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-teks-eksplanasi-banjir.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content