Ciri-ciri & Struktur Teks Diskusi Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri & Struktur Teks Diskusi
Teks Diskusi - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks diskusi, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks diskusi itu?

Pengertian Teks Diskusi

Diskusi menurut Wikipedia adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Sedangkan untuk teks diskusi merupakan suatu teks dimana memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal, dua pendapat tersebut disebut pro dan kontra. Hal ini akan mengakibatkan kedua belah pihak akan membicarakan masalah yang menjadi persoalan atau diskusi tersebut.

Tujuan dari diskusi tersebut adalah mencari kesepakatan atau kepahaman dari pendapat yang dibicarakan. Selain itu, manfaat dari berdiskusi adalah dapat memperluas pengetahuan dan memperbanyak pengalaman.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Teks diskusi ternyata memiliki ciri-ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Memuat informasi yang bersifat informatif-argumenatif
  • Strukturnya terdiri dari isu, argumen mendukung, argumen menentang dan kesimpulan
  • Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan kata hubung perlawanan, seperti sedangkan, tetapi dan sebagainya

Struktur Teks Diskusi

1. Isu

Pada bagian ini, penulis akan memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi tersebut berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut

2. Argumen

Bagian argumen memiliki 2 jenis, yakni argumen mendukung dan argumen menolak. Argumen mendukung tentu berisi argumen yang mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi. Sedangkan argumen menolak berisi hal yang bertentangan dengan argumen mendukung.

3. Kesimpulan

Bagian ini berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang sedang dibahas. Biasanya akan mengambil jalan tengah mengenai suatu yang sedang didiskusikan.

Jenis Teks Diskusi

  • Teks Diskusi Seminar
  • Teks Diskusi Sarasehan
  • Teks Diskusi Simposium
  • Teks Diskusi Panel
  • Teks Diskusi Kongres
  • Teks Diskusi Muktamar
  • Teks Diskusi Lokakarya

Langkah-Langkah Menyusun Teks Diskusi

  1. Menentukan topik perdebatan atau isu yang ingin dibahas
  2. Menentukan tujuan, dalam hal ini memberi penjelasan mengenai pro kontra
  3. Mencari informasi atau data mengenai isu yang dipilih, misalnya kamu memilih isu terkait demo buruh, maka kita harus mencari informasi mengenai demo buruh selengkap mungkin
  4. Menyusun kerangka karangan
  5. Mengembangkan kerangka menjadi teks diskusi
  6. Merevisi teks diskusi

Cara Merevisi Teks Diskusi

  • Tandai kalimat, kata, atau makna kata atau kalimat yang salah
  • Perbaiki kalimat, kata atau makna salah sesuai unsur kebahasaan
  • Tulis kembali teks tersebut menjadi teks yang baik dan benar

Contoh Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

Contoh Teks Diskusi tentang Sampah
source image: zonasultra.com

Isu

Sampah menjadi satu hal yang dianggap sangat meresahkan sebab memberikan dampak yang buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk akan dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan dapat menyebabkan banjir. Cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah. Sebenarnya pemecahan masalah mengenai sampah ini sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Argumen Mendukung

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut dianggap bukan sebagai solusi melainkan menjadi sebuah bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap bahkan asap pembakaran yang dihasilkan dari pembakaran itu dapat menipiskan lapisan ozon.

Argumen Menentang

Orang yang mencintai lingkungan mereka tentunya lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting & daur ulang sampah. Contohnya seperti sampah organik misalnya daun kering, batang pohon dan sebagainya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidak bisa mengalami pembusukan bisa dilakukan daur ulang.

Kesimpulan 

Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

Contoh Teks Diskusi tentang Internet

Contoh Teks Diskusi tentang Internet
source image: mediaindonesia.com

Isu

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi,
internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Argumen Mendukung

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.

Argumen Menentang

Tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan

Diharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah maupun siswa untuk bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Diskusi terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Diskusi Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Diskusi Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRD21KaUvi8F7vXNUxqFM3GNWkrCCSFPdzxZTApxb5YBd9ly3a-1CQINPgQZpV6LVrRbBMJFlsFzid1cH-JPTNELgpAiuMe4VjwQUf2j1vIckLZtN15yBtqkkSyeSr8Ml4M9NPnwnvuko/w640-h392/8.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRD21KaUvi8F7vXNUxqFM3GNWkrCCSFPdzxZTApxb5YBd9ly3a-1CQINPgQZpV6LVrRbBMJFlsFzid1cH-JPTNELgpAiuMe4VjwQUf2j1vIckLZtN15yBtqkkSyeSr8Ml4M9NPnwnvuko/s72-w640-c-h392/8.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-diskusi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-diskusi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content