Ciri-ciri & Struktur Teks Ulasan Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri dan Struktur Teks Ulasan
Teks Ulasan - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks ulasan, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks ulasan itu?

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan tulisan yang berisi penilaian atau review mengenai sebuah karya milik orang lain. Karya tersebut bisa berupa buku, film, novel, lagu, drama dan lain sebagainya. Ketika mengulas sebuah karya milik orang lain, kita wajib bersikap kritis dan tidak memihak atau bersikap netral. Tujuannya adalah agar bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan karya itu sendiri.

Baca Juga: Ciri-ciri & Struktur Teks Negosiasi Terlengkap

Tujuan Teks Ulasan

  • Membantu para pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
  • Memberi informasi komprehensif tentang karya
  • Menunjukkan pandangan penulis resensi pada suatu karya
  • Memberikan pertimbangan pada para pembaca apakah suatu karya itu pantas untuk dinikmati atau tidak
  • Memberi pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati karya tersebut
  • Memberi informsi pada publik tentang kelayakan yang di miliki suatu karya
  • Memberi informasi pada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan sebuah karya yang diulas atau diresensi
  • Memberi tahu dan mengajak para pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang ada dalam suatu karya
  • Memudahkan para pembaca memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang sejenis
  • Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenisnya

Ciri-Ciri Teks Ulasan

  1. Memuat informasi berdasarkan pandangan ataupun opini penulis mengenai suatu karya atau produk
  2. Strukturnya terdiri dari orientasi, evaluasi, tafsiran dan rangkuman
  3. Mempunyai nama lain yaitu resensi
  4. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

  • Memakai ungkapan perbandingan, persamaan atau perbedaan
  • Dalam teks ulasan terdapat isi penonjolan pada unsur-unsur karya seni yang diulas
  • Memakai konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  • Memakai kata kerja material dan kata kerja relasional
  • Memakai kalimat opini atau persuasif

Struktur Teks Ulasan

1. Orientasi

Pada bagian ini berisi mengenai pengenalan gambaran umum suatu drama atau film yang ingin diulas.

2. Tafsiran

Pada bagian tafsiran berisi mengenai gambaran suatu karya baik itu drama atau film yang diulas secara lebih detail. Misalnya bagian-bagian dari keunikan, kualitas, keunggulan, hasil karya dan lainnya.

3. Evaluasi

Bagian evaluasi berisi mengenai padangan pengulas tentang hasil karya yang telah diulas. Evaluasi ini dilakukan sesudah melakukan tafsiran yang mencukupi mengenai hasil karya tersebut. Dibagian ini penulis akan menyebutkan sesuatu yang bernilai atau kelebihan pada karya tersebut ataupun kekurangannya.

4. Rangkuman

Rangkuman ini berisi mengenai kesimpulan suatu ulasan tentang sebuah karya baik itu drama ataupun film. Dibagian rangkuman berisi komentar penulis apakah karya tersebut berkualitas ataupun tidak.

Langkah Menyusun Teks Ulasan

  • Tentukan terlebih dahulu tema / topik yang sesuai dengan karya yang diulas
  • Menuliskan identitas dari karya
  • Menuliskan sinopsis dari karya
  • Memasukkan pendapat atau argumen penulis mengenai unsur intrinsik dari suatu karya
  • Memberikan penilaian atau rekomendasi dari karya
  • Membahas isi dari ulasan karya berdasarkan ciri kebahasaan
  • Menulis ulasan suatu karya berdasarkan pada kaidah penulisan teks ulasan

Contoh Teks Ulasan

Baca Juga: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Contoh Teks Ulasan Budaya Candi Borobudur

Contoh Teks Ulasan Budaya Candi Borobudur
source image: wikipedia

Orientasi

Borobudur merupakan candi Budha dan dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Candi Budha terbesar ini berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja.

Tafsiran

Orang-orang yang datang ke Candi Borobudur tak hanya ingin menikmati dan menyaksikan salah satu bangunan megah ini, melainkan mereka juga ingin mengetahui kisah-kisah sejarah hingga mitos yang menyelimuti candi Budha terbesar di dunia ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di dunia, Candi Borobudur termasuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

Evaluasi

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari.

Namun, sayangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu, itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu.

Rangkuman

Candi Borobudur itu ialah candi Budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati.

Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia, bagi yang merasa kebingungan untuk menghabiskan waktu liburan, sebaiknya datanglah ke Candi Borobudur untuk mendapatkan sensasi wisata yang berbeda sekaligus berjalan-jalan sembari mengetahui sejarah peradaban agama Budha di Indonesia.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Ulasan Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Ulasan Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Ulasan Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU8om6i7lobBn8aMZ9DAmlTVBBOtiihnjoQDuOW5fqtxfxyIOAKpMzJv_tOvFnvLdEbRg8UaCEodKo_aIDbaHuoUwInIQEYLWk0XfYQE1pO9jvPNFA6i-GbsvSKoVtZ0NJa-GWEXBNABg/w640-h384/2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU8om6i7lobBn8aMZ9DAmlTVBBOtiihnjoQDuOW5fqtxfxyIOAKpMzJv_tOvFnvLdEbRg8UaCEodKo_aIDbaHuoUwInIQEYLWk0XfYQE1pO9jvPNFA6i-GbsvSKoVtZ0NJa-GWEXBNABg/s72-w640-c-h384/2.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/10/ciri-ciri-struktur-teks-ulasan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/10/ciri-ciri-struktur-teks-ulasan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content