Ciri-ciri & Struktur Teks Biografi Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri & Struktur Teks Biografi
Teks Biografi - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks biografi, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks biografi itu?

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi merupakan sebuah teks yang menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang memiliki pengalaman hidup yang luar biasa, pahlawan atau orang terkenal. Teks Biografi ini memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait berbagai sisi dari tokoh yang diceritakan.

Ciri-Ciri Teks Biografi

1. Berisi Fakta

Perlu kamu ketahui bahwa teks biografi ini bukanlah teks fiksi. Ia menggambarkan fakta dari tokoh tersebut. Sehingga teks biografi haruslah sesuai dengan fakta yang ada.

2. Struktur Jelas

Struktur dalam teks biografi haruslah jelas dan jangan membingungkan pembaca. Sebuah teks biografi memiliki kebebasan, ia bisa menggunakan alur campuran, maju dan mundur.

3. Bahasa yang Jelas

Teks biografi harus menggunakan bahasa yang jelas, lugas dan tidak banyak menggunakan majas. Bahasa yang jelas ini akan mempermudah pembaca dalam memahami teks yang disampaikan. Selain itu, bahasa yang jelas tidak akan menimbulkan pemahaman yang berbeda-beda.

Struktur Teks Biografi

Teks biografi akan lebih baik ditulis dengan baik dan benar, untuk itu penulis harus memahami struktur dalam sebuah teks biografi. Berikut adalah struktur teks biografi yang bisa kamu terapkan untuk membuat teks biografi yang baik dan benar.

1. Orientasi

Tahap orientasi adalah tahap pengenalan suatu tokoh. Pada tahap ini kamu harus memperkenalkan gambaran awal dari seorang tokoh. Tujuan dari orientasi awal ini adalah untuk memperkenalkan pembaca mengenai pentingnya sebuah tokoh yang akan dibahas pada teks biografi tersebut.

2. Bagian Isi

Bagian ini akan menceritakan lebih dalam mengenai kehidupan sebuah tokoh. Biasanya dimulai dari masa kecil hingga dewasa. Selain itu, bagian isi akan menjelaskan tentang perjuangan yang dialami oleh tokoh hingga menjadi seperti sekarang.

3. Reorientasi

Pada bagian ini akan memberikan kesimpulan terkait suatu tokoh. Reorientasi memberikan kesimpulan terkait tokoh yang dibahas. Meskipun memberikan kesimpulan, namun bagian reorientasi harus bersifat netral.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa yang dilakukan oleh tokoh yang dibahas.
  • Banyak menggunakan kata sifat untuk memberikan informasi secara detail mengenai sifat-sifat tokoh.
  • Menggunakan kata ganti orang ketiga baik dalam bentuk ‘dia’ atau ‘mereka’.
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami.

Langkah-langkah Membuat Teks Biografi

  1. Mengumpulkan informasi dasar mengenai tokoh yang akan diceritakan seperti nama, nama gelar kalau ada, tempat tanggal lahir, nama orang tua, dan riwayat singkat tokoh yang akan dibahas.
  2. Menggali data dan informasi yang berkaitan dengan tokoh dari berbagai sumber.
  3. Memilah dan memilih data dan informasi yang diperlukan.
  4. Mengolah semua data dan informasi yang diperlukan untuk membangun teks biografi.
  5. Merangkai semua informasi dengan kalimat yang runut dan bernalar sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam menyusun teks biografi.
  6. Membangun abstrak teks biografi yang akan dibangun.
  7. Mengembangkan abstrak teks biografi sesuai dengan struktur teks biografi, yakni Orientasi, bagian isi dan Reorientasi.

Contoh Teks Biografi Singkat

Contoh Teks Biografi Albert Einstein

Contoh Teks Biografi Albert Einstein
source image: zmescience.com

Seorang anak laki-laki yang lahir pada tahun 1875 tanggal 14 Maret di Jerman dari pasangan Pauline dan Hermann Einstein, ia adalah Albert Einstein. Ia pun seorang fisikawan yang biasa dijuluki sebagai Bapak Fisika Modern, sayangnya Albert Einstein sudah tiada beberapa tahun silam yakni di Amerika Serikat pada tahun 1955 tanggal 18 April.

Masa kecil Albert Einstein sering di anggap anak autisme dan memiliki keterbelakangan, hal ini dikarenakan kemampuan berbicaranya yang amat lamban, ia pun cenderung sangat pendiam terlebih beliau suka sekali menyendiri.

Di usia yang masih belia yakni 5 tahun minat Albert Einstein pada bidang ilmu fisika ini timbul, ketika Hermann Einstein ayahnya memberikan hadiah Einstein sebuah kompas, ia sangat terpesona pada hadiah tersebut, hingga beliau ingin mengetahui apa saja misteri yang ada di alam semesta ini.

Dan dari saat itulah Albert Einstein menjadi sangat gemar untuk mendalami dan mempelajari serta memahami tentang berbagai hal terutama yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti halnya kompas dan lainnya.

Dari kehidupan Albert Einstein banyak sekali hal-hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran dari kehidupannya, terutama prinsip atau sifat pantang menyerah terhadap kegagalan. Walaupun dahulunya ia sering dibilang sebagai anak autis dan mempunyai keterbelakangan tetapi sekarang Albert Einstein di anggap sebagai manusia paling jenius dan juga diberi julukan Bapak Fisika Modern hingga saat ini.

Contoh Teks Biografi Susi Pudjiastuti

Contoh Teks Biografi Susi Pudjiastuti
source image: harapanrakyat.com

Putus sekolah demi bisa berjualan ikan itulah yang pernah dilakoni Susi Pudjiastuti. Kini ia dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita sukses asal Indonesia. Sektor bisnisnya lebih banyak dibidang perikanan dan hasil laut serta transportasi udara.

Bisnis pertamanya menjadi pengepul ikan pada tahun 1983 di Pangandaran, Banten berbekal modal dari hasil menjual perhiasannya.

tahun 1996, Susi Pudjiastuti kemudian mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang produk andalan Lobster yang diekspor keluar negeri.

Ia menjual produknya dari Asia hingga ke Amerika. Untuk menjaga agar produk hasil lautnya tetap segar hingga ke pelanggan, Susi Pudjiastuti memberanikan diri meminjam uang ke Bank senilai 20 miliar pada tahun 2004 untuk membeli pesawat Cessna Caravan dan mendirikan perusahaan ttransportasi udara bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Usaha transportasi udara ini juga berkembang pesat. Dari hanya memiliki 1 pesawat, kini Susi Pudjiastuti memiliki puluhan pesawat terbang untuk disewakan baik mengangkut hasil laut maupun penumpang.

Selain berprofesi sebagai pengusaha hasil laut dan juga transportasi udara, Susi Pudjiastuti juga pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan pada era presiden Joko Widodo.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Biografi Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Biografi Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Biografi Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1rXS-9csVHR3vGNxTMGv3EmQ4nI_HXkgL_vJquxmA66jOeVOkm_itsa4C-TXoKVrimzlr_lQ6O-L-PZjdH8zKOX6iWWYSMzSPs77gGItNncjp_RrTDnJK9BdEE_cKsSUMqTnd0KowgAg/w640-h378/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1rXS-9csVHR3vGNxTMGv3EmQ4nI_HXkgL_vJquxmA66jOeVOkm_itsa4C-TXoKVrimzlr_lQ6O-L-PZjdH8zKOX6iWWYSMzSPs77gGItNncjp_RrTDnJK9BdEE_cKsSUMqTnd0KowgAg/s72-w640-c-h378/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-biografi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-biografi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content