7 Contoh Recount Text Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Recount Text - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh recount text singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu recount text.

Recount Text merupakan teks bacaan yang berisi mengenai cerita atau runtutan sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau. Pengalaman di masa lampau tersebut bisa berupa pengalaman pribadi atau pengalaman kelompok.

Recount Text bisa juga diartikan sebuah kegiatan untuk mengingat kembali suatu kejadian dimasa lalu melalui sebuah cerita. Tujuan dari recount text ini adalah menghibur sekaligus memberi informasi kepada pembaca.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Ciri - Ciri Recount Text

  • Selalu menggunakan past tense (past continuous, simple, past perfect, past perfect continuous)
  • Terfokus pada satu tokoh cerita saja
  • Menggunakan latar waktu di masa lalu (a year ago, three days ago, etc)
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan conjunction words (therefore, after, before, then, etc)

Struktur Recount Text

1. Orientasi (pembuka)

Bagian ini merupakan awalan cerita yang menjelaskan mengenai latar cerita, seperti waktu dan tempat kejadian.

2. Event (Isi)

Bagian ini akan menjelaskan urutan kejadian secara detail, mulai dari kejadian A sampai B.

3. Reorientation (Kesimpulan)

Bagian ini merupakan kalimat-kalimat yang digunakan untuk menutup cerita.

Jenis - Jenis Recount Text

  • Personal recount text
Personal recount text merupakan jenis recount text yang menceritakan pengalaman yang dialami seseorang. Pengalaman tersebut bisa berupa pengalaman bermain, pengalaman di sekolah, pengalaman liburan dan lainnya.
  • Imaginative recount text
Ini merupakan jenis recount text yang menceritakan kembali kejadian dimasa lalu, namun itu tidak benar-benar terjadi.
  • Faktual recount text
Faktual recount text adalah text yang menceritakan kejadian yang dialami oleh orang lain, namun benar-benar terjadi.
  • Historical recount text
Ini merupakan jenis recount text yang membahas mengenai sejarah, baik itu benda sejarah atau tempat sejarah.

Contoh Recount Text

1. Contoh Recount Text tentang Terlambat Datang ke Sekolah

Contoh Recount Text
source image: infopublik.id

Last wednesday, I came late to my school because I played playstation untill 2.00 am in the night. Because that I woke up late.

I woke up about 6.30 am and the class would be began at 7.00 am. I ran to bathroom to take a bath. I usually had a breakfast after took a bath, but in that day I did not do that.

I always went to school by my moyorcycle. But in that day, I forgot where I put the key. So, I went to the school by public transportion. It made me took a longer time. I arrived at school at 7.15 am, I ran to my class but I saw my teacher has stood in front of the class to teach. I entered to my class and of course my teacher was angry to me because I came late.

It was my bad experience and I hoped I would not do that again.

Terjemahan:

Rabu kemarin, saya datang telat ke sekolah karena saya main playstation sampai jam 2.00 malam. Karena itu saya bangun terlambat.

Saya bangun sekitar jam 6.30 pagi dan kelas akan dimulai jam 7 pagi. Aku lari ke kamar mandi untuk mandi. Saya biasanya sarapan pagi setelah mandi, tetapi hari itu saya tidak melakukannya.

Saya selalu pergi ke sekolah dengan sepeda motor saya. Tetapi pada hari itu, saya lupa di mana saya meletakkan kuncinya. Jadi, saya pergi ke sekolah dengan angkutan umum. Itu membuat saya membutuhkan waktu lebih lama. Saya sampai di sekolah jam 7.15 pagi, saya lari ke kelas saya tapi saya melihat guru saya sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Saya masuk ke kelas saya dan tentu saja guru saya marah kepada saya karena saya datang terlambat.

Itu adalah pengalaman buruk saya dan saya berharap saya tidak akan melakukannya lagi.

Baca Juga: 7 Contoh Narrative Text Singkat & Terjemahannya

2. Contoh Recount Text tentang Pertemuan

It was Friday again, the day for famous parties at Wellington High School. Students were dancing in the garden and everyone was enjoying the pleasure of being away from boring lessons.

When Sarah came to the party, the music had already started. Tim suddenly noticed Sarah and felt shocked. He had been looking for her for 2 years. They met each other at a holiday camp in 1999, but mysteriously Sarah disappeared after a while. He had been thinking about her since then.

At the party, Sarah was talking to one of her friends while most of the students were drinking as much as they could. Tim decided to talk to her and waited for her friend to leave. When he went next to her, she was searching for something in her bag, so she did not see him. As soon as he touched her on the shoulder, she raised her head and couldn’t believe her eyes. She had never forgot him.

At the end of the party, no one was happier than Sarah and Tim as they found each other after 2 years.

Terjemahan:

Hari itu hari Jumat lagi, hari pesta terkenal di Sekolah Menengah Wellington. Para siswa menari di taman dan semua orang menikmati kesenangan berada jauh dari pelajaran yang membosankan.

Saat Sarah datang ke pesta, musik sudah dimulai. Tim tiba-tiba melihat Sarah dan merasa terkejut. Dia telah mencarinya selama 2 tahun. Mereka bertemu satu sama lain di sebuah kamp liburan pada tahun 1999, tetapi secara misterius Sarah menghilang setelah beberapa saat. Dia telah memikirkannya sejak saat itu.

Di pesta itu, Sarah sedang berbicara dengan salah satu temannya sementara sebagian besar siswa minum sebanyak yang mereka bisa. Tim memutuskan untuk berbicara dengannya dan menunggu temannya pergi. Ketika dia pergi ke sampingnya, dia sedang mencari sesuatu di tasnya, jadi dia tidak melihatnya. Begitu dia menyentuh bahunya, dia mengangkat kepalanya dan tidak bisa mempercayai matanya. Dia tidak pernah melupakannya.

Di akhir pesta, tidak ada yang lebih bahagia dari Sarah dan Tim karena mereka bertemu setelah 2 tahun.

3. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

Contoh Recount Text
source image: sukabumiupdate.com

Let me remind you my experience during an earthquake last week. When the earthquake happened, I was on my car. I was driving home from my vocation to Bali.

Suddenly my car lunched to one side, to the left. I thought I got flat tire. I did not know that it was an earthquake. I knew it was an earthquake when I saw some telephone and electricity poles falling down to the ground, like matchsticks.

Then I saw a lot of rocks tumbling across the road. I was trapped by the rock. Even I could not move my car at all. There were rocks everywhere. There was nothing I could do but left the car and walked along way to my house, in the town.

When I reached my town, I was so surprised that there was almost nothing left. The earthquake made a lot of damage to my town. Although nothing was left, I thanked God that nobody was seriously injured.

Struktur:

Orientation: Introducing the participant, using first person point of view, I was on the car last week.

Events: Describing a series of event which happened. The car lunched to one side. Telephone and electricity poles was falling down, etc.

Reorientation: Stating the writer’s personal note. Thanking God because nobody was seriously injured.

Terjemahan:

Izinkan saya mengingatkan Anda pengalaman saya saat gempa minggu lalu. Saat gempa terjadi, saya berada di mobil saya. Saya dalam perjalanan pulang dari panggilan saya ke Bali.

Tiba-tiba mobil saya makan siang ke satu sisi, ke kiri. Saya pikir ban saya kempes. Saya tidak tahu kalau itu gempa bumi. Saya tahu itu gempa bumi ketika saya melihat beberapa tiang telepon dan listrik jatuh ke tanah, seperti korek api.

Kemudian saya melihat banyak batu berjatuhan di seberang jalan. Saya terjebak oleh batu. Bahkan saya sama sekali tidak bisa menggerakkan mobil saya. Ada bebatuan dimana-mana. Tidak ada yang bisa saya lakukan selain meninggalkan mobil dan berjalan menuju rumah saya, di kota.

Ketika saya sampai di kota saya, saya sangat terkejut karena hampir tidak ada yang tersisa. Gempa bumi membuat banyak kerusakan di kota saya. Meskipun tidak ada yang tersisa, saya bersyukur kepada Tuhan bahwa tidak ada yang terluka parah.

4. Contoh Recount Text tentang Kapal Titanic

Contoh Recount Text
source image: SOUTHAMPTON CITY COUNCIL / AFP

Orientation

On April 15, 1912, Titanic, one of the British largest and luxurious liners, sank into the North Atlantic Ocean which about 400 miles south of Newfoundland, Canada.

Event

That giant ship which carried 2,200 passengers and crews had struck an iceberg. Two and a half hour later the ship sank into the deep North Atlantic Ocean at 2:20 a.m.

From that tragedy, more than 1,500 people went down in the sinking ship. Some of them froze to death in the icy North Atlantic water and around 700 people (high class woman and children) survived.

Unfortunately that giant luxurious ship was not equipped with much more lifeboats and good emergency procedures so that the victims of that tragedy were more than the half passengers and crews.

Reorientation

That tragedy became popular again some years later after James Cameron directed a movie entitled Titanic in 1997.

The movie that was inspired by the tragedy of the sinking titanic was a fiction story about the members of different social class who meet in that ship and fallen in love. It was the best movie at that year and still remembered by a lot of people around the world until now.

Terjemahan:

Pada tanggal 15 April 1912, Titanic, salah satu kapal terbesar dan termewah di Inggris, tenggelam ke Samudra Atlantik Utara yang berjarak sekitar 400 mil di selatan Newfoundland, Kanada.

Kapal raksasa yang membawa 2.200 penumpang dan awak itu menabrak gunung es. Dua setengah jam kemudian kapal tenggelam ke dalam Samudera Atlantik Utara pada pukul 2:20 pagi.

Dari tragedi tersebut, lebih dari 1.500 orang tenggelam dalam kapal yang tenggelam. Beberapa dari mereka mati beku di air es Atlantik Utara dan sekitar 700 orang (wanita kelas atas dan anak-anak) selamat.

Sayangnya kapal mewah raksasa itu tidak dilengkapi dengan lebih banyak sekoci dan prosedur darurat yang baik sehingga korban tragedi tersebut lebih dari setengah penumpang dan awak kapal.

Tragedi itu menjadi populer kembali beberapa tahun kemudian setelah James Cameron menyutradarai film berjudul Titanic pada tahun 1997.

Film yang terinspirasi dari tragedi kapal titanic ini adalah cerita fiksi tentang anggota kelas sosial yang berbeda yang bertemu di kapal itu dan jatuh cinta. Itu adalah film terbaik pada tahun itu dan masih dikenang oleh banyak orang di seluruh dunia hingga sekarang.

5. Contoh Recount Text tentang Liburan

Contoh Recount Text
source image: pantainesia.com

Orientasi

Last year, at the end of the year, my wife and I decided to spend our holiday at Tanjung Setia beach, which located around 234 kilometers from Bandarlampung.

Event

When we arrived at the beach, we were surprised to see the beautiful view of the beach. After having a quick dip in the ocean, which was really cold and windy, we realized that there were not many people there.

We thought that it happened because it was too windy there during that time but we finally realized that it was Christmas holiday so almost all of tourists who are used to spending time there went back to their country.

After spending few times swimming in the beach, we bought some hot chips at the takeaway store nearby, and we rode our bikes down the beach for a while, on the hard, damp part of the sand. The next day we visited Labuan Jukung beach. There, we were amazed to see the high wave owned by this beach. Because it was so high that no body was brave enough to surf on it that time.

Reorientation

The third day there, we decided to go home when we finally made it back home, we were both totally exhausted because of the trip but we were so happy to travel such an amazing beach Lampung province has.

Terjemahan:

Tahun lalu, di penghujung tahun, saya dan istri memutuskan untuk menghabiskan liburan di pantai Tanjung Setia yang jaraknya sekitar 234 kilometer dari Bandarlampung.

Ketika kami sampai di pantai, kami terkejut melihat pemandangan pantai yang indah. Setelah berenang sebentar di lautan, yang sangat dingin dan berangin, kami menyadari bahwa tidak banyak orang di sana.

Kami mengira hal itu terjadi karena di sana terlalu berangin pada waktu itu tetapi akhirnya kami menyadari bahwa itu adalah liburan natal sehingga hampir semua turis yang terbiasa menghabiskan waktu di sana kembali ke negara mereka.

Setelah menghabiskan beberapa kali berenang di pantai, kami membeli beberapa keripik panas di toko makanan bawa pulang terdekat, dan kami mengendarai sepeda menyusuri pantai sebentar, di bagian pasir yang keras dan lembap. Keesokan harinya kami mengunjungi pantai Labuan Jukung. Disana, kami terkesima melihat tingginya ombak yang dimiliki pantai ini. Karena saking tingginya sehingga tidak ada orang yang berani berselancar di atasnya saat itu.

Hari ketiga disana, kami memutuskan untuk pulang ketika akhirnya kami berhasil kembali ke rumah, kami berdua benar-benar kelelahan karena perjalanan itu tetapi kami sangat senang dapat bepergian ke pantai yang menakjubkan yang dimiliki provinsi lampung.

6. Contoh Recount Text tentang Menjadi Juara

Contoh Recount Text
source image: debrown.com.ar

Orientasi

Last year was the best experience I’ve ever got. I was the first winner of singing competition.

Event

I love singing since I was kid. I practiced so hard before I the D-day. My parents were really supportive. They helped me to practice and prepared healthy food for me. They also gave me motivation to believe in myself.

Reorientation

That’s why winning singing competition meant so much to me.

Terjemahan:

Tahun lalu, aku mendapat pengalam terbaik yang pernah aku dapat. Aku menjadi pemenang di kompetisi menyanyi.

Aku hobi menyanyi dari aku kecil. Aku berlatih sangat keras sebelum perlombaan. Orang tuaku sangat mendukungku. Mereka membantuku berlatih dan menyiapkan makanan sehat. Mereka juga memberi motivasi untuk percaya diri.

Itulah mengapa memenangkan lomba menyanyi sangat berarti untukku.

7. Contoh Recount Text tentang Hari Minggu

Contoh Recount Text
source image: loop.co.id

I had a terrible day yesterday.

First, I woke up an hour late because my alarm clock didn’t go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I got dressed so quickly that I forgot to wear socks.

Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn’t have enough money.

Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday!

I hope I never have a day as the one I had yesterday.

Terjemahan:

Saya mengalami hari yang buruk kemarin.

Pertama, saya bangun terlambat satu jam karena jam alarm saya tidak berbunyi. Kemudian, saya terburu-buru sampai tangan saya terbakar ketika sedang membuat sarapan. Setelah sarapan, saya berpakaian sangat cepat sehingga saya lupa memakai kaus kaki.

Selanjutnya, saya berlari keluar rumah mencoba naik bus jam 9:30, tetapi tentu saja saya ketinggalan. Saya ingin naik taksi, tetapi saya tidak punya cukup uang.

Akhirnya, saya berjalan sejauh tiga mil ke sekolah saya hanya untuk menemukan bahwa itu hari Minggu!

Saya harap saya tidak pernah mengalami hari seperti yang saya alami kemarin.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh recount text singkat dan terbaik saat ini. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi: kampunginggris.id | britishcourse.com | ef.co.id | freeenglishcourse.info

COMMENTS

BLOGGER: 6

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Recount Text Singkat & Terbaik
7 Contoh Recount Text Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4pc3oK-hk1pxTZ-t1pr_okJL5uO93LyMu8i0I9q4hXVBggrt2U8lTyjDZOhGcS0DOiU-tIg0A4UIRwZTzY__xmuIvfeYv6zG5ccmaq3x3qzu4dHxmh85Kx-n289mK-CoMhW0TeWL3EHk/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4pc3oK-hk1pxTZ-t1pr_okJL5uO93LyMu8i0I9q4hXVBggrt2U8lTyjDZOhGcS0DOiU-tIg0A4UIRwZTzY__xmuIvfeYv6zG5ccmaq3x3qzu4dHxmh85Kx-n289mK-CoMhW0TeWL3EHk/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/09/7-contoh-recount-text-singkat-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/09/7-contoh-recount-text-singkat-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content