10 Contoh Teks Tanggapan Kritis Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Tanggapan Kritis - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks tanggapan kritis singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks tanggapan kritis.

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi kritikan terhadap masalah atau persoalan. Hal tersebut sering terjadi jika ada debat, misalnya ifan mengkritik sigit karena apa yang disampaikan kurang cocok. Hal tersebut bisa juga disebut analisa pendapat.

Kita harus bisa menerima semua tanggapan yang diberikan orang lain. Karena biasanya setiap tanggapan tersebut ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Baca Juga: 7 Contoh Recount Text Singkat & Terbaik

Ciri- Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri teks tanggapan kritis ini akan membantu mengidentifikasi apakah teks tersebut adalah jawaban kritis atau tidak.
  1. Teks ini berisi jawaban mengenai adanya fenomena yang muncul, disertai sebuah alasan dan fakta.
  2. Memiliki 3 struktur teks, yakni evaluasi, deskripsi teks dan penegasan ulang
  3. Berisi adanya sebuah aturan dalam bahasa.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

  • Evaluasi
Bagian ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks
  • Deskripsi Teks
Bagian ini akan memuat informasi mengenai data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung dan melemahkan pernyataan.
  • Penegasan Ulang
Ini merupakan bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang mengenai apa yang telah disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  1. Konjungsi adalah kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan struktur
  2. Pilihan kata juga harus sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis
  3. Memiliki kalimat kompleks yang lebih dari 2 struktur atau 2 verba
  4. Menggunakan kata rujukan untuk memperkuat pernyataan dengan tegas.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Covid 19

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: detik.com

Evaluasi

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.  Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia.

Deskripsi Teks

Salah satu negara yang terjangkit virus covid 19 adalah Indonesia. Kehadiran virus corona di Indonesia memang disayangkan. Di satu sisi, pemerintah terkesan tidak siap dengan wabah ini. Sementara di sisi lain, kita mau tidak mau harus menghadapi dampak dari wabah ini.

Covid 19 seharusnya dapat dihindari penularannya lebih lanjut jika saja semua pihak bekerja sama dengan baik. Tugas ini tidak hanya milik pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat dan swasta. Tanpa kerjasama yang kuat, virus ini tidak akan bisa diselesaikan.

Penegasan Ulang

Untuk itu, sudah seharusnya semua elemen bangsa bekerjasama. Hanya dengan cara ini, virus covid 19 ini bisa dituntaskan secepat mungkin.

2. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kamar Mandi Sekolah

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: breedie.com

Evaluasi

Kamar mandi sekolah adalah tempat untuk membuang air kecil atau besar. Kotor, jorok dan tidak terawat. Itulah sebuah gambaran tentang toilet yang ada di sekolah SD ..., terutama toilet laki-laki. Ini dikarenakan di sekolah tersebut kurang dalam menjaga kebersihan, terutama untuk toilet siswa.

Deskripsi Teks

Pihak sekolah sudah berulang kali memberi tahu apabila habis buang air kecil atau besar di siram. Namun, banyak siswa yang belum mempunyai kesadaran untuk melakukan hal tersebut. Apabila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berdampak negatif karena dapat mengganggu kelas-kelas disekitarnya.

Sebagian berpendapat untuk membersihkan dan memperindah toilet di sekolah. Namun, ada beberapa wali murid dan guru tidak setuju, karena hal tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada juga yang setuju dengan pendapat tersebut karena toilet menjadi bersih dan sekolah menjadi lebih indah dan sehat.

Penegasan Ulang

Kamar Mandi Sekolah yang bersih dan merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan dan kesehatan di sekolah. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan sekolah dengan cara habis buang air kecil atau besar di siram.

3. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: okezone.com

Evaluasi

Internet merupakan salah satu media yang digunakan untuk mencari informasi tentang segala hal. Di kalangan pelajar, internet sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari informasi megenai pelajaran, juga memudahkan pelajar untuk mengerjakan tugas.

Deskripsi Teks

Penggunaan internet memiliki dampak positif bagi kalangan pelajar. Pertama, meringankan pelajar untuk mengerjakan tugas. Kedua, mendapatkan informasi dengan mudah. Ketiga, dapat menggali pengetahuan lebih dalam. Keempat, sebagai sarana hiburan agar pelajar tidak mengalami kejenuhan.

Di sisi lain, internet juga mempunyai dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar. Pertama, internet terkadang membuat pelajar lupa waktu. Kedua, banyak sekali situs dewasa yang mudah diakses. Ketiga, internet dapat membuat ketagihan penggunanya. Keempat, berakibat buruk pada kesehatan, terutama mata.

Penegasan Ulang

Oleh karena itu, penggunaan internet perlu pengawasan orang tua agar pelajar tidak terjerumus ke dalam hal negatif. Serta tidak melupakan internet untuk menunjang pelajar dalam mencari informasi terkait tugas di sekolah.

4. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sekolah

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: educenter.id

Evaluasi

Untuk kamu yang baru saja lulus SMP, mungkin akan mengalami kegalauan dalam memilih sekolah lanjutan, antara SMK atau SMA. Setiap pilihan tentu ada konsekuensinya. Menentukan pendidikan setelah SMP tentu harus berdasarkan beberapa faktor yang cukup penting.

Deskripsi Teks

Melanjutkan ke SMA tentu memudahkan kamu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal tersebut juga di sesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika SMA. Misalnya ketika SMA kamu mengambil jurusan IPA, maka pilihan perguruan tinggi berkaitan dengan ilmu sains.

Sementara untuk SMK, setelah lulus kamu bisa langsung bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Ketika pelajaran, di SMA lebih menekankan pada teori, sedangkan untuk SMK lebih fokus pada kegiatan praktik dibandingkan teori.

Lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, namun jurusan yang bisa dipilih cukup terbatas dan disesuaikan dengan bidang yang diambil sewaktu SMK. Dalam dunia pekerjaan, lulusan SMK akan lebih mudah mendapat kerja, karena ketika sekolah lebih fokus ke praktik. Sedangkan SMA cukup kesulitan, karena jurusannya yang bersifat umum.

Penegasan Ulang

Dari beberapa pertimbangan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa lulusan SMK bisa langsung bekerja, namun juga dapat kuliah. Jika ingin kuliah, jurusan yang bisa diambil terbatas dan biasanya disesuaikan dengan jurusan sewaktu SMK. Sedangkan lulusan SMA, dapat memilih jurusan kuliah yang cakupannya lebih luas, asalkan sesuai dengan jurusan sewaktu SMA.

5. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Olahraga

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Evaluasi

Banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga, karena olahraga menjadi sumber kesehatan manusia. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan saat ini, seperti jogging, bermain bola, bersepeda dan sebagainya.

Deskripsi Teks

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang cukup digemari sebagian orang. Olahraga ini memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membantu terhindar dari berbagai penyakit, seperti membantu pencegahan hipertensi, mengurangi penyakit stroke, mencegah kanker, mengurangi kegelisahan dan sebagainya.

Tetapi olahraga juga dapat menimbulkan efek negatif apabila dilakukan secara berlebihan seperti, menyebabkan gagal jantung, menyebabkan cidera, gangguan menstruasi pada wanita, sulit tidur, melemahnya sistem kekebalan tubuh dan depresi.

Penegasan Ulang

Dari penjelasan diatas, kita bisa menjaga kesehatan salah satunya dengan berolahraga. Namun, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena akan menyebabkan hal buruk pada tubuh. Lakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing, sehingga kita bisa menjadi sehat dan bugar untuk melakukan berbagai aktivitas yang lainnya.

6. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Bullying

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: whatsup.co.nz

Evaluasi

Bullying merupakan suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang atau berpotensi untuk terulang, dan melibatkan ketidakseimbangan kekuatan dan/atau kekuasaan. Perilaku ini dapat bermacam-macam bentuknya, mulai dari penghinaan verbal, kekerasan fisik, pemerasan, intimidasi, dikriminasi SARA  hingga cyber bullying. Semua itu dapat terjadi kapanpun dan dimanapun.

Deskripsi Teks

Perilaku Bullying dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: kuranganya rasa mengahargai antar sesama, lingkungan yang buruk, kurangnya perhatian dari berbagai pihak, dan sebagainya.

Anak-anak dan remaja yang menjadi pelaku bullying tidak menyadari bahwa dirinya telah melanggar HAM orang lain. Bagi mereka, bullying hanyalah suatu bercandaan dan merupakan suatu hal yang wajar, sehingga mereka berbuat semena-mena.

Dampak negatif dari perilaku bullying sangatlah banyak. Anak dapat mengalami  depresi yang berkepanjangan, trauma, hilangnya percaya diri, dan sebagainya. Namun, dampak-dampak tersebut janganlah dianggap remeh, karena dampak tersebut dapat memiliki efek jangka panjang.

Jika kita menganalisis dari sudut pandang Pancasila, perilaku bullying bertentangan dengan sila Pancasila ke-2 yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Perilaku ini tentu lah sangat tidak manusiawi dan tidak beradab karena pelaku telah merendahkan dan memberi label yang buruk terhadap korban.

Penegasan Ulang

Untuk itu kita semua harus ikut serta dalam menolak suatu pelanggaran HAM yaitu bullying terhadap anak dan remaja. Bersama-sama ayo kita dukung masa depan generasi muda yang terbebas dari perilaku bullying. Marilah kita meresapi makna Pancasila dan mengaplikasikannya dalam hidup kita. Tidak hanya itu, marilah kita menanamkan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dalam diri kita dan saling menghargai hak asasi manusia yang kita miliki.

7. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: techno.id

Evaluasi

Selfie menjadi hobi yang cukup populer seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Bahkan kini perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang produksi smartphone semakin gencar dalam menunjukkan keunggulannya pada fitur selfie.

Deskripsi Teks

Banyak masyarakat beranggapan selfie dapat membuat seseorang menjadi semangat, misalnya ketika sedang galau selfie menjadi salah satu hal yang membuat kita semangat.

Pendapat tersebut memang ada benarnya, namun banyak juga yang beranggapan bahwa selfie memiliki sisi negatif, terutama untuk ajaran agama islam. Banyak dari remaja yang melakukan selfie tanpa menggunakan hijab dan memperlihatkan auratnya.

Foto selfie tersebut tentu akan menarik perhatian banyak orang untuk mengetahui lebih dalam tentang dirinya. Hal tersebut tentu akan mengundang terjadinya pelecehan seksual dan mencemarkan nama baiknya di media sosial. Selfie juga sangat berbahaya apabila dilakukan ditempat yang kurang aman, seperti selfie di atap gedung, ketika berkendara, ketika berjalan dan lainnya.

Penegasan Ulang

Untuk itu masyarakat seharusnya lebih bijak ketika selfie. Jangan berlebihan dan melanggar aturan-aturan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

8. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: dara.co.id

Evaluasi

Narkoba merupakan salah satu obat terlarang yang dapat membuat pemakainya ketagihan. Narkoba juga dapat mengancam hidup pengunanya, terutama generasi muda. Untuk itu bagi para penggunanya diharapkan mendapatkan hukuman yang sepantasnya, terutama bagi pengedar narkoba.

Deskripsi Teks

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa hukuman mati akan diberlakukan bagi para pengguna narkotika. Namun hal tersebut masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Hal ini diperkuat dengan adanya isu rencana Presiden Indonesia untuk menghukum mati narapidana warga asing yang terlibat narkoba. Eksekusi mati untuk pengguna narkoba sampai saat ini masih menuai pro dan kontra, karena masih menjadi perdebatan apakah eksekusi tersebut merupakan hukuman yang manusiawi atau tidak.

Sebagian mendukung pilihan ini untuk menghentikan tindakan pengguna narkoba yang merugikan orang lain, seperti meninggikan angka kecelakaan akibat halusinasi yang menggangunya.

Penegasan Ulang

Berdasarkan perdebatan tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa eksekusi mati bagi pelaku kasus narkoba dapat ditetapkan jika kasus narkoba mencapai angka darurat dan mengancam dapat merusak generasi muda dan hak hidup masyarakat Indonesia.

9. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang UNBK

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: radarpekalongan.co.id

Evaluasi

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Deskripsi Teks

Pada saat ini, banyak masyarakat, utamanya siswa dan orang tua yang masih tidak yakin dengan sistem UNBK ini. Ada banyak alasan mengapa UNBK dirasa belum siap untuk diselenggarakan. Alasan yang pertama adalah pengetahuan tentang teknologi yang terbatas, komputer dan internet yang masih belum tersedia di sekolah-sekolah Indonesia. Bahkan, walaupun sudah terdapat komputer namun jumlahnya tidak sebanding dengan siswa yang akan mengikuti ujian nasonal.

Aliran listrik yang padam akan mengganggu jalannya ujian nasional online. Memang, banyaknya komputer tentu memerlukan daya listrik yang lebih besar agar tidak terjadi pemadaman listrik yang justru dapat mengganggu siswa saat menjalankan ujian nasional. Namun sayangnya, tidak semua sekolah memiliki sumber listrik sendiri sehingga mereka tidak dapat menjamin ketersediaan listrik selama ujian berlangsung.

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan adanya UNBK diharapkan mampu menaikkan mutu pendidikan Indonesia di mata dunia. Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK, tingkat kecurangan pada pelaksanaan UNBK adalah nol.

Penegasan Ulang

Pengadaan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer perlu dilakukan demi adanya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, pemerintah juga perlu mengatasi aspek-aspek yang dapat mengganggu jalannya ujian nasional. Sehingga masyarakat tidak perlu takut akan adanya UNBK dan justru mendukung dengan sepenuh hati.

10. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sampah

Contoh Teks Tanggapan Kritis
source image: jabarekspres.com

Evaluasi

Upaya pemerintah untuk mengurangi volume sampah semakin digalakkan. Hal ini terbukti dengan munculnya kebijakan baru yakni memberlakukan kantong plastik berbayar. Selain itu penggunaan kantong plastik juga sudah mulai dibatasi di pasar-pasar modern.

Deskripsi Teks

Pada tanggal 21 Februari 2015 telah resmi diberlakukan bahwa biaya kantong plastik adalah Rp. 200. Hal ini bisa jadi meningkat tiap tahunnya. Agus Supriyanto selaku Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah mengatakan bahwa biaya yang diberlakukan untuk tiap kantong plastik telah didiskusikan dahulu oleh pemerintah.

Sedangkan, menurut Agoes Soegianto kebijakan mengenai plastik berbayar belum tepat. Pasalnya cara paling efektif untuk mengurangi sampah plastik adalah memperbaiki proses pengolahannya. Cara ini bisa dilakukan dengan memisahkan sampah plastik dengan sampah organik. Hal ini juga harus menjadi tanggung jawab pemerintah yang mengurusnya. Cara tersebut dirasa lebih efektif dari pada membebankan biaya pada masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga perlu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik. Dan diberlakukannya kantong plastik berbayar semata-mata demi kebaikan bersama. Rosan selaku ketua umum kadin Indonesia juga tidak menyetujui adanya penetapan biaya kantong plastik. Hal ini juga perlu adanya komunikasi secara masif kepada masyarakat.

Penegasan Ulang

Meski banyak pro dan kontra mengenai kebijakan tersebut. Banyak pihak yang mengklaim kebijakan kantong plastik berbayar sangat efektif mengurangi volume sampah hingga 70 persen. Adanya sanksi untuk pengusaha pasar yang mengabaikan kebijakan ini juga perlu diberlakukan.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks tanggapan kritis. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

BLOGGER: 10
  1. Halo admin. Saya izin memakai ini untuk keperluan tugas saya. Tetapi saya tidak jadi menguploadnya ke YouTube.

    BalasHapus
  2. Artikel bagus dan bermanfaat kak. Produktif banget ya nulisnya. Semoga bisa istiqomah berbagi kak

    BalasHapus
  3. Terima Kasih ka,karene tugas sekolah saya terbantu...T~T

    BalasHapus
  4. Halo kak, aku izin melihat teks tanggapan untuk tugas ya. Terimakasih 💙

    BalasHapus

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Teks Tanggapan Kritis Terbaik
10 Contoh Teks Tanggapan Kritis Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjI44MblXqUzkCdfKQQAwfy3Buxk8ETqan3_v4APmm3DWVG0r_eWO0cSqTXlB0WdyXpZI2QjnMT4nt3mgQq1caK-0gL41mp847doQlo9q5lz0Femdc0iITVZ0QdIIm_up95I5O6ux0kiR4/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjI44MblXqUzkCdfKQQAwfy3Buxk8ETqan3_v4APmm3DWVG0r_eWO0cSqTXlB0WdyXpZI2QjnMT4nt3mgQq1caK-0gL41mp847doQlo9q5lz0Femdc0iITVZ0QdIIm_up95I5O6ux0kiR4/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/09/10-contoh-teks-tanggapan-kritis-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/09/10-contoh-teks-tanggapan-kritis-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content