6 Struktur Teks Cerpen Terlengkap & Contohnya

Struktur Teks Cerpen
Struktur Teks Cerpen - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai struktur teks cerpen. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai struktur teks cerpen beserta contohnya.

Cerpen atau cerita pedek adalah salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya lewat tulisan yang singkat, pendek, dan langsung pada tujuan dibandingkan karya fiksi lain, seperti novel.

Cerita pendek biasanya mempunyai kata yang kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaman saja. Selain itu, cerpen atau cerita pendek hanya memberikan sebuah kesan tunggal yang demikian serta memusatkan diri pada salah satu tokoh dan hanya satu situasi saja.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

1. KBBI

Menurut KBBI, Cerpen berasal dari dua kata yaitu cerita yang mengandung arti tuturan mengenai bagaimana sesuatu hal terjadi dan relatif pendek berarti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari 10.000 kata yang memberikan sebuah kesan dominan serta memusatkan hanya pada satu tokoh saja dalam cerita pendek tersebut.

2. H. B. Jassin

Menurut pendapat H. B. Jassin, cerpen ialah sebuah cerita yang singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian, serta penyelesaian.

3. Sumardjo dan Saini

Cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa saja terjadi kapanpun serta dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek dan singkat.

Ciri-Ciri Cerpen (Cerita Pendek)

  1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel
  2. Sebuah cerpen memiliki umlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10 ribu) kata
  3. Biasanya isi cerita cerpen berasal dari kehidupan sehari-hari
  4. Tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya, hal ini karena dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja
  5. Tokoh dalam cerpen digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik hingga pada tahap penyelesainnya
  6. Pemakaian kata yang sederhana serta ekonomis dan mudah dikenal pembaca
  7. Kesan yang ditinggalkan dari cerpen tersebut sangat mendalam sehingga pembaca dapat ikut merasakan kisah dari cerita tersebut
  8. Biasanya hanya 1 kejadian saja yang diceritakan
  9. Memiliki alur cerita tunggal dan lurus
  10. Penokohan pada cerpen sangatlah sederhana, tidak mendalam serta singkat

Struktur Teks Cerpen

1. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan atau inti dari cerita pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak ini bersifat opsional (boleh ada atau tidak) atau dalam artian bahwa setiap cerpen tidak terdapat struktur abstrak tersebut.

2. Orientasi


Orientasi berkaitan dengan suasana, waktu, dan berkaitan dengan jalan cerita dari cerpen tersebut.

3. Komplikasi

Struktur teks yang ketiga adalah komplikasi. Komplikasi ini berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat. Pada komplikasinya, biasanya mendapatkan karakter ataupun watak dari berbagai tokoh cerita pendek tersebut, hal ini dikarenaka bagian komplikasi kerumitan mulai bermunculan.

4. Evaluasi

Evaluasi adalah struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks serta sudah mulai mendapatkan penyelesaiannya dari konflik yang telah terjadi.

5. Resolusi

Pada bagian resolusi ini, pengarang mulai mengungkapkan solusi yang sedang dialami tokoh.

6. Koda

Pada bagian koda atau bagian terakhir, terdapat nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari cerita pendek tersebut oleh para pembacanya.

Unsur Intrinsik Cerpen

1. Tema

Tema merupakan sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen. Tema biasanya bisa terlihat secara langsung atau tidak langsung dalam cerita. Untuk itu pembaca harus teliti dan dapat menyimpulkan sendiri atau tersirat.

2. Alur/ Plot

Alur adalah jalan dari sebuah kisah cerita karya sastra. Secara garis besar, alur merupakan urutan tahapan jalannya cerita, antara lain: perkenalan, munculnya konflik, peningkatan konflik, puncak konflik, penurunan konflik, dan penyelesaian.

3. Setting

Setting sangat berkaitan erat dengan latar atau tempat, waktu dan suasana dalam cerita pendek tersebut.

4. Tokoh

Tokoh adalah pelaku yang terlibat dalam cerita tersebut. Setiap tokoh biasanya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dalam sebuah cerita terdapat tokoh baik dan tokoh jahat, serta tokoh pendukung atau tokoh figuran.

5. Penokohan

Penokohan sendiri merupakan pemberian sifat pada tokoh atau pelaku dalam cerita tersebut. Sifat yang diberikan dapat tercermin dalam pikiran, ucapan dan pandangan tokoh terhadap sesuatu hal.

Contoh Cerpen Singkat

1. Trauma

Seorang lelaki masih muda dengan penampilan yang sangat rapi datang ke sebuah kantor. Ia berharap bisa diterima di perusahaan tersebut dan bisa bekerja di sana dengan nyaman. Karena itu, ia mempersiapkan materi dan juga kebutuhan saat wawancara kerja dengan sangat baik. Sesampai di perusahaan.

Ada suara orang mengetuk pintu dari luar.

“Silahkan masuk!” Jawab pak Toni dari dalam ruangan.

“Mohon maaf, apakah pak Toni ada?” Tanya salah seorang pemuda yang memperoleh panggilan interview pekerjaan.

“Enggak, Silahkah keluar!”

“Baiklah.”

“Dimana Pak Toni? Kenapa yang berada di dalam justru OB?” Tanya pemuda tersebut kepada salah seorang petugas yang terdapat di liar ruangan.

“Yang di dalam itu pak Toni. Beliau memang kerap begitu, pura-pura menjadi OB untuk mengetes karyawannya” Jelas petugas tersebut.

“Maksudnya?”

“Berarti kami nggak lolos hari ini. Pak Toni memang seperti itu. Dulunya beliau pernah trama karena materi dengan beberapa karyawannya”.

2. Sedekah

“Bu, maaf hanya segini yang bisa bapak berikan kepada Ibu. Karena dagangan Bapak hanya laku sedikit.” Sembari memberikan uang kepada sang istri untuk kebutuhan rumah tangga.

“Iya pak tidak apa-apa. Yang penting bapak sudah berusaha dan rejeki sudah diatur oleh Tuhan.”

Keesokan harinya, sang suami bekerja dengan membawa barang dagangannya ke pasar. Namun tiba-tiba di tengah perjalanan ia bertemu dengan nenek tua yang kebingungan mencari jalan.

“Ada apa Nek?” Tanya Pak Jokosembari menghampiri sang nenek tua itu.

“Nak, apakah nenek boleh meminta uang? Saya mau pulang tapi tidak punya uang.” Pinta Nenek kepada pak Joko.

“Uangku juga mepet nek. Dagangan nggak laku dari kemarin-kemarin. Bahkan, untuk keluarga makan saja sering kurang. Tapinggak papa. Ustad bilang sekedah bisa melancarkan rizki. Bismillah saja.” Gumamnya di dalam hati.

“Baik nek. Ini ada uang segini untuk naik bis sampai ke tujuan nenek. Biar saya yang antar nenek ke terminal.” Ujarnya sembari mengantarkan nenek tersebut ke terminal.

“Terima kasih banyak nak. Semoga rejekimu lancar.”

“Amin. Terima kasih nek.”

“sesudah mengantar nenek terebut, pak Joko pun kembali pergi ke pasar guna menjajakan barang dagangannya. Sesampai di pasar, tiba-tiba ada yang membeli dagangan pak Joko sampai habis.

“Alhamdulillah. Rejeki seorang hamba memang tidak kemana. Memang sedekah benar-benar bisa melancarkan rizki.” Ujar pak Joko Bersyukur.

Baca Juga:

Itu penjelasan lengkap mengenai cerpen, struktur teks cerpen, dan masih banyak lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

CPNS,52,cpns2019,93,Formasi CPNS,2,honorer,1,Karangan,7,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,77,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,Terbaru,1,
ltr
item
Mautidur.com: 6 Struktur Teks Cerpen Terlengkap & Contohnya
6 Struktur Teks Cerpen Terlengkap & Contohnya
https://1.bp.blogspot.com/--g4notAQDuY/XUk9uQmlqgI/AAAAAAAABDM/7WttjshOeRsK76M9v6q9fOdys8QhPVCCwCLcBGAs/s400/123.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--g4notAQDuY/XUk9uQmlqgI/AAAAAAAABDM/7WttjshOeRsK76M9v6q9fOdys8QhPVCCwCLcBGAs/s72-c/123.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/08/6-struktur-teks-cerpen-terlengkap.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/08/6-struktur-teks-cerpen-terlengkap.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy