Pengertian Program Pengayaan, Sasaran, Tujuan, Prinsip

Daftar Isi [Tampil]

Program Pengayaan - Program pengayaan adalah kegiatan yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi yang berarti peserta didik tersebut tergolong cepat dalam menyelesaikan tugasnya. 

Program pengayaan juga bisa disebut pembelajaran tambahan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik yang memiliki kelebihan dibanding yang lain agar dapat mengoptimalkan perkembangan bakat, minat dan kecakapan.

Sedangkan menurut Prayitno, kegiatan pengayaan adalah suatu bentuk layanan yang diberikan kepada seseorang atau beberapa orang siswa yang cepat dalam belajar. Mereka tersebutlah yang memerlukan tugas-tugas tambahan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam kegiatan pembelajaran sebelumnya,

Jika disimpulkan, kegiatan pengayaan merupakan kegiatan yang diberikan kepada siswa-siswa kelompok cepat sehingga siswa tersebut menjadi lebih kaya keterampilan dan pengetahuannya serta lebih mendalami pelajaran yang dipelajari.

program pengayaan

Tujuan Pengayaan

1. Menambah wawasan peserta didik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan guru dengan cara membaca buku-buku diperpustakan atau sumber belajar lainnya.

2. Agar peserta didik lebih menguasai bahan pelajaran dengan cara peserta didik disuruh membuat ringkasan mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan oleh pengajar, dapat juga mengajari temannya yang belum selesai tugasnya.

3. Memupuk rasa sosial karena peserta didik diminta membantu temannya yang belum selesai tugasnya.

4. Memupuk rasa tanggung jawab kepada peserta didik dengan cara melaporkan informasi yang diperoleh dari membaca buku-buku atau surat kabar maupun sumber informasi lain kepada teman-temannya.

Prinsip-Prinsip Program Pengayaan

  • Siswa menjadi lebih suka kegiatan di luar kelas dibanding kegiatan yang dilakukan di dalam kelas.
  • Kegiatan yang bersifat menemukan hal baru (eksperimen) lebih disukai dibandingkan kegiatan yang bersifat dekriptif.
  • Kegiatan yang banyak meminta siswa untuk bergerak lebih disukai dari pada kegiatan yang hanya dilakukan dengan membaca.
  • Kegiatan yang membutuhkan waktu sedikit lebih disukai dari pada kegiatan yang membutuhkan waktu lama.

Bentuk-bentuk Pelaksanaan Pengayaan

Menurut buku Panduan Penyelenggaraan pembelajaran pengayaan yang disusun oleh Depdiknas(2008), berikut adalah bentuk-bentuk pelaksanaan pengayaan.

1. Belajar secara mandiri, yaitu peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati.

2. Belajar secara kelompok, yaitu peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam sekolah biasa, sambil mengikuti teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai ketuntasannya.

3. Pemadatan kurikulum, yaitu memberikan pembelajaran hanya untuk kompetensi atau materi yang belum diketahui peserta didik, karenanya tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi atau materi baru sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing-masing.

4. Pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan kurikulum dibawah tema besar sehingga peserta didik bisa mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu.

Sasaran Program Pengayaan

Sasaran program pengayaan adalah siswa-siswa yang lebih cepat dari teman-temannya di kelas untuk memperluas keterampilan dan pengetahuannya.

Baca Juga:

Peserta didik yang memiliki prestasi baik perlu mendapatkan pengayaan agar dapat mengembangkan potensi secara maksimal, salah satunya kegiatan pengayaan yaitu memberikan materi tambahan, atau tugas individu yang bertujuan memperluas kompetensi yang telah dicapai. 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Program Pengayaan, Sasaran, Tujuan, Prinsip
Pengertian Program Pengayaan, Sasaran, Tujuan, Prinsip
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjog5b12vGBXWEoHlUl_fock9At6jHugV-DpyL-0AdMPxo5vFRDJdDAE3Yh0BKIuHc0F0c4Xen4eoVnhEZiTLOrFhMbh77zCAcERb3zbO2D-PtJsJE4ez53FY9-35nNZERL58YcrlGhBuEKVtlmMtCbpqZHJqfHPNx4QPGQoZC8O-mxYsX9KMZ8C9g1/w640-h472/14.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjog5b12vGBXWEoHlUl_fock9At6jHugV-DpyL-0AdMPxo5vFRDJdDAE3Yh0BKIuHc0F0c4Xen4eoVnhEZiTLOrFhMbh77zCAcERb3zbO2D-PtJsJE4ez53FY9-35nNZERL58YcrlGhBuEKVtlmMtCbpqZHJqfHPNx4QPGQoZC8O-mxYsX9KMZ8C9g1/s72-w640-c-h472/14.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/02/program-pengayaan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/02/program-pengayaan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content