Best Practice : Pengertian, Ciri-ciri dan Format Penyusunan

Daftar Isi [Tampil]

Apa itu best practice? Best practice berasal dari bahasa Inggris yang artinya praktik terbaik. Best practice digunakan untuk mendeskripsikan atau menguraikan pengalaman terbaik tentang keberhasilan seseorang dalam melakukan tugas profesinya.

Sedangkan menurut Wikipedia, Best practice (praktek terbaik) dapat diartikan sebagai suatu cara yang paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulang yang telah terbukti lancar untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setiap kepala sekolah, guru, dan pengawas tentu memiliki banyak pengalaman dalam mengatasi berbagai permasalahan di lingkup pendidikan ketika menjalankan tugasnya.

Pengalaman tersebut perlu di dokumentasikan dalam bentuk tulisan atau karya yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tulisan tersebut kemudian disusun menjadi laporan best practice dalam format yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, wujud dari best practice adalah laporan mengenai pengalaman terbaik dalam keberhasilan pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan tupoksinya. 

Praktik bagi guru didasarkan pada penguasaan substansi materi dan pedagogik yang teraplikasi pada kegiatan pembelajaran di kelas yang menghasilkan pembelajaran bermakna bagi siswa.

Penting juga bagi guru untuk memeriksa karakteristik siswa, sehingga guru dapat memberikan pelayanan secara optimal sesuai dengan gaya belajarnya.

Berdasarkan hal tersebut, guru harus mendokumentasikan proses mengajarnya, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Hasil dari pencatatan tersebut bisa digunakan sebagai bahan refreksi guru untuk perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan.

Kegiatan guru tersebut dapat menghasilkan praktik pembelajaran yang baik dan bisa digunakan sebagai rujukan dalam mengembangkan kemampuan mengajar guru lainnya.

Karakter utama dari best practice adalah tindakan-tindakan taktis dan praktis dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Misalnya, meningkatkan kedisiplinan warga sekolah melalui penerapan budaya malu, peningkatan kemampuan guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dan mengelola pembelajaran melalui diskusi grub, peningkatan kesadaran warga sekolah dalam memelihara kebersihan lingkungan melalui gerakan pungut sampah, dan sebagainya.

best practice

Tujuan Best Practice

  1. Menyelesaikan masalah pendidikan.
  2. Menciptakan inovasi dan mutu pelayanan 8 standar pendidikan.
  3. Membangun kepekaan dan kemampuan berpikir kritis.
  4. Membangun kemampuan PTK untuk menyusun penyelesaian masalah secara logis dan sistematis.

Karakteristik Best Practice

  • Mampu memberikan sebuah perubahaan/perbedaan, sehingga dikatakan hasilnya luar biasa.
  • Mampu memberikan inspirasi dalam membuat kebijakan.
  • Mampu mengembangkan cara baru yang inovatif dalam mengatasi pemasalahan pendidikan, khususnya pembelajaran.
  • Mampu mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan (tidak sesaat).
  • Cara atau metode yang dilakukan bersifat ekonomis dan efisien.

Format laporan Best Practice

1. Awal

Bagian ini terdiri dari halaman judul, halaman pernyataan keaslian naskah lomba bermaterai, halaman lembar persetujuan dari atasan langsung, kata pengantar, abstrak, daftar tabel, daftar isi, daftar lampiran, dan daftar gambar.

2. Isi

  • Pendahuluan

Bagian ini berisi paparan latar belakang, tujuan, masalah, dan manfaat.

  • Metode pemecahan masalah

Bagian ini berisi paparan teori yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan masalah, dan metode apa yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, dan langkah-langkah rinci dari metode tersebut.

  • Pelaksanaan dan hasil yang dicapai

Bagian ini berisi paparan mengenai pelaksanaan best practice terkait tempat, waktu, dan perangkat yang digunakan ketika best practice dilakukan. Selain itu, berisi hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pemecahan masalah yang telah dilakukan beserta data dan informasi yang mendukung.

3. Akhir

Bagian ini berisi mengenai simpulan, refleksi, dan rekomendasi.

4. Penunjang

Bagian ini berisi daftar pustaka dan lampiran data dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.

Karakteristik Laporan Best Practice

1. Inovatif

Hasil yang dicapai memuat ide kebaruan, bukan jiplakan, dan berkaitan dengan peningkatan kualitas kinerja kepala sekolah yang lebih bermakna, elegan, dan terampil.

2. Inspiratif

Memberikan motivasi dan dorongan dalam melaksanakan tugas pengawas bagi orang lain.

3. Orisinalitas

Bahasan atau topik merupakan ide yang memuat keaslian maupun kreativitas dengan memadukan sejumlah gagasan dan ide-ide baru tanpa mengurangi keaslian sumber utama.

4. Empirik

Menunjukan bukti nyata kinerja berbasis pengalaman, dalam supervisi manajerial dan akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

5. Elaboratif

Kepiawaian seseorang dalam merinci, menguraikan, menghubungkan suatu konsep atau data satu dengan lainnya, sehingga menghasilkan gagasan atau karya baru yang lebih kompleks namun terurai.

6. Aplikatif

Hasil best practice dapat dimanfaatkan, direplikasi, dan dikembangkan di sekolah sendiri maupun sekolah lain.

Baca Juga:

Itulah penjelasan mengenai Best Practice secara lengkap. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Best Practice : Pengertian, Ciri-ciri dan Format Penyusunan
Best Practice : Pengertian, Ciri-ciri dan Format Penyusunan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUIkZb_lkkYhNRLCI5JA0xvIY7l0rQOcL-Fatct4uACOE8gI6Wt-GUO-B_pgTn6B1VLmE7iyuIKcEhkuUwXIC37KMk7HNZynycKI7eIYpTUTL_nT1KPgt7H6DJIRMa3O_zfl0VUriTAaespMxqGaHhXWOTc3W4Qpt9dxXbUlDyRhvAUXUnVYd1Ysoc/w640-h340/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUIkZb_lkkYhNRLCI5JA0xvIY7l0rQOcL-Fatct4uACOE8gI6Wt-GUO-B_pgTn6B1VLmE7iyuIKcEhkuUwXIC37KMk7HNZynycKI7eIYpTUTL_nT1KPgt7H6DJIRMa3O_zfl0VUriTAaespMxqGaHhXWOTc3W4Qpt9dxXbUlDyRhvAUXUnVYd1Ysoc/s72-w640-c-h340/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/02/best-practice.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/02/best-practice.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content