Pengertian Plagiarisme, Jenis-Jenisnya, dan Cara Menghindarinya

Daftar Isi [Tampilkan]

Plagiarisme telah menjadi masalah selama bertahun-tahun, tetapi implikasinya semakin parah seiring kemajuan teknologi. Plagiarisme adalah bentuk pencurian intelektual yang melibatkan penyampaian ide atau kata-kata orang lain sebagai milik Anda, tanpa memberi mereka pujian.

Di blog ini, kita akan membahas apa itu plagiarisme, jenisnya, dan konsekuensi serius yang dapat ditimbulkannya.

pengertian plagiarisme

Apa itu Plagiarisme?

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, plagiarisme menggunakan kata-kata atau ide orang lain tanpa mengakui penulis aslinya. Plagiarisme adalah pelanggaran serius yang tidak boleh dianggap enteng. Dengan munculnya era digital, sekarang lebih mudah untuk menyalin konten tanpa kutipan yang tepat karena semuanya sudah tersedia di situs web.

Apakah disengaja atau tidak, plagiarisme dapat menyebabkan konsekuensi serius di dunia akademik atau profesional. Saat menulis konten apa pun, penting untuk mengatribusikan sumber dengan benar. Ini berarti memberikan kredit pada saat jatuh tempo dan mengutip sumber Anda sesuai dengan konvensi disiplin Anda.

Mengapa Plagiarisme Dianggap Salah?

Plagiarisme dianggap salah karena sifatnya yang tidak etis. Karena menggunakan konten orang lain tanpa izin mereka (atau tanpa memberi mereka kredit) berarti mengambil keuntungan yang tidak semestinya, itu tidak diperbolehkan atau dihargai dalam kapasitas apa pun.

Dalam dunia akademik, plagiarisme tidak disukai karena mengajarkan siswa pendekatan yang tidak bermoral untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Demikian pula, di bidang penulisan profesional, plagiarisme dijauhi karena hampir tidak berguna bagi klien/perusahaan.

Jenis Plagiarisme

Ada berbagai jenis plagiarisme, dan penting untuk menyadarinya sehingga Anda dapat menghindarinya. Beberapa jenis yang umum termasuk:

  • Plagiarisme Langsung

Salah satu bentuknya yang paling jelas adalah plagiarisme langsung. Ini adalah saat seseorang menyalin karya orang lain secara verbatim dalam jumlah besar tanpa ada upaya untuk mengubah atau mengubahnya.

Jenis plagiarisme ini hampir tidak ada manfaatnya bagi pelakunya. Karena dapat dengan mudah dideteksi, itu tidak melayani tujuan apa pun – bahkan yang tidak etis. Tentu saja ada pengecualian untuk materi tertulis secara fisik, yaitu materi yang dicetak di atas kertas.

  • Plagiarisme Mosaik

Plagiarisme mosaik adalah jenis plagiarisme yang melibatkan pengambilan potongan konten dan menjalinnya dengan beberapa teks asli. Tujuan melakukan plagiarisme jenis ini adalah untuk membuatnya agak sulit dideteksi. Karena teks yang dijiplak tidak dalam bentuk dinding teks yang besar, maka tidak mudah terdeteksi.

  • Self-Plagiarisme

Self-plagiarism mengacu pada plagiarisme yang terjadi ketika seorang penulis secara tidak sengaja menyalin kontennya sendiri. Masalah ini biasanya terjadi pada copywriter dan blogger.

  • Plagiarisme yang Tidak Disengaja

Plagiarisme yang tidak disengaja adalah ketika seseorang secara tidak sengaja menjiplak tanpa sengaja. Ini bisa termasuk tidak memahami aturan kutipan yang tepat atau tidak menyadari bahwa karya itu bukan milik Anda. Itu masih dianggap plagiarisme.

Apa Konsekuensi dari Plagiarisme?

Konsekuensi plagiarisme dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan pelanggaran dan institusi tempat terjadinya. Konsekuensi dapat berkisar dari nilai gagal pada tugas hingga dikeluarkan dari lembaga akademik.

Tesis adalah salah satu bagian terpenting dari proyek tahun terakhir. Tesis memberikan semua informasi tentang proyek mulai dari tahap perancangan hingga hasil dan kesimpulan. Bisa dikatakan sebagai bukti usaha seorang siswa. Tanpa tesis, tidak mungkin mendapatkan gelar Anda.

Plagiarisme dalam tesis Anda berarti akan ditolak dan siswa tidak akan bisa mendapatkan gelar mereka. Jadi, Anda dapat melihat bahwa ada beberapa konsekuensi serius dari melakukan plagiarisme.

Namun, semua plagiarisme tidak terjadi karena niat buruk, bisa juga karena ketidaksengajaan. Di bagian selanjutnya, kami akan mengajari Anda cara memeriksa dan menghindari plagiarisme.

Selain tesis, konsekuensi plagiarisme dalam lingkungan profesional juga bermacam-macam. Misalnya, jika seorang copywriter menjiplak konten, mereka dapat dipecat dari pekerjaannya atau menghadapi hukuman. Jika pemilik situs web melakukan plagiarisme, mereka dapat mengalami masalah dengan peringkat SEO, dll.

Bagaimana Menangani Plagiarisme?

Plagiarisme harus dihindari dengan hati-hati dalam semua jenis pekerjaan, dan berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda melakukannya.

Kutip Sumber Anda

Cara terbaik untuk menangani plagiarisme adalah mengutip sumber Anda dengan benar. Ini berarti menyertakan daftar sumber di akhir makalah atau esai Anda dan menyertakan kutipan dalam teks di seluruh pekerjaan Anda. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda memberikan penghargaan kepada penulis asli atas karya mereka.

Ada berbagai gaya dan format kutipan, beberapa di antaranya meliputi:

  • Chicago/ Turabian
  • APA
  • Harvard
  • MLA

Berikut adalah contoh tampilan kutipan:

Gaya Chicago/ Turabian:

Encarnação, João, dan Gonçalo Calado. 2018. "Pengaruh Penyelaman Rekreasi pada Tahap Kolonisasi Awal Terumbu Buatan di Atlantik Timur Laut." Jurnal Konservasi Pesisir 22, no. 6 (Desember): 1209–1216. https://www.jstor.org/stable/45380397.

gaya APA:

Wagemann, J. & Weger, U. (2021). Mempersepsikan diri lain: Akun orang pertama eksperimental interaksi sosial nonverbal. Jurnal Psikologi Amerika, 134(4), 441–461. https://doi.org/10.5406/amerjpsyc.134.4.0441.

Gaya Harvard:

Hoffmann, M. (2016) 'Bagaimana nilai informasi? Bukti dari eksperimen lapangan berbingkai', The Economic Journal, 126(595), hlm. 1884–1911. doi:10.1111/ecoj.12401.

Gaya MLA:

Davidson, Clara. “Membaca di Tempat Tidur bersama Troilus dan Criseyde.” Ulasan Chaucer, vol. 55, tidak. 2, April 2020, hlm. 147–170. https://doi.org/10.5325/chaucerrev.55.2.0147 .

Gunakan Tanda Kutip

Saat mengutip langsung dari sumber lain, penting untuk menggunakan tanda kutip. Ini akan membantu memperjelas bahwa kata-kata tersebut bukan milik Anda dan digunakan dengan izin.

Ada tiga gaya utama mengutip teks:

  1. Kutipan Langsung
  2. Kutipan Tidak Langsung
  3. Kutipan Dalam Kutipan

Mari kita contoh masing-masing satu per satu:

  • Kutipan Langsung:

Kutipan langsung adalah penyebutan langsung sumber dalam teks Anda. Sebagai contoh,

Menurut hukum ketiga Newton , "partikel-partikel mengerahkan gaya yang sama dan berlawanan satu sama lain, sehingga setiap perubahan momentum satu partikel persis seimbang dengan perubahan momentum partikel lain yang sama dan berlawanan."

Di sini kita langsung mengutip hukum Newton.

  • Kutipan Tidak Langsung:

Kutipan tidak langsung adalah penyebutan sumber secara tidak langsung dalam konten Anda dengan mereferensikannya dalam aliran teks Anda. Sebagai contoh, 

Hukum ketiga Newton menyatakan bahwa untuk setiap tindakan di alam, ada reaksi yang sama dan berlawanan.

Di sini kami mengutip hukum Newton dengan merujuknya sebagai sumber.

  • Kutipan dalam Kutipan:

Kutipan dalam kutipan digunakan ketika Anda ingin mengutip teks yang sudah dilampirkan kutipan. Sebagai contoh,

David memberi tahu ibunya, “Tom berkata, 'mari kita jalan-jalan besok.'”

Di sini kami menggabungkan dua kutipan dengan bantuan kutipan.

Gunakan Cek Plagiarisme

Meskipun menggunakan alat cek plagiarisme bukanlah metode untuk menghindari plagiarisme, ini adalah metode yang efektif untuk menemukannya sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan Anda. Siswa yang ingin memeriksa tesis mereka harus mengandalkan metode ini karena metode ini paling dapat diandalkan.

Inilah cara Anda dapat menemukan dan menggunakan pemeriksa plagiarisme yang baik.

1. Memilih Alat

Langkah pertama adalah online dan mencari cek plagiarisme. Ini sangat mudah dilakukan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetik apa pun yang terkait dengan pemeriksaan plagiarisme dan Anda akan mendapatkan banyak hasil yang sebagian besar berupa alat. 

Lihat saja beberapa di antaranya dan gunakan alat apa pun yang paling Anda sukai. Mereka sangat mirip sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk salah.

Jika Anda seorang mahasiswa, kemungkinan besar Anda juga dapat menerima pemeriksa plagiarisme dari institut Anda sendiri, jadi jelajahi opsi itu juga.

Tetapi jika Anda ingin memilih alat Anda sendiri, ada banyak opsi yang tersedia seperti cek plagiarisme oleh Editpad , Prepostseo, dan Turnitin.

Hal yang baik tentang alat ini adalah alat ini bebas digunakan (selain Turnitin) dan menawarkan hasil yang akurat.

2. Memasukkan Tesis/Dokumen Anda ke dalam Alat

Oke, langkah ini sebenarnya tidak semudah kedengarannya. Ada banyak jenis alat dan banyak jenis tesis. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah sebagian besar alat, terutama alat gratis, tidak memungkinkan Anda memeriksa lebih dari 1.000 atau 2.000 kata dalam satu sesi. 

Karena tesis tidak sekecil itu, tesis tidak dapat diperiksa dengan alat seperti itu kecuali jika dipecah menjadi banyak bagian. Tentu saja, dokumen yang lebih kecil tidak menjadi masalah.

Jadi, ada dua cara untuk menangani dokumen besar:

  • Dapatkan pemeriksa plagiarisme premium untuk batas kata yang lebih besar.
  • Periksa tesis Anda dalam bagian kecil 1.000/2.000 kata.

Tak perlu dikatakan, metode kedua sangat memakan waktu dan membosankan. Jadi, lebih baik memilih versi berbayar dari alat gratis.

Sebagian besar alat sejenis ini memiliki opsi untuk mengunggah PDF, atau File Word. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengunggah tesis Anda untuk diperiksa sekaligus.

3. Membaca dengan teliti Laporan Plagiarisme

Setelah Anda memasukkan tesis, alat akan secara otomatis memeriksanya dan menghasilkan laporan. Laporan ini akan memberikan informasi terpenting yang Anda butuhkan.

Dalam laporan plagiarisme tipikal, Anda dapat menemukan informasi berikut:

  • Bagian yang disorot/digarisbawahi yang disalin dari atau serupa dengan konten dari sumber lain;
  • Daftar semua sumber yang ditemukan memiliki konten serupa;
  • Persentase konten unik dan plagiat.

Dengan tiga informasi ini, Anda sekarang dipersenjatai sepenuhnya untuk menghadapi segala macam plagiarisme dalam tesis Anda.

Pada poin pertama, kami menyebutkan beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk pemeriksaan plagiarisme. Berikut tampilan laporan Prepostseo.

cek plagiarisme

Baca Juga: Pengertian Memo, Jenis, Struktur dan Contoh

Kesimpulannya, plagiarisme adalah masalah serius yang dapat menimbulkan konsekuensi serius. Penting untuk mengenali apa yang merupakan plagiarisme dan mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.

Penting untuk menggunakan sumber daya dengan benar dan mengutip sumber dengan tepat saat menulis. Dengan memahami apa itu plagiarisme dan bagaimana penanganannya, Anda dapat memastikan bahwa karya Anda diatribusikan dengan benar dan Anda terhindar dari masalah terkait plagiarisme.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,103,CPNS,52,cpns2019,91,cv,5,Download File,1,Formasi CPNS,2,games,4,honorer,1,juknis,9,jurnal,2,Kalender,61,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,15,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,96,pengertian,24,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,surat,13,template,3,template ppt,11,Terbaru,1,tips,6,
ltr
item
Info Pendidikan: Pengertian Plagiarisme, Jenis-Jenisnya, dan Cara Menghindarinya
Pengertian Plagiarisme, Jenis-Jenisnya, dan Cara Menghindarinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuWUtSVRG5gkIe2wrFPQaxZ0x1JXxdaWfsIMvK5L3mu-hBvhGmVlNICQwNc41e18nOWDqLz3-1rWICpgPqVlwKK0vvQUunDDS3NvwyaGrowI_rrxsNLQ2F37IjbBnDlr9yFbcEo37Lzm8UIUXDugYUt8Gs17Fpvy0FBUTKQ9wK7NKInCHXX5xRH04W/w640-h346/2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuWUtSVRG5gkIe2wrFPQaxZ0x1JXxdaWfsIMvK5L3mu-hBvhGmVlNICQwNc41e18nOWDqLz3-1rWICpgPqVlwKK0vvQUunDDS3NvwyaGrowI_rrxsNLQ2F37IjbBnDlr9yFbcEo37Lzm8UIUXDugYUt8Gs17Fpvy0FBUTKQ9wK7NKInCHXX5xRH04W/s72-w640-c-h346/2.jpg
Info Pendidikan
https://www.mautidur.com/2023/01/pengertian-plagiarisme.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/01/pengertian-plagiarisme.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content