Pengertian Memo, Jenis, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

Memo - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai memo. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Memo

Memo merupakan tulisan singkat, jelas dan padat yang ditunjukan kepada seseorang bersifat informal. Umumnya penulisannya tidak lebih dari 10 baris, untuk penulisannya dapat ditulis tangan atau pun diketik.

Dalam penggunaannya, jenis memo ada yang bersifat resmi dan tidak resmi. Memo resmi dibuat sebagai surat pernyataan hubungan resmi dari pimpinan terhadap bawahannya dan juga sebaliknya. Sedangkan memo tidak resmi biasanya digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar saudara, teman atau orang lain yang memiliki hubungan dekat.

pengertian memo

Ciri-ciri Memo

Memo memiliki beberapa ciri yang perlu kamu ketahui, berikut adalah ciri-ciri dari memo, yaitu:

  • Hendaklah lengkap dengan nomor rujukan, perkara, tanda tangan dan sebagainya.
  • Informasi yang akan dikirim harus jelas dan relevan.
  • Berbeda dengan surat resmi karena kurang formal dan ringkas, dan memiliki catatan salinannya.
  • Secara umum, fungsi-fungsi yang disertakan saat menulis surat resmi juga dapat digunakan saat menulis memo.
  • Memo juga tidak terikat dengan sesuatu bentuk seperti surat resmi.

Tujuan Memo

Memo memiliki tujuan untuk meminta atau memberikan informasi atau instruksi kepada orang yang berkaitan. Tujuannya untuk mengetahui dengan mudah dan jelas tentang isi dan tujuan surat tersebut.

Fungsi Memo

Memo berfungsi untuk mengingat, menyorot suatu masalah apapun didalam suatu instansi. Isi memo tersebut dapat berupa instruksi, permintaan, pesan, saran, pemberitahuan dan aktivitas tertentu.

Jenis-jenis Memo

Memo terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yakni:

1. Memo Resmi

Memo resmi seringnya digunakan sebagai pernyataan dalam hubungan resmi dari pemimpin kepada bawahannya. Contohnya seperti surat permohonan dari atasan ke bawahan atau sebaliknya yang bersifat resmi.

2. Memo Tidak Resmi

Memo tidak resmi seringnya digunakan sebagai catatan atau pernyataan tidak resmi antara saudara, teman atau orang yang memiliki hubungan dekat.

Struktur Memo

Memo terdiri dari beberapa bagian, yakni:

1. Kepala Memo

Umumnya berisi nama, alamat dan nama penerima

2. Badan Memo

Bagian ini merupakan isi dari memo.

3. Kaki Memo

Dibagian akhir biasanya berisi nama, tanggal dan paraf pembuat memo.

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat memo

  1. Tulislah dengan ringkas, jangan membuang waktu pembaca
  2. Selalu gunakan kata yang jelas dan mudah dimengerti
  3. Hindari bahasa gaul, gunakanlah bahasa yang formal dan sopan
  4. Selalu akhiri dengan kata-kata yang sopan
  5. Gunakanlah huruf kapital untuk memberikan penekanan pada detail yang penting
  6. Baca dan cek kembali sebelum mengirimnya 

Contoh Memo yang Baik dan Benar

1. Contoh Memo Resmi

pengertian memo

PT MALAM JAYA ABADI

Jalan Ciledug Raya No. 13 Tangerang

Kepada : Seluruh Pegawai PT. Malam Jaya Abadi

Dari      : Deni Susanto, Direktur Utama PT. Malam Jaya Abadi

Perihal  : Pelatihan Komputer untuk Pegawai

Mengingat pentingnya kemampuan teknologi informasi dan komunikasi terkait pemasaran produk, dimohon untuk seluruh pegawai mengikuti program Pelatihan dan Sertifikasi Perangkat Komputer yang akan diadakan pada Rabu 18 Oktober 2022.

Mengetahui,

Deni Susanto

Direktur Utama

2. Contoh Memo Tidak Resmi

pengertian memo

Untuk Denis,

Saya minta tolong dong buat pinjem buku paket Matematika Peminatan Kelas XI di perpustakaan sekolah hari untuk proses belajar menghadapi ujian minggu depan. Mohon maaf banget aku ga bisa masuk kelas hari ini karena lagi sakit. Terima kasih atas bantuannya.

Rabu, 17 Oktober 2022

Hormat saya,

Alya Nurohman

Baca Juga: Pengertian Esai, Tujuan, Ciri dan Strukturnya

Itulah penjelasan lengkap mengenai memo. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Memo, Jenis, Struktur dan Contoh
Pengertian Memo, Jenis, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjv7f40nbjKcgaQlI6-j6F-ZSQDEZ_thRFWdGSmPe97qa8pPrLbl461pUPG8PuuthE8UgcjPlSpezsbyQdFAej9F6lScC7rgyR73G0SYOSnDDyoiCtMnMGVwwjtaEW6OW8eRjzeeX7tLATeveur-xWhXdayUhd5n4pEC5VK506Exoc6iqJ86QyLoHFh=w640-h392
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjv7f40nbjKcgaQlI6-j6F-ZSQDEZ_thRFWdGSmPe97qa8pPrLbl461pUPG8PuuthE8UgcjPlSpezsbyQdFAej9F6lScC7rgyR73G0SYOSnDDyoiCtMnMGVwwjtaEW6OW8eRjzeeX7tLATeveur-xWhXdayUhd5n4pEC5VK506Exoc6iqJ86QyLoHFh=s72-w640-c-h392
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/03/memo.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/03/memo.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content