19 Contoh Surat Pribadi Lengkap Berbagai Keperluan

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Surat Pribadi - Surat pribadi merupakan jenis surat yang biasanya ditulis secara pribadi dan ditunjukan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang tidak baku.

Surat pribadi dapat ditulis menurut selera masing-masing penulis. Meskipun  begitu, penggunaan bahasa yang sopan tentu harus diperhatikan sesuai latar belakang dan kepada siapa surat tersebut ditunjukan.

Sedangkan surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis kepada suatu pihak dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim.

Surat memiliki berbagai jenis, seperti surat formal dan surat informasi yang dibuat sesuai kebutuhan. Salah satu surat informal yang sering kita temui adalah surat pribadi, umumnya surat pribadi ditulis untuk orang terdekat dan keperluan yang tidak formal.

contoh surat pribadi

Ciri-ciri Surat Pribadi

  1. Tidak dilengkapi dengan kepala surat.
  2. Tidak mempunyai nomor surat.
  3. Salam pembuka dan penutup dalam surat pribadi bersifat non-formal dan santai.
  4. Bahasa yang digunakan tidak terlalu resmi dan cenderung menggunakan bahasa sehari-hari namun santun dan mudah dipahami.
  5. Format penulisan biasanya lebih bebas.
Baca Juga: 12+ Contoh Surat Undangan Lengkap Berbagai Keperluan

Fungsi Surat Pribadi

  • Biasanya digunakan untuk keperluan personal dan sering dipakai untuk mengungkapkan perasaan seseorang.
  • Untuk mewakili penulis surat dapat berkomunikasi dengan pihak lain.
  • Dapat menyampaikan gagasan dan ide secara bebas.
  • Sebagai sarana dalam menyampaikan informasi terbaru.
  • Struktur Surat Pribadi.
  • Tempat dan tanggal penulisan surat, penulis umumnya mencantumkan kota dan tanggal surat yang dibuat penulis.
  • Salam pembuka.
  • Kalimat pembuka yang umumnya berisi sapaan khusus yang sering digunakan kepada penerima surat.
  • Bagian isi berupa pesan atau informasi yang ingin disampaikan penulis.
  • Bagian penutup umumnya ditulis sebagai sapaan akhir untuk menutup surat.
  • Nama pengirim dan tanda tangan.

Contoh Surat Pribadi Lengkap

1. Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

contoh surat pribadi untuk orang tua

Jakarta, 4 Februari 2023

Yang tersayang,

Papa dan Mama

di Tasikmalaya


Assalamualaikum,

Hallo pa ma, bagaimana kabarnya? Denis harap papa dan mama dalam keadaan sehat selalu di Tasikmalaya. Oh iya, Denis sendiri baik-baik saja, luka dibagian kaki akibat jatuh dari motor juga sudah mulai sembuh. Papa dan mama tidak perlu khawatir lagi akan hal tersebut.

Pa ma, Denis janji akan selalu belajar dengan sungguh-sungguh dan lebih semangat lagi. Denis juga janji akan lulus tepat waktu, bahkan jika memungkinkan lulus lebih cepat dibandingkan teman-teman lainnya. Doain Denis supaya bisa menjadi mahasiswi terbaik ya pa ma agar nantinya dapat membuat kalian bangga.

Denis kangen banget dengan keluarga besar di Tasikmalaya. Sekian dulu ya papa dan mama surat dari Denis. Mohon doa dan dukungannya selalu menyertai dari papa dan mama agar Denis diberikan kelancaran untuk proses kuliahnya.

Wassalamualaikum

Salam sayang dari anakmu,


Denis Aulia

2. Contoh Surat Pribadi untuk teman

contoh surat pribadi untuk teman

Bekasi, 12 Maret 2023

Kepada

Sahabatku Farah

di Kuningan


Salam bahagia,

Hai, Farah, bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat ya? Aku di Bekasi juga baik-baik saja. Aku akan akan sedikit menceritakan tentang sekolah baruku. Aku pindah sekolah dari Kuningan ke Bekasi. Di Bekasi aku harus menyesuaikan dengan sekolah dan teman-teman baru. Ketika aku baru pindah, mereka memperlakukan aku dengan sangat baik. Meskipun begitu, aku kangen dan ingat teman-temanku di Kuningan. Terkadang aku juga sedih. Akan tetapi, mau bagaimana lagi? Tugas ibuku mengharuskan kami pindah ke Bekasi.

Farah, Bekasi memang kota yang padat! Banyak gedung megah dan sangat tinggi. Pokoknya mau apa aja disini bisa, asalkan ada uang.

Cuma yang bikin aku kesal, Bekasi itu sangat macet! Lalu lintasnya kacau karena banyak motor dan mobil, sih! Di Bekasi juga banyak pabrik besar. Itulah sebabnya, Bekasi bising dan tinggi polusinya. Udara pun jadi kurang segar, apalagi kalau dibandingkan Kuningan yang masih ASRI.

Yah, begitulah pengalamanku 2 bulan di Bekasi. Akan tetapi, bagaimanapun juga, aku senang-senang saja, sih! Soalnya, di sini fasilitasnya sangat lengkap dan serba ada.

Farah, sudah dulu ya. Mudah-mudahan kamu tidak bosan membaca ocehanku ini. Kalau sempat, balas ya. Ceritakanlah pengalamanmu bersama teman-teman. Oh iya, titip salam untuk teman-teman dan keluargamu ya.

Sehabatmu,


Els Dhinda

3. Contoh Surat Pribadi singkat

Karawang, 17 Januari 2023

Kepada

Kakakku Fitriyani

di Surabaya


Assalamualaikum wr. wb.,

Kak Fitri, semoga kak fitri di Surabaya dalam keadaan sehat walafiat. Sebelumnya, ade minta maaf karena hampir tiga bulan belum mengirim kabar. Semoga surat ini dapat mengobati rasa kangen ade kepada kakaku tersayang.

Kak fitri, bulan depan ade sudah mulai libur perkuliahan dan berencana untuk liburan. Ade ingin mengajak kakak dan orang tua untuk liburan bareng di Bali. Kita sekeluarga nanti berangkatnya dari Surabaya aja, nanti kalau udah mulai libur, ade langsung pulang ke Surabaya dulu. Bagaimana menurutmu, kak? apakah kak fitri punya usul? mungkin liburan selain ke Bali atau ke tempat wisata yang lain? Jika punya usul, kak fitri bisa membalas surat ini. Keputusan kak Fitri ditunggu secepatnya. Kabarin juga Ayah dan Ibu tentang liburan yang akan kita lakukan.

Adik tunggu ya kabar baik dari Kak Fitri, okey?

Wassalamualaikum wr.wb

Adikmu


Rara Anggraini

4. Contoh Surat Pribadi untuk Bibi

Tangerang, 16 Juni 2023

Yth. Bibi Maya

di Yogyakarta


Salam sejahtera,

Semoga rahmat Tuhan menyertai Bibi sekeluarga di Yogyakarta. Bagaimana keadaan bibi dan keluarga? Tentu baik-baik saja seperti halnya keadaan keluarga kami di Tangerang.

Barangkali Bibi terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Begini Bibi, besok tanggal 24 Juli 2023, Joko akan berencana berlibur ke rumah Bibi. Sudah lama Joko tidak main ke Yogyakarta. Joko juga kangen dengan Eldi dan Siska. Bagaimana mereka sekarang, Bibi? apakah mereka tambah bandel? atau tambah cengeng? Wah, rasanya joko ingin cepat liburan perkuliahan ke rumah Bibi. Kalau sudah di Yogyakarta, Joko diajak jalan-jalan ya, Bibi? Ke mana aja deh, yang penting bisa pergi bersama Eldi dan Siska.

Bibi, sekian dulu surat dari Joko. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bibi, Joko minta maaf.

Hormat saya,


Joko Anulir

5. Contoh Surat Pribadi untuk Nenek

Contoh Surat Pribadi untuk Nenek

Subang, 17 Mei 2023

Kepada

Nenekku Tersayang

di Bekasi


Assalamualaikum wr.wb

Hallo nek, ini sigit anaknya bu Fitri. Bagaimana kabar nenek dan kakek disana? Sigit kangen dengan nenek dan kakek yang sudah membesarkan sigit ketika SMA. Sigit harap nenek dan kakek dalam keadaan sehat ya. Maaf sigit baru sempat menuliskan surat untuk nenek. Saat ini sigit sudah bekerja di perusahaan telekomunikasi di Subang. Disini sigit tinggal di daerah perkotaannya. Suasananya sangat nyaman.

Sebenarnya Sigit sangat kesepian disini. Nenek tahu sendiri kalau Sigit tidak pandai bergaul. Tapi nenek dan kakek tidak perlu khawatir karena Sigit punya beberapa teman juga kok meski tidak banyak.

Sigit rencananya akhir tahun ini ingin berlibur ke Bekasi dan bertemu nenek dan kakek ketika libur kerja. Sigit tidak sabar untuk bertemu nenek dan kakek. Sampai waktunya tiba, nenek dan kakek tolong jaga kesehatan. 

Sigit akan lebih sering lagi menulis surat untuk Nenek dan Kakek. Kapan-kapan Sigit juga telepon atau video call jika rasa kangen ini tidak bisa dibendung.

Wassalamualaikum wr.wb

Cucu kesayangan


Sigit Nurohman

6. Contoh Surat Pribadi untuk teman sekelas

Bogor, 3 Maret 2023

Sahabatku Maya

di Bandung


Halo, apa kabar, Maya? Bagaimana keadaan di Bandung, lagi musim hujan apa panas, nih? Mudah-mudahan kamu baik-baik saja, ya. Aku pun di Bogor baik-baik saja. Maya, aku punya cerita lucu, nih! Aku jamin kamu pasti ketawa, deh! Begini ceritanya. Kejadiannya di sekolah. Waktu pelajaran Bahasa Indonesia, tiba-tiba perutku sakit. Ya, aku langsung minta izin ke WC.

Setelah selesai, perutku terasa lega, tidak mules lagi. Aku bersiap kembali ke kelas. Akan tetapi, pintu WC tiba-tiba tidak bisa terbuka. Wah, aku terkunci di WC dong! Duh maya, aku panik! Lalu, pintu kugedor-gedor dari dalam. Tidak ada satu pun yang mendengar.

Aku mau teriak minta tolong, tapi malu. Akhirnya aku tunggu aja, siapa tahu ada yang ke WC juga. Perasaanku saat itu campuraduk! Takut, malu... Tetapi Alhamdulillah, beberapa menit kemudian, ada yang datang.

Akhirnya, ada teman yang membukakan pintu itu. Duh, lega rasanya, May! Padahal, aku sudah hampir putus asa lo! Yah, begitulah ceritanya May. Bagaimana lucu tidak? pastinya lucu dong May?

Nah, Maya, sekian dulu, ya, ceritaku. Jangan lupa dibalas suratku ini. Barangkali kamu punya pengalaman menarik atau lucu yang mau dibagikan. Jangan lupa ceritakan padaku ya? Aku tunggu cerita lucumu.

Sahabatmu


Anisa Azizah

7. Contoh Surat Pribadi ungkapan perasaan

Contoh Surat Pribadi ungkapan perasaan

Jakarta, 24 Agustus 2023

Dear,

Bela Christin

di Karawang


Maaf apabila surat ini membuat tidak nyaman atau mengganggu kamu. Tapi hanya ini yang bisa saya sampaikan dan aku lakukan. Saat pertemuan pertama kita di stasiun Karawang, yang terbayang saat ini hanya wajah kamu, aku melihat kamu dengan senyum manis, suara lembutmu. Ntah kenapa pada pertemuan pertama kita, Aku merasa ada yang hebat masuk ke dalam hatiku, mungkin aku sebut itu 'CINTA'.

Sungguh bahagia bisa bertemu dengan kamu, tertawa bersama, aku merasa nyaman berada di dekat kamu, Aku coba beranikan diri untuk mengungkapkan perasaan ini, Aku sangat mencintai kamu, terserah kamu mau mikir gimana, tapi yang aku harapkan, kita bisa menjalin hubungan yang serius ke depannya, aku berharap kamu membalas cinta aku.

I Love You,


Diki Febriansyah

8. Contoh Surat Pribadi permintaan maaf

Semarang, 4 Februari 2023

Kepada Bapak Yunus Maufa

Wali Kelas XI-C

di Tempat


Dengan surat ini saya Deril Ramadhan, di Kelas XI-C, ingin meminta maaf kepada bapak, karena saya telah beristirahat ketika jam pelajaran, tanpa seizin bapak. Saya sangat menyesal karena telah membuat bapak/ ibu guru marah, saya mohon maaf sebesar – besarnya, dan saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya ketika beristirahat saat jam pelajaran berlangsung, saya mohon bapak guru mau memaafkan kesalahan yang saya perbuat, dan memperbolehkan saya mengikuti pelajaran bapak/ ibu kembali.

Hormat Saya,


Ilyas Mahesa

9. Contoh Surat Pribadi ucapan terima kasih

Contoh Surat Pribadi ucapan terima kasih

Sumedang, 6 Mei 2023

Kepada Yth. Ibu Sulistiati

di SMA Negeri 3

Bandung


Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar Ibu Sulis, masih ingatkah dengan saya? Saya yakin pasti ibu tidak dapat melupakan saya. Bagaimana tidak, saya selalu menyusahkan ibu ketika di sekolah, karena sering berurusan dengan guru BK. Namun, ibu senantiasa dengan sabar menangani masalah saya, ibu memang wali kelas terbaik.

Ibu, saya ingin berterimakasih, atas bimbingan, ilmu, serta ajaran yang ibu berikan kepada saya dan juga teman – teman. Mungkin saat ini saya tidak akan berada di titik ini. Saya ingat betul ketika saya mencurahkan masalah ekonomi yang terjadi pada keluarga saya dan ibu memberikan informasi bantuan untuk anak- anak kurang mampu dari pemerintah.

Saya mengikuti saran Ibu, dan alhamdulillah saya lolos dan masuk dalam daftar anak penerima bantuan. Kemudian ketika akan masuk perkuliahan, Ibu melihat saya tidak ikut mendaftar jalur yang diberikan universitas untuk sekolah.

Saya menjelaskan kepada ibu keinginan saya untuk melanjutkan pendidikan tapi terhalang oleh biaya. Sehingga saat itu, dengan bantuan guru BK pula Ibu memberitahu saya bahwa ada jalur khusus bagi anak- anak kurang mampu untuk bisa tetap kuliah.

Mungkin itu saja yang dapat saya ucapkan melalui surat ini, insya Allah jika diberi kesempatan saya ingin sekali bertemu dengan ibu secara langsung. Terima kasih ibu Sulis. Wassalamualaikum wr.wb

Salam hormat dari muridmu,


Eka Pamudiya

10. Contoh Surat Pribadi selamat hari raya

Tasikmalaya, 31 Desember 2023

Kepada Bapak Sunandar

di Jakarta


Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh

Hallo pak! apa kabar bapak? semoga bapak selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah Swt ya pak. Saya Zidan Abdilah pak murid bapak ketika bapak masih mengajar di SMA Pelita Bangsa. Mungkin bapak lupa dengan wajah saya. Tapi sekedar mengingatkan bapak, saya adalah murid bapak di kelas XI-A yang setiap hari selalu bapak cari karena saya selalu membuat masalah. Entah itu membolos, berkelahi, tidak mengerjakan tugas, tidur di kelas dan masih banyak lagi pak.

Bersamaan dengan tanggal 31 Desember, saya menulis surat ini sekaligus mau mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada bapak semoga di tahun depan bapak dan sekeluarga selalu diberikan nikmat dan selalu dalam lindungan Allah Swt.

Saya ingin sekali bertemu bapak. Sebenarnya lebaran tahun lalu saya sudah ke rumah bapak tetapi kebetulan bapak sedang pergi ke luar kota. Mungkin lebaran tahun depan saya bisa bertemu bapak. Saya saat ini bekerja di Perusahaan Migas di Tasikmalaya. Keberhasilan ini saya capai tidak lepas dari nasehat bapak kepada saya. Sungguh saya ucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak. Saya tidak bisa memberikan apa-apa kepada bapak, saya hanya bisa berdoa kepada tuhan agar bapak selalu dilimpahkan nikmat dan karunianya.

Sekian surat dari saya pak, Saya yakin Allah selalu melindungi orang baik seperti bapak.

Hormat Saya,


Zidan Abdilah

11. Contoh Surat Pribadi selamat ulang tahun

Contoh Surat Pribadi selamat ulang tahun

Aceh, 14 Desember 2023

Untuk Asep

Di Bekasi


Hallo Sep, apa kabar? Pastinya baik-baik saja dong. Sudah lama ya sep kita nggak ketemu semenjak lulus dari kampus. Lo pasti udah lupain gue ya. Hmm, kesel nih gua nggak pernah dapat kabar dari lo.

Oh iya Sep, Selamat Ulang Tahun yang ke dua puluh tiga ya Sep buat lo di hari ini. Maaf banget ya gue masih belum bisa kasih hadiah apa-apa di hari ulang tahun lo. Tapi, gue punya doa spesial banget buat lo nih. Dan gue jamin lo pasti bakalan seneng dengerin doanya.

Semoga lo segera mendapatkan karir yang cemerlang, yang seperti lo impikan dan bayangkan. Lalu semoga lo sukses dan sehat selalu. Terhindar dari segala bahaya.

Sep, gue kangen banget deh sama lo. Kapan-kapan kalau ada waktu senggang main-main ya kesini. Nanti gue jemput di stasiun deh. Terus nanti gantian gue yang main kesana. Sekalian nanti kita merayakan ulang tahun lo. Nggak papa deh meskipun perayaannya terlambat banget.

Mungkin cukup sekian dulu ya sep ucapan dan doa dari gue. Jangan lupa untuk membalas suratnya. Gue tunggu pokoknya loh ya. Kalau nggak lo kirim gua bakalan marah loh. Sudah dulu ya Sep.

Salam Rindu,


Farah Afifah

12. Contoh Surat Pribadi untuk adik tersayang

Semarang, 17 Maret 2023

Untuk Adikku Tersayang, Rizal

Di Yogyakarta


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo dik Rizal, gimana kabarmu dek disana? Aku harap kamu disana baik-baik saja dan dalam keadaan sehat ya dek. Aku juga berdoa semoga adek selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah dek, kabar kami sekeluarga disini baik-baik saja dan sehat semua.

Tetapi tetap saja dek, ada hal yang kurang di rumah ini yaitu kehadiran dari adek. Aku kangen banget nih dek sama kejahilan adek. Kangen ngobrol dan cerita-cerita lagi sama adek. 

Dek, kak Ayu punya kabar baik nih buat adek. Kemarin kan kak Ayu ikutan lomba menulis cerita pendek. Dan, kak Ayu dapat juara dua loh dek. Keren kan dek. Terus kak Ayu juga di kasih piala dan uang tunai 2 juta rupiah. Lumayan lah uangnya untuk beli sepatu sama make up baru.

Oh iya dek. Kak Ayu mau minta doanya nih. Bulan depan kan kak Ayu ada tes buat kerja di PT BUMN. Nah, doakan kak ayu ya dek supaya bisa lolos dan diterima kerja.

Hmm satu lagi nih dek. Ada pesan dari Bapak dan Ibu, katanya adek jangan lupa sholat lima waktunya, terus jangan telat makan ya dek. Adek jangan lupa istirahat ya kalau capek belajar, nanti Adek sakit.

Dek, sepertinya cukup disini saja dulu ya surat dari kak Ayu. Jangan lupa buat balas surat dari kak Ayu ya. Kalau tidak, kakamu ini bakalan marah sama adek. Jaga diri baik-baik ya dek. Kami semuanya bangga dan sayang sama adek.

Kakakmu tersayang,


Ayu Angraini

13. Contoh Surat Pribadi untuk guru

Medan, 16 Juni 2023

Untuk Guruku, Ibu Vina

di Jakarta


Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar Ibu Vina? Saya berharap Ibu selalu diberikan kesehatan dan berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Saya ingin memberitahukan kabar gembira bu. Alhamdulillah, kemarin saya lolos dalam Olimpiade Matematika Nasional dan sekarang saya menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Matematika di Jepang. Akhirnya impian saya bisa terwujud juga bu.

Bu Vina, saya ingin mengucapkan terimakasih yang kepada Ibu karena telah bekerja keras selama ini untuk membimbing saya, sehingga saya bisa sampai di tahap ini. Saya juga minta maaf Bu jika selama bimbingan, saya susah diatur dan susah dinasehati.

Sekarang saya masih belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya, saya akan selalu mendoakan kebaikan untuk Ibu Vina. Semoga ibu diberi sehat selalu, rezekinya lancar, dan dihindarkan dari segala mara bahaya.

Saya punya sedikit hadiah untuk Ibu. Mungkin tidak terlalu mahal. Namun, saya rasa Ibu menyukainya. Saya membelikan Bu Vina mukena dan sajadah yang dikirim bersamaan dengan datangnya surat ini. Semoga Bu Vina suka dengan hadiah yang saya berikan.

Hadiah ini adalah salah satu wujud kecil dari terimakasih saya kepada Ibu. Saya juga ingin meminta doa dan restu dari Ibu supaya saya bisa diberikan kelancaran dan kemudahan untuk mengikuti Olimpiade Matematika di Jepang.

Mungkin cukup sekian surat saya kepada Ibu. Semoga ibu suka dengan hadiah yang saya berikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Salam Dari Murid Bimbingan Matematika,


Indah Putpitasari

14. Contoh Surat Pribadi untuk sahabat

Depok, 4 Februari 2023

Untuk sahabatku Mika

di Kuningan


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo Mika, bagaimana kabarmu di Kuningan? Aku di Depok baik-baik saja. Aku berharap kamu dan orangtuamu di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah sangat lama ya kita tidak berjumpa? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMA 2 Kuningan dan sekarang kita sudah mau lulus Kuliah. 

Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi dan tentunya tambah cantik. Eh, bagaimana keadaanmu di Kuningan? Disana sejuk yaa? Mika, aku ingin mengabari bahwa setelah lulus kuliah aku ingin cari kerja di Kuningan. Sebenarnya cari kerja di kota lebih mudah sih, cuma aku lebih suka suasana di Kuningan yang indah dan udaranya segar. Doakan aku yaa supaya bisa lulus kuliah tepat waktu, dan kita bisa bersama-sama terus. Nanti kita sambung lagi? Sudah dulu ya, Sampaikan salamku untuk orang tuamu dan teman-teman di Kuningan yaa Mik.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sahabatmu


Putri Wicaksono

15. Contoh Surat Pribadi bahasa Sunda

Karawang, 17 April 2023

Kahatur/Kanggo: Mang Didin

di Bandung


Assalamualaikum Wr. Wb.

Mang Din, kumaha ayena wartosna damang? Aduh sombong pisan euy, mani teu aya wartosna pisan, muwi war sing damang nya! Kieu mang, abdi teh bade ngawartosan lamun tiasa engkin Sabtu patun abdi bade ngajakan ameng ka curug Cikarapyak Karawang, di daerah Tegalawaru, Karawang Jawa Barat, kerta teu mang?

Lamun tiasa mah engkin panginten angkatna enjing-enjing, janten lamun bade ngiring, geura kabaran nya mang? eta oge lamun henteu damel. Nya, tos sakitu wae mang din, mun tiasa mah di waleran suratna. Hatur Nuhun, Wassalamualaikum Wr. Wb

Hormat abdi,


Asep Sunandar

16. Contoh Surat Pribadi bahasa Inggris

Tangerang, February 1st, 2023

Dear Michele

How are you? Hope everything is okay with you. I’m all right here. We are going to have the national examination, aren’t we? Are you well prepared for it? Well, to be honest, I just have some difficulties in preparing for it, especially in Mathematic. There are extra lessons in my school and I take them all. But, I feel that they don’t help. I’m still confused in solving Mathematic problems. I’m just worried that I fail the national examination. Do you have any suggestion for me? I really appreciate your help.

I look forward to hearing from you.

Your buddy,


Martin

Terjemahan

Tangerang, 1 Februari 2023

Michele yang terhormat

Apa kabar? Semoga Anda baik-baik saja. Saya baik-baik saja di sini. Kita akan menjalani ujian nasional, bukan? Apakah Anda siap untuk itu? Sejujurnya, saya hanya kesulitan dalam mempersiapkannya, terutama di Matematika. Ada pelajaran tambahan di sekolah saya dan saya mengambil semuanya. Tapi, saya merasa mereka tidak membantu. Saya masih bingung dalam menyelesaikan soal Matematika. Saya hanya khawatir gagal dalam ujian nasional. Apakah Anda punya saran untuk saya? Saya sangat menghargai bantuan Anda.

Saya berharap mendengar kabar dari kamu.

temanmu,


Martin

17. Contoh Surat Pribadu untuk sepupu

Jakarta, 2 Oktober 2023

Untuk Bang Jaka

Di Cirebon


Salam kangen,

Bagaimana kabarnya di Cirebon, Bang? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Alloh SWT. Alhamdulillah kami di sini sekeluarga baik-baik saja Bang. Hanya saja kadang terdapat masalah kecil. Tapi alhamdulillah bisa kami atasi dengan baik.

Bang Jaka bagaimana di Cirebon? Apa masih suka jalan-jalan di pusat kota Cirebon? Bapak dan Ibu ingin suatu saat diajak Bang Jaka untuk berkunjung ke Cirebon. Sampai di sini Bang suratku, ditunggu balasannya Bang.

Adik sepupumu,


Rendy

18. Contoh Surat Pribadi permintaan maaf kepada sahabat

Subang, 15 Desember 2023

Untuk Sahabatku Lina

Di Bogor


Lin, aku ingin meminta maaf atas kelakuanku ketika di kafe dua minggu yang lalu. Setelah merenung terhadap apa yang aku lakukan kepadamu, aku menyadari bahwa apa yang aku lakukan tersebut sangat salah, dan aku sangat menyesali perbuatanku dan aku sungguh minta maaf.

Aku harap hal ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku mengerti bagaimana perasaan kamu sekarang. Mungkin terasa berat untuk memaafkan aku saat ini, tapi suatu hari, mungkin kamu dapat dengan ikhlas memaafkan atas segala perbuatan yang aku lakukan terhadapmu.

Salam hangat,


Anisa Nuryati

19. Contoh Surat Pribadi meminta uang kepada orang tua

Yogyakarta, 12 Agustus 2023

Kepada

Ayah dan Ibu

Di Jakarta


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ayah dan Ibu apa kabar? Aku berharap semoga ayah dan Ibu selalu dalam keadaan sehat, Aamiiin. Aku di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat, dan baik-baik saja.

Ayah dan Ibu, libur semester ini aku belum bisa pulang ke Jakarta. Aku akan melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di salah satu desa di Malang selama 2 bulan.

Namun yang menjadi sedikit masalah bagiku sekarang adalah tabunganku sudah mulai menipis Yah. Kalau memang Ayah atau Ibu sedang ada uang, aku minta dikirim uang, karena untuk bekal nanti ke Malng dan sekaligus masih banyak kebutuhan yang harus aku penuhi di sini.

Aku berjanji pada Ayah dan Ibu akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh. Aku sangat merindukan Ayah, Ibu, dan dan juga adik di rumah, sampaikan salam rinduku untuk adik ya.

Cukup sampai di sini dulu ya suratnya, aku mohon doa restu dari Ayah dan Ibu semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untukku dalam menjalankan kuliah dan mengikuti KKN.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Anakmu tercinta.


Thadin Mulyadi

Baca Juga:

Itulah contoh surat pribadi lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,103,CPNS,52,cpns2019,91,cv,5,Download File,1,Formasi CPNS,2,games,4,honorer,1,juknis,9,jurnal,2,Kalender,61,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,15,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,96,pengertian,24,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,surat,13,template,3,template ppt,11,Terbaru,1,tips,6,
ltr
item
Info Pendidikan: 19 Contoh Surat Pribadi Lengkap Berbagai Keperluan
19 Contoh Surat Pribadi Lengkap Berbagai Keperluan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUpj0wkXDg1N64V_4MGqDNQ6m26ZrKpXYcuoChQb3CJTLSgqpllgt8cfrUqpJHrAqv41o_B8YHAWXPqXXt1r2jNfkNSoD0l1mUHmbPonlAwrqC_63HOH1HF7smeWDNBOWLQrC7fdW4adfhO2PnOksEZKTo355n7lvHqDkISjKZFsSSFJKDPw_4dUj6/w640-h358/contoh%20surat%20pribadi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUpj0wkXDg1N64V_4MGqDNQ6m26ZrKpXYcuoChQb3CJTLSgqpllgt8cfrUqpJHrAqv41o_B8YHAWXPqXXt1r2jNfkNSoD0l1mUHmbPonlAwrqC_63HOH1HF7smeWDNBOWLQrC7fdW4adfhO2PnOksEZKTo355n7lvHqDkISjKZFsSSFJKDPw_4dUj6/s72-w640-c-h358/contoh%20surat%20pribadi.jpg
Info Pendidikan
https://www.mautidur.com/2023/01/contoh-surat-pribadi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/01/contoh-surat-pribadi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content