10 Contoh Penutup Pidato yang Baik dan Menarik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Penutup Pidato - Bagian penutup dalam pidato juga memiliki peranan yang cukup penting, karena jika kita memberikan salam penutup yang menarik dan berkesan, maka para pendengar tertarik untuk memperhatikannya. 

Bagian penutup biasanya terdapat sebuah ucapan yang dapat mengajak dan menyentuh hati agar tergerak melakukan hal yang bermanfaat. Pembawaan dalam penutup pidato tergantung apa yang disampaikan. Ada yang penyampaian yang menyenangkan ataupun sedikit nada menurun penuh penekanan.

Elemen dalam Penutup Pidato

Dalam beberapa penutup pidato yang nanti saya sampaikan, Anda akan melihat beberapa elemen yang tercantum didalamnya. Elemen ini akan membentuk penutup pidato menjadi lebih berkesan dan menarik, sehingga membuat pendengar lebih mudah dalam memahami pesan yang disampaikan. Berikut adalah beberapa elemen penting dalam penutup pidato.

1. Harapan

Yang pertama adalah mengandung unsur harapan terhadap pesan dari topik yang telah disampaikan. Contohnya apabila topik yang sedang dibahas tentang lingkungan, maka harapan yang bisa disampaikan adalah "Semoga dengan lingkungan yang bersih dapat memberikan rasa nyaman dalam belajar."

Penekanan terhadap kalimat harapan harus jelas dan tegas. Dengan begitu audiens akan merasakan harapan yang sama dan satu tujuan dalam menerapkan topik yang disampaikan.

2. Himbauan

Kedua mengandung unsur himbauan, yaitu kalimat yang mengajak para pendengar untuk bergerak melakukan sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama. Contoh kalimat himbauan "Mari kita ciptakan budaya untuk memilah sampah mulai dari rumah, agar meminimalisir penumpukan limbah sampah di lingkungan sekitar."

3. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan inti dari keseluruhan isi pidato yang telah disampaikan. Bagian ini juga bisa menjadi penekanan terhadap topik yang digunakan atau mempertegas kembali pesan yang disampaikan.

4. Ucapan Pemohonan Maaf

Permohonan maaf biasanya disampaikan setelah menyampaikan kesimpulan yang ada. Tidak ada keharusan dalam menyampaikan ucapan permohonan maaf, tapi lebih baik disampaikan karena bisa jadi pidato kita mengalami kesalahan. Permohonan maaf ini membuat audiens menjadi lebih maklum terhadap kesalahan tersebut.

5. Ucapan Terima Kasih

Ucapan ini cukup penting dan lebih baik disampaikan agar meninggalkan kesan yang baik. Hal ini sebagai bentuk hormat dan menghargai waktu dan perhatian yang telah diberikan oleh pada audiens. Tentunya sebagai rasa terima kasih karena telah mau mendengarkan dan memahami apa yang telah disampaikan.

contoh penutup pidato

Contoh Penutup Pidato Terbaik

1. "Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang kebersihan lingkungan. Dari banyaknya kalimat yang saya sampaikan, jika sesuatu yang baik maka ambilah dan jika buruk maka buang secara jauh-jauh. Akhir kata, terima kasih atas perhatiannya dan wassalamualaikum Wr.Wb."

2. "Dalam waktu yang cukup singkat ini hanya ini yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr. Wb."

3. "Saya akhiri pidato di Siang hari ini. Sebagai seorang manusia tentu tidak luput dari kesalahan. maka dari itu saya meminta maaf jika ada tutur kata yang kurang tepat di hati para hadirin sekalian. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya telah diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang pencemaran lingkungan. Akhir kata, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

4. "Demikianlah pidato singkat saya mengenai bahaya gadget. Jika ada kekurangan atas setiap kata yang terucap, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Atas perhatian dan kesempatan menyampaikan pidato yang telah diberikan, saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Selamat siang dan selalu jaga kesehatan."

5. "Tidak adanya awalan yang hadir tanpa adanya akhiran. Untuk itu, saya mengakhiri pidato sambutan sampai disini. Jika apa yang saya sampaikan kurang berkenan di hati hadirin sekalian, Saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

6. "Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Besar harapan saya, saudara semua dapat menghindari yang namanya Narkoba. Sekian, wassalamualaikum Wr.Wb."

7. "Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sebagai manusia tentu saya banyak kekurangan. Untuk itu, kepada para hadirin saya minta maaf dan kepada tuhan saya mohon ampun. Akhir kata, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

8. "Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan didengar atau menyinggung satu diantara pihak, saya mengucapkan mohon maaf. Akhir kata, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

9. "Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah-salah kata yang telah terucapkan. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga pidato yang singkat ini dapat memicu semangat seluruh warga sekolah untuk bisa membuang sampah pada tempatnya. Akhir kata, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

10. "Semoga yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Saya yakin dengan menciptakan lingkungan yang bersih dapat meminimalisir penyakit yang datang ke wilayah kita. Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Ambil yang baiknya dan buang yang buruknya. Sekian, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh."

Baca Juga: 10 Contoh Teks Pidato Singkat & Terbaik

Itulah contoh penutup pidato yang baik dan menarik. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Penutup Pidato yang Baik dan Menarik
10 Contoh Penutup Pidato yang Baik dan Menarik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCBC7l7xuY8usFyBPVAzju05PS0Mb_vHweRknYZQ9QrPsS8lvVKaT6nntRF_G4FSVZ7v13Om7oe8uxIqbLYx0j4ZY0NnVzHJ7_6XhCNA0GqYxRDY_cToj7Wd3CZcTykCOhkXW0nEbzlwTMGmNS1fnhFVdWVOuIAfOFq0HhUe4FGINXNOCHUUrKfvqx/w640-h392/contoh%20penutup%20pidato.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCBC7l7xuY8usFyBPVAzju05PS0Mb_vHweRknYZQ9QrPsS8lvVKaT6nntRF_G4FSVZ7v13Om7oe8uxIqbLYx0j4ZY0NnVzHJ7_6XhCNA0GqYxRDY_cToj7Wd3CZcTykCOhkXW0nEbzlwTMGmNS1fnhFVdWVOuIAfOFq0HhUe4FGINXNOCHUUrKfvqx/s72-w640-c-h392/contoh%20penutup%20pidato.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/04/contoh-penutup-pidato.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/04/contoh-penutup-pidato.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content