Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Paling Enak

Daftar Isi [Tampil]

Buatlah contoh teks prosedur kompleks untuk membuat makanan! Pernyataan perintah ini mungkin saja sedang Anda cari. Khususnya bagi Anda yang sedang mempelajari jenis teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Jika membahas mengenai teks prosedur, ada banyak contoh yang bisa Anda buat. Misalnya saja contoh teks prosedur membuat nasi goreng. Teks prosedur ini mungkin saja juga Anda butuhkan sebagai panduan untuk aktivitas memasak.

Sebelum berlanjut ke contoh teks prosedur membuat nasi goreng spesial, sebaiknya pahami dulu apa itu teks prosedur, struktur, serta ciri-cirinya. Mengingat teks ini akan Anda jadikan sebagai bahan mengerjakan tugas sekolah maupun aktivitas pribadi. Inilah penjelasan singkat terkait teks prosedur.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur, Ciri-ciri dan Struktur 

Penjelasan Singkat Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah, tahapan, maupun panduan dalam melakukan atau membuat sesuatu. Teks prosedur diklasifikasikan ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah teks terkait cara menggunakan alat, benda, atau sejenisnya.

Teks kedua berisi cara melakukan suatu aktivitas, serta yang terakhir teks yang berisi kebiasaan atau suatu sifat tertentu. Tujuan dari teks prosedur ini adalah untuk memudahkan seseorang dalam mengikuti suatu alur.

Baik itu dalam hal cara melakukan ataupun membuat sesuatu dengan langkah yang tepat. Selain itu, ada pula ciri-ciri teks prosedur yang perlu Anda tahu. Berikut cirinya.

  • Berisi informasi seputar langkah-langkah kegiatan.
  • Menggunakan poin-poin maupun paragraf, namun umumnya berbentuk poin-poin.
  • Memiliki poin bilangan urutan atau angka untuk menunjukan langkah-langkah prosedur yang harus dilakukan.
  • Informasi bersifat objektif atas dasar percobaan atau analisis dan bukannya khayalan.
  • Susunan sistematis dengan penjelasan detail.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan sebagai tambahan informasi sebagai penekanan atas langkah yang dilakukan.

Setelah memahaminya, Anda bisa coba untuk membuat teks prosedur. Kita ambil saja contoh teks prosedur membuat nasi goreng. Teks ini membahas mengenai bahan yang diperlukan, cara memasak, serta tujuan membuat nasi goreng. Supaya lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini!

Contoh Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng

teks prosedur membuat nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit di Indonesia yang sangat nikmat. Cara membuat nasi goreng ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah dijumpai. Ikuti langkah-langkah membuat nasi goreng di bawah ini untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat.

Bahan-bahan Membuat Nasi Goreng

  • 1 piring nasi putih /secukupnya
  • 2 butir telur ayam (dikocok)
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 buah cabe merah /secukupnya
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (opsional)
  • Kecap manis secukupnya
  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Irisan timun /acar
  • Irisan tomat
  • Sambal terasi

Langkah-langkah Membuat Nasi Goreng

  1. Pertama, siapkan wajan yang akan digunakan. Panaskan terlebih dahulu dan tuangkan minyak secukupnya.
  2. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan dan tunggu hingga setengah matang.  Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan, lalu aduk sampai harum dan keluar aromanya.
  3. Selanjutnya, masukkan nasi putih. Campurkan garam, penyedap rasa dan kecap manis secukupnya sesuai yang diinginkan.
  4. Aduk nasi dan bahan-bahan hingga semua tercampur merata dan tidak ada nasi yang menggumpal. Pastikan mengaduk nasi dengan api besar. Matikan kompor jika dirasa semua bumbu sudah tercampur merata.
  5. Sajikan di dalam piring dengan tambahan kerupuk, irisan timun /acar, serta bawang goreng.

Membuat nasi goreng sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan semua bahannya dan mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca Juga: 17 Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Terbaik

Demikianlah tadi informasi mengenai contoh teks prosedur membuat nasi goreng. Anda bisa mempelajarinya sebagai panduan untuk mengerjakan tugas. Perlu diingat, pastikan Anda membuat teks prosedur dengan jelas dan bahasa yang mudah dimengerti.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Paling Enak
Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Paling Enak
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjUUwEwLZ_Jiin1eQxaT2cAxbPfdyxKzs91CbOTVk_czrknkI3lEOjjpqnKD68okCrScrNSnEEetCd2IX5IQyj6I4HkavrLUvnbaUvhBxkVZsJTSsx8V0ytDgGdOdjbDMMmAXvLWHhXQ4q1og9kafg5zl0vzkLExD5ryJVZWJ73omsme_2TIRHSd5eU=w640-h494
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjUUwEwLZ_Jiin1eQxaT2cAxbPfdyxKzs91CbOTVk_czrknkI3lEOjjpqnKD68okCrScrNSnEEetCd2IX5IQyj6I4HkavrLUvnbaUvhBxkVZsJTSsx8V0ytDgGdOdjbDMMmAXvLWHhXQ4q1og9kafg5zl0vzkLExD5ryJVZWJ73omsme_2TIRHSd5eU=s72-w640-c-h494
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/teks-prosedur-membuat-nasi-goreng.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/teks-prosedur-membuat-nasi-goreng.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content