Pengertian Teks laporan, Struktur, Tujuan dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks laporan
Teks Laporan Hasil Observasi - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks laporan. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi umum mengenai sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan yang dilakukan secara langsung.

Observasi tersebut dilakukan oleh si pengamat dengan datang langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang ada. Informasi ini bisa berupa, keadaan alam, lingkungan, tumbuhan, kesenian, hewan, kebudayaan dan sebuah peristiwa.

Laporan hasil observasi juga bersifat komunikatif, informatif dan objektif. Ini berarti laporan yang dibuat harus memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga: Pengertian Teks Debat, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

  • Mengambil keputusan yang lebih efektif
  • Memberikan informasi terbaru
  • Penelitian
  • Mengatasi suatu persoalan
  • Mengetahui perkembangan suatu permasalahan

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Obervasi

  1. Ditulis secara lengkap
  2. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan
  3. Tidak mengandung dugaan yang menyimpang
  4. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya
  5. Tidak adanya bagian penutup dari penulis

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  • Sebagai bahan penelitian
  • Sebagai sumber yang dapat dipercaya
  • Sebagai dokumentasi
  • Sebagai kegiatan pengamatan
  • Sebagai ilmu pengetahuan

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan umum

Bagian ini berisi pembuka atau informasi secara umum mengenai hal yang disampaikan.

Deskripsi Bagian

Bagian ini berisi isi, rincian, pembahasan, dan penjelasan lebih detail.

Deskripsi Manfaat

Bagian ini berisi fungsi atau manfaat setiap objek yang diamati dalam kehidupan.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Menggunakan kata kerja material. Kata kerja material adalah kata kerja yang menunjukan tindakan suatu benda, hewan, tumbuhan, manusia dan peristiwa.
  2. Menggunakan kata pengelompokan untuk mengelompokan suatu objek secara lebih detail.
  3. Menggunakan kata teknis yang bersifat ilmiah dan memiliki kaitan dengan objek yang dipilih.
  4. Kata benda adalah kata-kata deskripsi suatu objek atau peristiwa yang terjadi secara umum dan bukan khusus.
  5. Menggunakan kata 'merupakan' dan 'adalah' untuk menjelaskan suatu pengertian atau definisi.
  6. Menggunakan kata keadaan untuk menjelaskan keadaan yang berhubungan dengan objek.
  7. Menggunakan kata sambung seperti: selain itu, dan, yaitu, dari segi, di samping itu, dll.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kertas

teks laporan

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata yang berasal dari pulp. Kertas biasanya dipakai untuk menulis, mencetak, melukis dan masih banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas. Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia.

Jenis-jenis kertas beraneka ragam, diantaranya adalah kertas hvs. Jenis kertas ini sedikit kasar, umumnya digunakan untuk mencetak. Kertas kalkir, hampir sama dengan kertas hvs, kertas ini biasanya digunakan untuk media sablon, namun tidak putih alias lebih gelap dan terihat transparan seperti kertas yang kena tumpahan minyak.

Kertas duplex, kertas ini mempunyai sisi depan berwarna putih dan sisi belakang abu-abu dan biasanya digunakan untuk pembuatan box. Kertas matt paper, bahan kertas untuk brosur dengan permukaan yang licin dan menghasilkan hasil cetak yang berkualitas. Kertas Samson Kraft, berwarna coklat muda, dan merupakan hasil daur ulang. Kertas linen jepang, kertas ini bertekstur, dan biasanya digunakan untuk kop surat/sertifikat. Masih banyak jenis-jenis kertas dan kegunaan yang berbeda.

Kertas juga mempunyai manfaat seperti untuk menulis, melukis, mencetak, membantu seseorang dalam bekerja, dan yang paling penting adalah mempermudah kita dalam proses belajar.

Baca Juga: 8+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, tujuan, kaidah kebahasaan dan contoh teks laporan hasil observasi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks laporan, Struktur, Tujuan dan Contoh
Pengertian Teks laporan, Struktur, Tujuan dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrA1JzCafC-Qb8QQsnKdh5U87e0mJTUOmlHQrHt_6Re13M2bWh2VIOuA1z61GGOUuiWmHSeauUxtl05m-2tyK-SoZYw66jqhM9lFv-22gl7ApeAQQxLwgh8dpOwbNrk2zzf0EfuB-i7-Mb8ES6XQ-DRZejIA3gLF76xpeFgU8bAPaD8dB9tnALdPeG/w640-h410/teks%20laporan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiemi19Obr6DSYKtBN8iHsKYfubcPId0RIPZnFOL6gWPmtM4YiwuYEdXb3g169RXonzP-Bo21N7SOZVHxnH24NEQlU4glK-E_oVVkkCr91iFwp0zrTEwxAx6nB4Tys9JS6GVt6Rlm0q2S9Yn9tnkXNJ66XHGTOjwvWlJ0HdV11maE0QpGTntiajDSax/s72-w640-c-h414/2.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/pengertian-teks-laporan-struktur-tujuan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/pengertian-teks-laporan-struktur-tujuan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content