Pengertian Teks Debat, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks debat
Teks Debat - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks debat. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Debat

Menurut KBBI, debat dapat diartikan sebagai pembahasan dan pertukaran pendapat tentang suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Untuk itu, Teks debat bisa juga diartikan sebagai teks yang berisi pernyataan dan argumentasi dari pihak-pihak yang berdebat tentang permasalahan tertentu dengan tujuan mendiskusikan, memutuskan dan mengkaji perbedaan.

Tujuan Teks Debat

  • Meningkatkan kemampuan merespon suatu masalah
  • Melatih keberanian mengemukakan pendapat
  • Meningkatkan, menampilkan dan mengembangkan komunikasi verbal
  • Mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain agar sejalan dengan argumen yang diusulkan
Baca Juga: Pengertian Teks Persuasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Ciri-ciri Teks Debat

  1. Terdapat dua tim yang berdebat yaitu tim afirmasi dan tim oposisi
  2. Terdapat dua sudut pandang yakni pihak pro dan kontra
  3. Adanya pihak penengah
  4. Adanya saling adu argumentasi untuk memperoleh kemenangan
  5. Adanya proses saling mempertahankan pendapat

Struktur Teks Debat

  • Perkenalan: Tahapan ini akan menyampaikan salam pembuka dan perkenalan
  • Penyampaian argumentasi: Tahapan ini setiap tim, seperti Oposisi, Afirmasi, dan Netral akan menyampaikan argumentasinya mengenai pernyataan topik.
  • Debat: Tahapan ini, setiap tim, yaitu tim oposisi dan tim afirmasi saling memberikan komentar, sanggahan dan ditengahi dengan tim netral.
  • Kesimpulan: Tahapan ini tim Oposisi, tim afirmasi, dan tim netral akan menyampaikan kesimpulan terkait mosi, sanggahan, pendapat dari tim lain.
  • Penutup: Tahapan ini moderator memberikan kesimpulan secara menyeluruh tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam.

Etika dan Tata Cara Debat

  1. Pertanyaan yang diajukan lebih profesional, tidak menghina atau merendahkan lawan. Pertanyaan juga tidak boleh menyerang secara pribadi namun fokus pada permasalahan yang dibahas.
  2. Ketika menyampaikan gagasan, kenali dan pahami kelebihan dan kelemahan yang dimiliki lawan. Hal tersebut sangat penting untuk menyusun strategi sehingga memudahkan kamu untuk menyangkal dan mempengaruhi lawan.
  3. Menyajikan gagasan secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tambahkan juga data-data yang valid untuk memperkuat argumen atau gagasan.
  4. Memahami dan menjalankan peraturan debat yang telah disepakati.
  5. Ajukan argumen dengan analisis yang kritis, masuk akal dan runtut.
  6. Jangan memberikan argumen yang terlalu banyak karena waktu yang disediakan terbatas.
  7. Menyampaikan kesimpulan tidak perlu terlalu panjang cukup poin-poin yang menegaskan argumentasi dan disampaikan secara tegas untuk menunjukan rasa percaya diri mengenai argumen tersebut.

Kaidah Teks Debat

  • Menggunakan kata-kata denotatif
  • Menggunakan bahasa baku
  • Faktual

Contoh Teks Debat Singkat

Contoh Teks Debat Tentang Full Day School

Moderator:

Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah, telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak, membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan?

Tim afirmasi (tim yang menyetujui mosi)

Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa.

Tim oposisi (tim yang menolak mosi)

Kami dari tim oposisi menolak ketetapan tersebut. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.

Tim netral

Sebagai seorang siswa, kami memang butuh bimbingan dari pihak sekolah dan keluarga. Ilmu memang penting, tetapi begitu pula dengan keluarga dan bersosialisasi dengan masyarakat. Memang kami harus pintar-pintar membagi waktu agar masa muda kami tidak berlalu begitu saja tanpa manfaat sama sekali.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, tujuan dan contoh teks debat. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks Debat, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Debat, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhqKovkOYUOBiF3XxOK2GZpsrt8mbs5Zmn_inMgZ-M49CbwbCwfO3qGgr6FGncVo-uzG9rPMwBpsDlEqGtRJ85eGAm4k3fYJWrZOUOEX5ZEwPwi3OniCcmTFNBbDmODlyPl85yZVKsn8CjnF_ig0s0sDtg7tAD5X9zXdoviTPTT_OPc5KK7Ydsj4DFw=w640-h400
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhqKovkOYUOBiF3XxOK2GZpsrt8mbs5Zmn_inMgZ-M49CbwbCwfO3qGgr6FGncVo-uzG9rPMwBpsDlEqGtRJ85eGAm4k3fYJWrZOUOEX5ZEwPwi3OniCcmTFNBbDmODlyPl85yZVKsn8CjnF_ig0s0sDtg7tAD5X9zXdoviTPTT_OPc5KK7Ydsj4DFw=s72-w640-c-h400
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-debat-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-debat-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content