Contoh Teks Prosedur Membuat Kue Tradisional Serabi Kinca

Daftar Isi [Tampil]

Anda sedang mencari informasi mengenai resep memasak kue tradisional serabi kinca karena belum tahu caranya? Dalam hal ini, Anda membutuhkan informasi sebagai panduan pengerjaan. Diperlukan contoh teks prosedur membuat kue tradisional serabi kinca untuk memulainya.

Sesuai namanya, tentu teks prosedur ini menjadi sebuah prosedur terkait cara pembuatan sesuatu. Bukan hanya sebagai informasi saja, tetapi teks prosedur juga kerap menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Terkait hal itu, teks prosedur menjadi bagian yang perlu diajarkan pada siswa.

Sehingga keberadaan contoh teks prosedur sudah selayaknya dipelajari, supaya anak didik memahami cara pembuatannya. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud contoh teks prosedur sendiri? Berikut penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan jenis teks yang terdiri dari bermacam tahapan dalam pembuatan atau tindakan untuk melakukan sesuatu. Termasuk di antaranya adalah contoh teks prosedur membuat nasi goreng hingga contoh teks prosedur membuat kue tradisional.

Bahasa yang digunakan di dalamnya pun terkesan santai dan tidak terpaku pada bahasa formal. Sehingga informasi terkait langkah-langkahnya bisa disampaikan dengan jelas pada pembaca.

Oleh karenanya, Anda bisa memanfaatkan contoh teks prosedur membuat kue tradisional ini sebagai panduan. Terutama bagi Anda yang tengah mencari informasi untuk resep dan cara pembuatan maupun sebagai informasi pendidikan.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur, Ciri-ciri dan Struktur 

Contoh Teks Prosedur Membuat Kue Tradisional Serabi Kinca

teks prosedur membuat kue

Ada salah satu kue tradisional yang sampai saat ini tetap dinikmati. Nama kue tradisional tersebut adalah serabi kinca. Makanan ini merupakan sejenis camilan serabi dengan warna hijau muda.

Dalam pembuatannya telah diberi pewarna hijau dari daun pandan, sehingga memiliki aroma dari pandan tersebut. Perbedaan kue serabi kinca dengan serabi pada umumnya, yaitu dari segi cita rasa. Cita rasa serabi kinca cenderung lebih manis tanpa tambahan topping.

Makanan ini disajikan menggunakan saus gula merah sebagai penambah rasa. Bagi Anda yang sulit menemukan kue tradisional ini, tidak ada salahnya membuat sendiri. Berikut ini cara pembuatan kue kinca yang mudah dan singkat.

Bahan Adonan Kue Serabi Kinca

  • 200 gram tepung terigu (protein sedang)
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt ragi instan
  • 300 ml santan (½ buah kelapa)
  • Pasta pandan secukupnya
  • ¼ sdt garam
  • Bahan Saus Kinca
  • 100 gram gula merah
  • 200 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 1 sdm gula pasir ¼ sdt garam
  • 1 lembar daun pandan diikat

Cara Pembuatan Kue Tradisional Serabi Kinca

  1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, telur, santan, dan juga garam. Aduk rata adonan hingga tercampur rata, lalu tambahkan pasta pandan secukupnya. Diamkan adonan yang sudah dibuat selama kurang lebih 30 menit.
  2. Langkah yang kedua, yakni membuat saus kinca. Campur semua bahan untuk pembuatan saus dan aduklah hingga tercampur rata. Masak hingga mendidih, angkat dan sisihkan saus.
  3. Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan wajan kecil anti lengket untuk membuat
  4. kue serabi kinca. Ambillah adonan sebanyak 1 sendok sayur, lalu tutup dan panggang hingga muncul sarang di permukaannya. Tunggu sampai terlihat matang, kemudian angkat. Anda bisa melakukan tahap ini terus dan berulang sampai adonan habis atau sesuai kebutuhan.
  5. Setelah selesai memanggang adonan, sajikan kue serabi kinca bersama saus yang sudah dibuat.

Baca Juga: 17 Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Terbaik

Itulah tadi informasi singkat mengenai contoh teks prosedur membuat kue serabi kinca. Anda bisa memanfaatkannya sebagai panduan untuk memasak maupun informasi pembelajaran di sekolah.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Prosedur Membuat Kue Tradisional Serabi Kinca
Contoh Teks Prosedur Membuat Kue Tradisional Serabi Kinca
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEizYV0iVrSuUO_rSzjlifGfEdc3JdnzZNSEUNg2Sar8lQi1MaTJ3MdlZGbRg_lZ22npVhyp4Fbgb0A_2KXXFS56XY1ZBpsKYCgHM5CIP9Gcb_keYfdbqDVtGhTJUzug6unJ0yOOdJVjAXTbwTPj4aWKuHEXK6mCQ3PI6_SMP_fUkZWQfYLlO0YavSmz=w640-h364
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEizYV0iVrSuUO_rSzjlifGfEdc3JdnzZNSEUNg2Sar8lQi1MaTJ3MdlZGbRg_lZ22npVhyp4Fbgb0A_2KXXFS56XY1ZBpsKYCgHM5CIP9Gcb_keYfdbqDVtGhTJUzug6unJ0yOOdJVjAXTbwTPj4aWKuHEXK6mCQ3PI6_SMP_fUkZWQfYLlO0YavSmz=s72-w640-c-h364
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-prosedur-membuat-kue.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/contoh-teks-prosedur-membuat-kue.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content