6 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok

Daftar Isi [Tampil]

memilih jurusan kuliah
Cara Memilih Jurusan Kuliah
- Bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku kelas XII, baik itu SMA atau SMK, pasti sudah mempersiapkan untuk kuliah dimana nantinya. Selain menentukan akan kuliah dimana, ada hal yang lebih penting lainnya, yakni jurusan yang akan kamu ambil.

Meskipun saat ini perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak, tapi untuk menentukan jurusan yang cocok itu cukup sulit. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikiran, supaya kamu tidak salah dalam memilih jurusan.

Untuk itu, sebelum kamu memilih tempat kuliah, akan lebih baik menentukan terlebih dahulu jurusan apa yang nantinya akan diambil. Untuk membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

1. Kenali Passion

Cara memilih jurusan yang pertama adalah kenali passion kamu. Misalnya kamu memiliki kemampuan di bidang matematika, tapi ternyata keinginan berada di jurusan informatika karena menyukai pemprograman.

Akan lebih baik kamu mengambil jurusan yang bersebrangan dengan kemampuan yang dimiliki. Satu hal yang perlu diingat adalah passion tersebut harus benar-benar kuat, misalnya sudah menjadi hobi. Jika passion sudah mengalahkan segalanya, maka kegiatan belajar menjadi lebih semangat.

2. Pahami Potensi Diri

Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah, lebih baik kamu mengenali dulu potensi diri. Contohnya kamu memiliki potensi di bidang sejarah, tentu pilihkan jurusan yang ada hubungannya dengan sejarah. Ambilah jurusan yang didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu kegiatan kuliah nantinya tidak akan memberatkan.

3. Peluang Kerja

Semua jurusan kuliah memiliki peluang kerja yang berbeda. Misalnya jurusan informatika, nantinya akan bekerja di perusahaan teknologi. Kalau kamu ngambil jurusan psikologi, peluang bekerja sebagai HRD juga semakin besar.

Pilihlah jurusan yang memiliki peluang kerja yang tinggi. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang terlihat keren, namun peluang kerjanya cukup rendah.

4. Akreditasi Jurusan

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah akreditasi jurusan. Semakin tinggi akreditasi jurusan di perguruan tinggi, maka semakin bagus untuk kamu pilih. Tingkat akreditasi ini juga akan mempengaruhi penilaian ketika akan melamar pekerjaan. Termasuk ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

5. Perhatikan Biaya Kuliah

Setiap jurusan biasanya memiliki biaya yang berbeda. Ada yang mahal dan ada juga yang tergolong murah. Ketika kamu ingin mengambil jurusan tertentu, lihat dulu keuangan orang tua. Jangan sampai kamu memilih jurusan dengan biaya yang mahal, karena akan membebani orang tua.

Akan lebih baik jika kamu diskusi dengan orang tua mengenai jurusan yang diambil dan biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Jika orang tua tidak keberatan, maka kamu bisa mengambil jurusan tersebut.

6. Jangan Ikut-Ikutan Teman

Bagi kamu yang saat ini masih bingung dalam memilih jurusan. Jangan pernah mengambil jurusan karena banyak dipilih oleh teman kamu. Karena memilih jurusan harus berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki. Jangan sekedar ikut teman, karena nantinya kamu akan kecewa.

Yakinlah pada diri sendiri. Karena bisa jadi jurusan tertentu cocok bagi teman kamu tapi tidak cocok bagi diri sendiri. Jangan buang waktu untuk menyamakan jurusan dengan teman kamu. Ingat, nasib kamu berada di tangan sendiri.

Baca Juga: 12 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Itulah informasi mengenai cara memilih jurusan kuliah yang Cocok. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 6 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok
6 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgKrt6Yya9Y12fwc9jH_aZGApeQuZmGlGlNryVnij93BAGRsBh5SbO6wCmJNkK9Sqw8O8VX1hzmkbUcHCAYphKB4IWT6zb5VUQNmV3xT_JGb1zugbqu3FJaqdZi5ixlRagTyWSyiaUa02nsYTbyXnPoYH8WZTyxMQqmSLmhtGs5iH6mbQwZAiTSW8w0=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgKrt6Yya9Y12fwc9jH_aZGApeQuZmGlGlNryVnij93BAGRsBh5SbO6wCmJNkK9Sqw8O8VX1hzmkbUcHCAYphKB4IWT6zb5VUQNmV3xT_JGb1zugbqu3FJaqdZi5ixlRagTyWSyiaUa02nsYTbyXnPoYH8WZTyxMQqmSLmhtGs5iH6mbQwZAiTSW8w0=s72-w640-c-h360
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/cara-memilih-jurusan-kuliah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/cara-memilih-jurusan-kuliah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content