Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampilkan]

teks eksplanasi
Teks Eksplanasi - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks eksplanasi. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi secara istilah adalah suatu paragraf yang memuat informasi mengenai suatu tahapan "mengapa" dan "bagaimana" yang meliputi berbagai peristiwa. Berbagai peristiwa yang bisa dijadikan sebagai teks eksplanasi adalah mengenai peristiwa sosial, budaya, alam dan ilmu pengetahuan.

Setiap peristiwa yang muncul di teks eksplanasi tidak hanya dirasakan dalam bentuk bacaan saja, namun dapat dijadikan pembelajaran sehingga pembaca mengetahui mengapa kejadian tersebut dapat terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Teks eksplanasi selalu membahas hal-hal yang bersifat nyata dan rasional.
  • Hal-hal yang biasanya dibahas dalam teks eksplanasi adalah hal-hal yang bersifat umum.
  • Tidak berisi informasi yang ambigu, sehingga tidak membuat pembaca bingung.
  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yakni pernyataan umum, bagian analisis dan kesimpulan.
  • Menggunakan bahasa baku.
Baca Juga: Pengertian Teks Biografi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum ini biasanya berisi penjelasan mengenai hal yang dibahas. Karena penjelasan yang dibahas masih bersifat umum, sehingga perlu dijelaskan lagi secara rinci agar pembaca mendapatkan informasi secara lengkap.

2. Analisis

Bagian analisi akan memberikan penjelasan yang lebih detail, rinci, dan ilmiah mengenai topik yang dibahas pada teks eksplanasi.

Karena sangat detail, biasanya pada bagian analisis memiliki teks yang panjang. Sedangkan untuk bagian pernyataan umum memiliki teks yang singkat karena hanya memberikan gambarannya saja.

3. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan akan memberikan intisari dari keseluruhan teks eksplanasi. Namun, ada juga yang memberikan komentar pribadi penulis mengenai topik yang dibahas dalam keseluruhan teks eksplanasi.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan utama dari teks eksplanasi adalah melaporkan secara jelas terkait tahapan hingga proses yang terjadi terhadap fenomena yang terjadi. Penjelasan yang disampaikan juga harus menggunakan bahasa yang sederhana sehingga pembaca lebih mudah memahami dan mengerti.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  1. Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  2. Menggunakan kalimat pasif.
  3. Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (non human participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.
  4. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.
  5. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, misalnya: jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.

Contoh Teks Eksplanasi

1. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

teks eksplanasi
source image: cnnindonesia.com

Pernyataan Umum

Budaya tidak selamanya identik dengan hal-hal berbau tradisional, seperti bahasa, kesenian, pakaian, dan lainnya.

Seringkali kita mendengar kata "budaya", maka yang terlintas di pikiran kita adalah simbol budaya dari suatu daerah atau negara.

Analisis

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, yang dimiliki sebuah kelompok, dan diwariskan secara turun-temurun.

Maka dari itu antara daerah satu dengah yang lain memiliki budaya yang berbeda. Dan juga, masa lalu dan masa kini juga turut mempengaruhi budaya yang ada pada suatu daerah.

Jika dikelompokkan, hasil budaya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kepercayaan, estetika, dan pengetahuan.

Ketiga hal tersebut saling berpengaruh antara satu sama lain dan timbul hasil  seperti hukum, bahasa, adat-istiadat, pakaian, tempat tinggal, teknologi, dan lain sebagainya.

Salah satu faktor mengapa budaya selalu berkembang dan berubah seiring perkembangan zaman karena adanya perubahan lingkungan yang lumayan ekstrim.

Sehingga tidak mungkin perubahan budaya tidak dapat terjadi, dan wacana dalam pelestarian budaya hanya akan bebentuk wacana simbolis saja. Karena manusia tidak bisa hidup dengan cara hidup yang lama.

Tetapi, yang perlu kita perhatikan bahwa budaya lama akan tetap menjadi acuan untuk melahirkan budaya yang baru, sehingga kita dapat mengatakan bahwa budaya baru adalah hasil modifikasi dari budaya lama.

Kesimpulan

Tidak selamanya perubahan budaya itu buruk, walaupun sangat disayangkan beberapa budaya lama ada yang punah atau hilang.

Menjadi ironi bahwa di satu sisi hilangnya budaya lama sangat memprihatinkan, tetapi di sisi lain manusia tidak sanggup berada di satu titik saja.

2. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

teks eksplanasi
source image: istockphoto.com

Pernyataan Umum

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Analisis

Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu:Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. 

Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat kita cermati bahwa gerhana matahari terjadi karena posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Dan gerhana matahari ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari hibrida relatif. Dan pada saat kita melihat gerhana matahari ada baiknya tidak melihatnya secara langsung karena dapat merusak penglihatan. Jadi gunakanlah kaca mata khususnya.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, tujuan, kaidah kebahasaan dan contoh teks eksplanasi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,Ciri teks,15,contoh,103,CPNS,52,cpns2019,91,cv,5,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,jurnal,2,Kalender,26,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,15,laporan,14,makalah,3,modul,6,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,91,pengertian,23,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,poster,3,PPT,22,proposal,7,resume,4,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,9,surat,1,template,3,template ppt,5,Terbaru,1,tips,4,
ltr
item
Info Pendidikan: Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEimXaQ-Z4etEvVYyt4XN3EZh8hnhBrV5P5Asq8e8-rMMmkAZY0u3xQUO8hb5o2Moy6DQVwTDqj6FwH5tI9TNNUlICrYZXrXexvIQwtzIITiJWaXcmSVfUI9OJRsZNuEkUWTleTwFXkI61OPGhxSH8NYPmmBczF1O35OKSy-VPFY-fP2FCTgjdYm5QpP=w640-h396
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEimXaQ-Z4etEvVYyt4XN3EZh8hnhBrV5P5Asq8e8-rMMmkAZY0u3xQUO8hb5o2Moy6DQVwTDqj6FwH5tI9TNNUlICrYZXrXexvIQwtzIITiJWaXcmSVfUI9OJRsZNuEkUWTleTwFXkI61OPGhxSH8NYPmmBczF1O35OKSy-VPFY-fP2FCTgjdYm5QpP=s72-w640-c-h396
Info Pendidikan
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-eksplanasi-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-eksplanasi-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content