Pengertian Teks Diskusi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks diskusi
Teks Diskusi - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks diskusi. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Diskusi

Diskusi adalah sebuah bentuk interaksi komunikasi yang terjalin antar dua individu atau kelompok yang berupa pembahasan yang pada akhirnya menghasilkan pemahaman yang baik dan benar.

Berdiskusi pada umumnya adalah saling bertukar ide, gagasan, dan pendapat tentang sebuah topik. Dengan berdiskusi, kita bisa mengambil manfaat berupa penambahan pengetahuan, dan memahami bagaimana orang memandang suatu topik dari sudut pandang yang berbeda.

Teks diskusi adalah sebuah wacana berupa tulisan yang memberikan dua pendapat berbeda, satu sisi adalah pendukung dan satu sisi kontra. Perbedaan pendapat tersebut akan mengakibatkan keduanya saling bertukar pikiran mengenai suatu topik yang menjadi bahan perbincangan.

Tujuan Teks Diskusi

Teks diskusi bertujuan untuk meraih kesepakatan atau satu pemahaman pendapat atau gagasan. Tujuan dari diskusi tersebut antara lain:

  • Melakukan pengujian secara bersama mengenai suatu gagasan yang dikemukakan orang lain.
  • Untuk mempelajari mengungkapkan dan juga menanggapi keterangan yang searah.
  • Untuk bisa menyadari dan menguji bukti sistem nilai, opini dan respon dari suatu gagasan atau orang lain.
  • Untuk saling tukar pikiran dan ide.
  • Untuk menghubungkan data dan kondisi dari berbagai pandangan orang lain dan latar belakang yang tidak sama.
Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Ciri-ciri Teks Diskusi

  1. Memuat informasi yang bersifat informatif-argumentatif.
  2. Menggunakan modalitas untuk membangun opini atau rekomendasi.
  3. Strukturnya terdiri dari isi, argumen pendukung, argumen penentang, dan simpulan.
  4. Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan kata hubung berlawanan, seperti tetapi, sedangkan, dan sebagainya.

Struktur Teks Diskusi

  • Isu

Bagian isu akan membahas masalah yang didiskusikan lebih lanjut.

  • Argumen mendukung

Bagian ini akan membahas materi yang mendukung hal yang menjadi pokok masalah dalam diskusi.

  • Argumen menentang

Bagian ini akan membahas materi yang bertentangan dengan argumen mendukung.

  • Kesimpulan

Terakhir kesimpulan yang berisi argumen yang paling efektif dari kedua sudut pandang, baik pro maupun kontra. Bagian ini juga terdapat rekomendasi mengenai isu yang didiskusikan berdasarkan argumen-argumen yang disajikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

1. Menggunakan konjungsi perlawanan

Teks diskusi menggunakan kata penghubung perlawanan misalnya: sedangkan, tetapi, sebaliknya, namun.

2. Menggunakan pengulangan kata

Pengulangan kata ini bertujuan untuk mempertegas apa yang disampaikan dalam argumen. Terdapat kata yang sengaja diulang agar pembaca lebih mudah memahami teks sepenuhnya, karena isinya memang membandingkan dua argumen.

3. Menggunakan kata yang menunjukan suatu sikap

Biasanya teks diskusi menggunakan kata yang bertujuan menunjukan suatu sikap. Baik itu sikap mendukung suatu argumen ataupun menolaknya.

Contoh Teks Diskusi

1. Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba

teks diskusi

Isu

Narkoba adalah obat-obatan dan obat-obatan berbahaya yang mengandung zat adiktif atau psikotropika yang dapat memiliki efek adiktif / adiktif pada pengguna atau orang-orang yang menggunakannya dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam jangka panjang.

Argumen Mendukung

  • Bahaya menggunakan narkoba:
  • Kerusakan saraf dan otak
  • Disfungsi reproduksi
  • Sering mual dan muntah
  • Kurang nafsu makan untuk menurunkan berat badan secara permanen
  • Gangguan paru-paru
  • dan masih banyak lagi

Argumen Menentang

Tetapi obat-obatan tidak buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat psikotropika ini sebenarnya digunakan dalam pengobatan. Sehubungan dengan anestesi pada pasien dan spesifik. Tetapi dalam jumlah yang sangat kecil ini tidak berbahaya.

Kesimpulan

Ketika Anda sudah menyadari bahaya narkoba, lebih baik menghindari penggunaan narkoba, dan hati-hari terhadap pergaulan bebas.

2. Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja

teks diskusi
source image: salamadian.com

Isu

Anak adalah satu anugrah yang tidak ternilai harganya yang diberikan Tuhan untuk pasangan yang telah menikah. Jadi, sudah seharusnya kita menjaga anak-anak agar dapat memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang. Namun, pergaulan yang semakin bebas membuat tidak sedikit anak yang menjadi salah dalam memilih teman. Jika ditelisik lebih dalam, haruskah anak diijinkan mengendarai sepeda motor dalam kondisi apapun? Banyak pendapat yang berbeda di masyarakat mengenai anak-anak yang mengendarai sepeda motor baik yang telah memiliki SIM maupun yang belum memiliki.

Argumen Mendukung

Sebagian masyarakat memliki banyak alasan dalam pemberian ijin kepada anak-anak mereka untuk mengendarai kendaraan diusia dini. Alasan pertama, mereka memberikan ijin kepada anak-anak mereka untuk melatih si anak menjadi lebih mandiri. Kedua membantu orangtua, seperti pergi ke sekolah sendirian, mengantarkan orangtua atau saudara ke suatu tempat, dan membuat orangtua tenang karena tidak perlu menggunakan ojek (orang lain) atau kendaraan umum (menghindari kriminalitas dalam kendaraan umum). Dengan pengarahan yang baik oleh orangtua, tidak ada salahnya seorang anak mengendarai kendaraan bermotor.

Argumen Menentang

Sebagian lagi masyarakat menganggap anak atau pelajar belum layak mengendarai sepeda motor. Banyak alasan yang menyertainya. Seperti, belum cukup umur untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM), belum paham akan peraturan-peraturan lalu lintas yang ada di jalan, dan yang pasti kesiapan mental anak belum cukup untuk mengendarai kendaraan di jalanan. Aksi kebut-kebutan di jalan jelas mengancam keselamatan mereka. Apalagi kurangnya pengetahuan mereka tentang berkendara yang baik, akan menambah kekawatiran masyarakat saat melihat akhir tersebut.

Kesimpulan

Pada prinsipnya, sanksi yang diberikan kepada anak yang melakukan pelanggaran berlalu-lintas dan aksi kebut-kebutan di jalan dapat diberikan untuk membuat jera pelakunya. Namun, pemberian sanksi yang salah juga dapat menyebabkan anak menjadi lebih berani dan nakal. Sebenarnya, yang paling penting adalah peranan orangtua dan masyarakat dalam mengawasi setiap tindakan anak. Pemberian ijin mengendarai kendaraan dengan alasan yang tepat juga dapat menjadikan anak belajar bertanggungjawab.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Diskusi Berbagai Tema Terbaik

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, tujuan, kaidah kebahasaan dan contoh teks diskusi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks Diskusi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Diskusi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiEqi2KBQfnNaGMGx66elWGApj_Tnjg6_XP-NEJQz5l3F4Pe7HPY-WQ9r-oKrBzwbSYg-NideBmwqJcVxHX_Kx6hIUsdnVz2sZlTPCtlm2kWbq3yS6PD8hCWyhzbPzE4nASyBTWmxhZindsOfZ6dDADeke96g4Fcaw3iuU7gQMJyY8wB4Q_4MifEi4a=w640-h408
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiEqi2KBQfnNaGMGx66elWGApj_Tnjg6_XP-NEJQz5l3F4Pe7HPY-WQ9r-oKrBzwbSYg-NideBmwqJcVxHX_Kx6hIUsdnVz2sZlTPCtlm2kWbq3yS6PD8hCWyhzbPzE4nASyBTWmxhZindsOfZ6dDADeke96g4Fcaw3iuU7gQMJyY8wB4Q_4MifEi4a=s72-w640-c-h408
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-diskusi-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-teks-diskusi-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content