Pengertian Location Based Advertising (LBA) dalam Marketing

Daftar Isi [Tampil]

pengertian location based advertising
Pernahkah mendapat pesan yang berisi sebuah promosi atau penawaran diskon dari gerai makanan cepat saji? Pesan yang dikirim hanya satu atau dua kali saja, mungkin tidak mengganggu. Jika berkali-kali tentunya sangat mengganggu bukan? Nah, ketahuilah ini termasuk salah satu Location Based Advertising (LBA). Lalu, apa pengertian Location Based Advertising itu? Yuk, simak berikut ini. 

Location Based Advertising (LBA) Dalam Marketing

LBA termasuk salah satu metode pemasaran menggunakan media perangkat selular untuk menawarkan produk langsung kepada pelanggan berdasarkan lokasi audience berada. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan berupa pesan singkat setelah berada di lokasi atau dekat dengan lokasi yang sudah ditentukan. Tujuan adanya metode ini agar menjangkau pengguna sesuai titik lokasi untuk mempromosikan produk, meningkatkan loyalitas konsumen, hingga relevansi yang dipancarkan. 

Kemajuan teknologi di era digital, tentu memudahkan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi lokasi audiens yang sudah ditargetkan. Secara tidak langsung, Anda akan membuka dan membaca pesan tersebut, bukan? Strategi pemasaran ini sudah banyak diterapkan oleh perusahaan berskala besar. Lalu, apa manfaat Location Based Advertising yang bisa didapatkan?

Manfaat Menggunakan Strategi Location Based Advertising

Strategi marketing seperti ini dinilai cukup efektif dalam memasarkan bisnis secara luas karena menyesuaikan lokasi konsumen dengan lokasi bisnis. Setelah memahami pengertian Location Based Advertising, selanjutnya adalah mengetahui manfaat yang diberikan kepada pelaku bisnis. 

1. Memperluas Jangkauan Bisnis

Sesuai dengan pengertian yang sudah disampaikan, bahwa metode promosi ini memang menjangkau pelanggan yang berada di lokasi terdekat. Artinya, hanya melakukan pemasaran di lokasi bisnis itu sendiri. Meskipun bersifat lokal, tetapi sudah terbukti efektif menjangkau konsumen lebih luas. Dengan adanya strategi ini, penerima pesan akan menyampaikannya dari mulut ke mulut untuk mempromosikan penawaran yang diberikan. Terlihat sederhana, tetapi jelas efektif meningkatkan keuntungan, kan?

2. Komunikasi Secara Real Time

Siapa yang tidak menyukai promo atau diskon? Rasanya, hampir setiap orang pasti ingin mendapatkannya. Adanya sistem promosi berdasarkan lokasi audiens berada, kemungkinan calon pelanggan bisa langsung datang ke lokasi tersebut. Mengapa? Karena, lingkup konsumen berada di lingkungan yang sama dengan lokasi bisnis. Dengan perangkat yang sama perusahaan juga bisa melihat calon pelanggan menuju ke lokasi. 

3. Konsumen Lebih Mudah Menjangkau Lokasi Bisnis

Fungsi strategi pemasaran berdasarkan lokasi target ini dapat mempermudah pelanggan untuk mengunjungi lokasi bisnis. Apalagi ketika lokasinya tidak jauh dari rumah dan masih dalam lingkup yang sama, tentu membawa keuntungan kan? Jika lokasinya terlalu jauh, besar kemungkinan pasti konsumen enggan datang ke lokasi sekalipun penawarannya menggiurkan. Dengan melihat penawaran atau iklan produk, maka potensi pelanggan datang ke lokasi akan lebih besar. 

4. Dapat Meningkatkan Angka Penjualan

Berdasarkan pengertian Location Based Advertising yang telah disampaikan, tujuannya ialah menjangkau konsumen seluas-luasnya. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka penjualan. Jenis strategi marketing yang memanfaatkan lokasi ini membawa keuntungan dengan menaikkan angka penjualan. Secara tidak langsung, Anda pasti akan melihat pesan yang sudah dikirim ke ponsel. Ditambah, penawaran diskonnya yang menggiurkan. Tentu, pastinya tertarik untuk mencoba, bukan?

5. Dapat Menghemat Biaya Promosi

Untuk mempromosikan sebuah bisnis sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, melalui teknik marketing LBA dapat menghemat anggaran promosi untuk bisnis yang dijalankan. Sebab, marketing yang dilakukan masih berada pada lingkup yang sama. Selain itu, Anda tidak perlu menyebarkan brosur, membuat pamflet, hingga baliho yang harganya tidaklah murah. Cukup melalui pesan singkat dengan target audiens yang tepat. Menarik, kan?

Jenis strategi pemasaran ini sangat membantu dalam menekan biaya promosi dan bisa mengembangkan bisnis dengan mudah, terutama untuk pemula. Dengan begitu, biaya promosi bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lain untuk mengembangkan bisnis

Kira-kira, Apakah Promosi Ini Cukup Efektif Untuk Bisnis?

Mungkin sebagian orang akan bertanya, apakah efektif melakukan strategi marketing seperti ini? Jika dilihat dari sisi kekurangannya, terkadang pesan yang masuk bisa berkali-kali. Hal ini dapat mengganggu dan kurang nyaman. 

Bila melihat dari sisi positifnya, tentu sangat memudahkan pelaku bisnis dalam mempromosikan perusahaannya. Tak jarang, sebagian orang juga merasa nyaman dan mudah mengetahui promosi apa saja yang sedang berlangsung di gerai tersebut. Jadi, teknik ini membuktikan cukup efektif. Teknik ini memang punya kekurangan dan kelebihan, tetapi banyak pula perusahaan yang menerapkannya. 

Selain itu, pesan yang diterima akan bersifat personal berdasarkan lokasi target dan memberikan promosi yang relevan bagi konsumen. Jika lokasi bisnis jauh dari lingkup konsumen, sudah pasti mereka enggan untuk datang. Berbeda dengan teknik ini yang menjangkau sesuai lokasi terdekat, sehingga kemungkinan konsumen datang ke lokasi lebih besar. 

Keuntungan lainnya adalah tepat waktu dalam menyampaikan promosi. Artinya, Anda dapat mengirim informasi mengenai promosi pada waktu yang sudah ditentukan. Misalnya, pesan singkatnya berisi promosi di rumah makan pada tanggal 12 – 13 Februari 2021. Dengan begitu, pelanggan lebih mudah mengingatnya dan sudah pasti promosinya berlangsung sesuai tanggal yang ditetapkan. Teknik ini memang banyak dijumpai pada strategi pemasaran makanan. 

Baca Juga: 6 Tips Membuat Content Marketing yang Menarik Untuk Bisnis

Selain tepat waktu, ternyata juga bisa tepat sasaran target konsumen. Anda dapat menentukan target sesuai umur ataupun jenis kelamin. Adanya detail mengenai calon pelanggan, tentu target konsumennya akan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, membawa keuntungan bagi pelaku bisnis. Bagaimana, setelah memahami pengertian Location Based Advertising tertarik untuk menerapkan strategi marketing ini?

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Location Based Advertising (LBA) dalam Marketing
Pengertian Location Based Advertising (LBA) dalam Marketing
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgqObrMCQpd9qhxGuoY8sVi3_r2gu6q64AQ-_ynDNygpplia2n3_XfSA-m5wjhhxVNUwg5-C3kE-sE7KjGp-B2uuC6r7-QHZ9_n56Cnni5W5IKAk-Oge9m38pcDoeRbrVxODnZ0bw-qou4NaPM62a_GLQVRXgowMpPpsUNWPB5s1ul3mDeiaf5KdPzn=w640-h376
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgqObrMCQpd9qhxGuoY8sVi3_r2gu6q64AQ-_ynDNygpplia2n3_XfSA-m5wjhhxVNUwg5-C3kE-sE7KjGp-B2uuC6r7-QHZ9_n56Cnni5W5IKAk-Oge9m38pcDoeRbrVxODnZ0bw-qou4NaPM62a_GLQVRXgowMpPpsUNWPB5s1ul3mDeiaf5KdPzn=s72-w640-c-h376
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-location-based-advertising.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/pengertian-location-based-advertising.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content