6 Tips Membuat Content Marketing yang Menarik Untuk Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

tips membuat content marketing
Strategi pemasaran menjadi salah satu kunci keberhasilan ketika menjalankan sebuah bisnis. Tanpa adanya strategi marketing, tentunya membuat bisnis kurang dikenal maupun dijangkau masyarakat. Oleh sebab itu, strategi begitu penting guna memperkenalkan bisnis kepada calon konsumen. Ada banyak sekali strateginya, salah satunya melalui content marketing. Lalu, bagaimana langkah membuat konten marketing yang menarik? Yuk, simak berikut ini. 

Apa Itu Konten Marketing?

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai tipsnya, ada baiknya untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu. Konten marketing termasuk salah satu strategi bisnis pada era digital. Melalui konten yang menarik, tentunya dapat membangun relasi dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Hal ini sangat diperlukan untuk kemajuan bisnis. 

Pembuatan konten haruslah menarik, jadi bukan hanya sekadar dibuat seadanya lalu didistribusikan ke media sosial. Maka dari itu, dibutuhkan rencana dan penyusunan strategi yang tepat agar menghasilkan keuntungan. Sebab, konten marketing yang menarik mempunyai efek jangka panjang. 

Selain itu, memberikan isi konten yang berkualitas, mampu menjawab permasalahan konsumen, dan tepat sasaran mampu mendorong masyarakat menjadi pelanggan. Tentunya, harus memberikan konten yang berkualitas dan relevan. Cara ini juga membantu meningkatkan kedekatan dan relasi yang kuat dengan audiens. Hasilnya, masyarakat akan membeli produk Anda daripada memilih kompetitor karena kepercayaan sudah terbangun. Lalu, bagaimana tipsnya? 

Tips dan Strategi Membuat Konten Marketing yang Menarik Untuk Bisnis

Jika berbicara dari segi efektivitasnya, tentu konten marketing salah satu strategi pemasaran yang cukup mudah bila dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Selain itu, biayanya juga lebih hemat karena tidak harus menyewa lapak lain. Apabila isi kontennya menarik, konsumen akan senang hati untuk membaca maupun membagikannya kepada pengguna internet lain. Berikut langkah-langkah membuat konten marketing yang bisa Anda lakukan. 

1. Harus Mengetahui Tujuan Pembuatan Konten 

Strategi konten marketing yang harus pertama kali dilakukan ialah mengetahui terlebih dahulu tujuan pembuatan konten tersebut. Pastikan pembuatannya benar-benar mendatangkan keuntungan untuk bisnis yang sedang dijalankan. Anda harus mengetahui tujuan yang hendak dicapai, apakah konten dibuat untuk menyampaikan informasi kepada penonton atau pembaca, menjangkau konsumen lebih banyak, mendorong pembaca atau penonton untuk membeli produk yang ditawarkan, atau meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Sebagai contoh, bila tujuan yang ingin disampaikan mengenai informasi dari sebuah produk. Tentu, harus berisi hal-hal yang informatif, berisi hal penting, dan mampu menjawab permasalahan yang konsumen butuhkan. Buatlah isi konten yang menarik, misalnya berisi permasalahan kemudian pemberian solusi. Dengan begitu, mampu menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan kepercayaannya saat menggunakan produk dari bisnis Anda. 

2. Menentukan Target Pemasaran

Hal kedua yang harus diperhatikan juga mengenai target sasaran untuk produk yang hendak dipromosikan. Tentukan target yang realistis guna mendapatkan audiens sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Selain itu, pasar yang dituju maupun persaingan juga menjadi faktor penentu keberhasilan dari pemasaran produk. Oleh karena itu, sebelum membuat konten marketing harus berfokus pada target yang telah disasar dan berikan isi konten yang inovatif. 

3. Membuat Isi Konten yang Menarik, Kreatif, dan Inovatif

Setelah mengetahui tujuan dan target audiens, selanjutnya ialah membuat isi konten yang menarik. Ada banyak sekali pilihan yang bisa menjadi konten marketing dalam sebuah bisnis, mulai dari membuat blog atau website, membuat infografis, video, e-book, dan masih banyak lagi. 

Jika sudah ditentukan target dan tujuan, rasanya menentukan ide konten tidak terlalu sulit. Namun, bila masih ragu bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Langkah membuat konten marketing bisa dilakukan dengan melihat video marketing, membaca buku mengenai strategi pemasaran, dan bisa juga tanyakan kepada audiens tentang topik yang ingin diketahui lebih mendalam. 

Untuk memaksimalkan strategi marketing, buatlah isi konten yang beragam dalam kurun waktu yang ditentukan. Misalnya, membuat konten berupa video untuk di Youtube, bisa juga membuat artikel pada website, hingga konten di media sosial. Anda bisa membuatnya lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi era digital. 

4. Menentukan Platform yang Tepat

Tips membuat konten marketing berikutnya adalah memilih platform yang akan digunakan untuk menyebarluaskan konten. Menentukan platform digital yang tepat akan sangat membantu proses pemasaran, sehingga bisnis lebih mudah dikenal. 

Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu, carilah platform mana yang lebih banyak digunakan. Misalnya, menggunakan platform media sosial berupa Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi. 

5. Mempelajari Target Audiens

Setelah menentukan platform, Anda juga harus melihat kebiasaan para target saat menggunakan media sosial. Hal ini membantu bisnis untuk mendapatkan keuntungan dengan menjangkau calon pelanggan lebih luas. 

Jika target audiens tergolong generasi milenial, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Youtube. Kedua platform ini banyak digandrungi para millennial, terutama Instagram. Sebab, melalui Instagram lebih mudah mencari sesuatu yang diinginkan, berinteraksi dengan pelanggan, dan banyak menjangkau konsumen dari berbagai wilayah.

6. Membagi Jenis Konten Untuk Diposting 

Untuk mendatangkan keuntungan dalam bisnis, konten marketing harus berisi informasi yang menarik. Anda bisa membagi tiga bagian, yaitu konten berisi pengenalan, konten branding produk, dan penjualan yang mendorong konsumen untuk membelinya. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Konten marketing yang menarik bisa dibuat dengan berbeda-beda topik setiap harinya. Tentu, pelanggan akan merasa senang bila pelaku bisnisnya memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Isi konten bisa berupa tips atau solusi yang menarik. Kira-kira itulah langkah membuat konten marketing yang menarik dan kreatif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 6 Tips Membuat Content Marketing yang Menarik Untuk Bisnis
6 Tips Membuat Content Marketing yang Menarik Untuk Bisnis
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgDmV7uL2_4pl3Lsv9LbtwG4cX2AoF2tUHG5Rwe4uIA0GRa0ZKyjWAHApHYDZvQETjD7cmnfezoxxVD2Q11IRjqkHoCwmQon8DU47o5DOAZM0q1u01oTNVfhAdNDfDwf3XYR4k15FcyaI9Q1Di2zP1hwOBplhMeH4_ECkJjCCtuBXJCHK2Qbfs36zV5=w640-h388
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgDmV7uL2_4pl3Lsv9LbtwG4cX2AoF2tUHG5Rwe4uIA0GRa0ZKyjWAHApHYDZvQETjD7cmnfezoxxVD2Q11IRjqkHoCwmQon8DU47o5DOAZM0q1u01oTNVfhAdNDfDwf3XYR4k15FcyaI9Q1Di2zP1hwOBplhMeH4_ECkJjCCtuBXJCHK2Qbfs36zV5=s72-w640-c-h388
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/tips-membuat-content-marketing.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/tips-membuat-content-marketing.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content