Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris & Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Pada zaman sekarang, terutama pada lingkungan bisnis dan pendidikan. Kita seringkali menulis surat untuk instansi atau personal tertentu untuk kebutuhan bisnis dan pendidikan kita. Bentuk surat ini bisa saja memiliki sifat formal, informal, maupun personal, mungkin juga kombinasi dari sifat-sifat tersebut. 

Walaupun terlihat mudah, menulis surat bisa menjadi kegiatan yang cukup menguras waktu dan pikiran. Namun sekarang, menulis surat terutama surat pribadi atau personal letter sudah jauh lebih mudah. Karena ada banyak contoh surat pribadi Bahasa Inggris yang bisa dijadikan template dalam menulis. 

Sebelum melihat contoh penulisan surat pribadi Bahasa Inggris ini. Berikut ini sekilas penjelasan mengenai surat pribadi atau personal letter. 

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Surat Pribadi atau Personal Letter

Surat pribadi atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Personal Letter adalah surat yang ditujukan dari individu ke individu lain maupun institusi yang sifatnya pribadi. Surat jenis ini biasanya lebih panjang daripada sekedar surat undangan atau sebuah catatan. 

Bahkan beberapa personal letter atau surat pribadi biasanya memiliki sifat yang formal. Surat pribadi ini bisa dikirimkan berupa tulisan tangan maupun dikirim melalui email dan media lainnya. 

Tujuan Penulisan Surat Pribadi Bahasa Inggris  

Tujuan penulisan surat pribadi Bahasa Inggris bisa sangat beragam. Mengingat sifat dari personal letter ini bisa saja formal maupun informal. Untuk surat yang bersifat informal, mungkin saja tujuan untuk bertukar kabar pada teman atau individu yang sudah dikenal. 

Dalam sifatnya yang formal, personal letter ini bisa saja ditulis untuk melamar beasiswa atau pekerjaan tertentu. Mungkin juga untuk meminta rekomendasi dalam bisnis atau bidang pendidikan. 

Struktur Personal Letter atau Surat Pribadi Bahasa Inggris

Sebelum melihat contoh surat pribadi Bahasa Inggris, ada baiknya untuk kita memahami struktur dari personal letter atau surat pribadi ini sendiri. Sebenarnya tidak ada struktur pakem atau tertentu dalam penulisan surat pribadi ini. Namun, adanya struktur ini bisa membuat penulisan surat menjadi lebih rapi apalagi jika ada sifat formal di dalamnya. 

Berikut ini beberapa struktur yang sering kali ditemukan dalam penulisan surat pribadi dalam Bahasa Inggris. 

1. Nama dan Alamat Pengirim 

Hal pertama yang perlu dituliskan dalam surat pribadi adalah nama kamu sebagai pengirim dan alamat lengkap. Bagian ini biasanya dituliskan di bagian kiri atas dari surat kemudian dituliskan juga tanggal penulisan surat sebelum dikirimkan. 

2. Nama dan Alamat Penerima 

Selain nama dan alamat dari si pengirim, tentu saja perlu ditulis juga nama dan alamat si penerima. Bagian ini ditulis di bagian atas kanan pada surat, tepat di bagian bawah penulisan tanggal surat yang dikatakan sebelumnya. 

3. Salam Pembuka 

Setiap surat pribadi atau personal letter pastinya harus diawali dengan yang namanya salam pembuka. Salam pembuka yang biasanya digunakan untuk mengawali surat pribadi ini seperti sapaan Dear dan sapaan lainnya. Salam ini sudah cukup untuk membuka isi surat. 

4. Paragraf Pengenalan 

Pada bagian ini, kamu bisa menyampaikan tujuan kamu mengirim surat. Tujuannya agar penerima surat tertarik untuk membaca maksud dan tujuan yang disampaikan hingga akhir surat. 

5. Paragraf Penjelas 

Pada paragraf ini, kamu bisa mengembangkan lagi secara rinci tujuan kamu mengirimkan surat. Paragraf ini sebaiknya tidak terlalu panjang. Hal ini agar pembaca atau penerima surat tidak kehilangan ketertarikan dalam membaca surat. Tuliskan hal yang diperlukan saja. 

6. Kesimpulan 

Paragraf ini berisi kesimpulan dari maksud mengirim surat yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada bagian ini, kamu bisa meminta penerima untuk melakukan apa yang menjadi tujuanmu atau membalas surat yang kamu kirimkan. 

7. Tanda Tangan 

Terakhir adalah tanda tangan, bagian ini tidak harus selalu berupa tanda tangan. Kamu bisa menuliskan nama lengkapmu saja di bagian bawah surat. Hal ini tergantung dengan kebutuhan dan sifat surat pribadi yang kamu kirimkan. 

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Setelah membahas mengenai pengertian, tujuan, dan struktur dari personal letter atau surat pribadi. Berikut ini adalah contoh surat pribadi dengan Bahasa Inggris yang bisa digunakan sebagai template penulisan surat pribadi kamu. 

To,

Greg Anderson

Owner

Spice and Chilli Restaurant

West Putney, Fredson mark

Street 5th, London

Date: 5th May 2014

Dear Mr. Greg

I, Peter Parker, the owner of Parker Fast Foods, am writing this letter to you to give a personal reference for the position of a restaurant manager at your restaurant. I refer Mr. Bill Jones for this position with the confidence that he will do a great job.

Mr. Jones worked as a manager at my fast food restaurant for a period of 1.5 years. He was extremely hardworking and dedicated from the very beginning and was always ready to learn more each day. He possesses excellent managerial skills, communication skills and organization abilities and these are what make him an excellent choice for a managerial position of this nature.

His experience in this field also contributes to the fact that he can handle all duties of a restaurant manager with ease and without getting stressed.  If you have any queries or questions, I am here to answer them all anytime.

Thanking you,

Yours sincerely,

Peter Parker

Artinya:

Kepada,

Greg Anderson

Pemilik

Restoran Rempah dan Cabai

Putney Barat, tanda Fredson

Jalan 5, London

Tanggal: 5 Mei 2014

Tuan Greg yang terhormat

Saya, Peter Parker, pemilik Parker Fast Foods, menulis surat ini kepada Anda untuk memberikan referensi pribadi untuk posisi manajer restoran di restoran Anda. Saya merujuk Mr. Bill Jones untuk posisi ini dengan keyakinan bahwa dia akan melakukan pekerjaan dengan baik.

Pak Jones bekerja sebagai manajer di restoran cepat saji saya selama 1,5 tahun. Dia sangat pekerja keras dan berdedikasi sejak awal dan selalu siap untuk belajar lebih banyak setiap hari. Dia memiliki keterampilan manajerial yang sangat baik, keterampilan komunikasi dan kemampuan organisasi dan inilah yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk posisi manajerial.

Pengalamannya di bidang ini juga berkontribusi pada fakta bahwa ia dapat menangani semua tugas manajer restoran dengan mudah dan tanpa stres. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pertanyaan, saya di sini untuk menjawab semuanya kapan saja.

Terima kasih,

Dengan hormat,

Peter Parker

Baca Juga:

Itulah contoh surat pribadi Bahasa Inggris berikut dengan penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan strukturnya. Penjelasan di atas diharapkan bisa memudahkan kamu dalam menulis personal letter atau surat pribadimu sendiri dalam Bahasa Inggris. 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris & Artinya
Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris & Artinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjP5u7dj_34qucNgLUBwd-dsP8DpZEVNTUyRUpLLwHvBYhB3vUmOv9m1uvO1Jr9j3Wf4Rtw5hJTDW6HAJCWPaR3maumA1hT-9OoUk86yB2d08n7wXifI2ZTG5fuVm96abR6kZ7hcrvt2ZmybO1q0XiObuEp0fTHWLsxaq8FPZJbRmOcJgW9GYii7406=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjP5u7dj_34qucNgLUBwd-dsP8DpZEVNTUyRUpLLwHvBYhB3vUmOv9m1uvO1Jr9j3Wf4Rtw5hJTDW6HAJCWPaR3maumA1hT-9OoUk86yB2d08n7wXifI2ZTG5fuVm96abR6kZ7hcrvt2ZmybO1q0XiObuEp0fTHWLsxaq8FPZJbRmOcJgW9GYii7406=s72-w640-c-h384
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-surat-pribadi-bahasa-inggris.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-surat-pribadi-bahasa-inggris.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content