2 Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

Daftar Isi [Tampil]

Apakah Anda tahu tentang teks diskusi? Teks ini sering digunakan dan mudah ditemukan jika Anda baca artikel berita. Ingin tahu apa sebenarnya teks diskusi ini? Mari bahas definisi, susunan struktur dan juga contoh teks diskusi tentang sampah di artikel ini agar lebih mudah paham!

Apa Itu Teks Diskusi?

Jika bertanya apa itu teks diskusi, jawabannya cukup mudah. Teks ini adalah hasil tulisan yang membahas sesuatu layaknya diskusi. Umumnya teks ini ditemukan dalam koran ataupun bacaan opini. Bahasannya lebih ditujukan untuk mengubah perspektif orang mengenai masalah tertentu dan memberi pemahaman tentang sebuah perspektif.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Diskusi Singkat dan Terbaik

Struktur Teks Diskusi

Sebelum membahas contoh teks diskusi tentang sampah, mari bahas dulu struktur dari tipe teks ini. Pada dasarnya teks diskusi digunakan untuk membahas sesuatu dan berusaha mencari solusi atau jawaban dari hal tersebut. Hal ini ditunjukkan dari bentuk strukturnya yang terdiri dari bahasan masalah, argumen pendukung, argumen melawan dan simpulan atau saran.

Walaupun menggunakan argumen pendukung dan argumen melawan, kedua hal ini tidak harus ada bersamaan. Untuk membuat teks diskusi lebih singkat dan sampel, beberapa teks diskusi hanya menggunakan argumen pendukung saja.

Bagi Anda yang ingin lihat penjelasan dari struktur teks ini lebih jelas, mari lihat penjelasan bagiannya satu per satu di bawah ini:

  • Bahasan Masalah

Hal ini adalah bagian utama dan awal dari teks diskusi. Bahasan masalah ataupun isu menunjukkan adanya peristiwa, fenomena atuapun hal yang harus dibahas. Nantinya bahasan ini akan berusaha digali untuk dipahami dari banyak perspektif dan akhirnya diselesaikan.

Jika baca contoh teks diskusi sederhana yang sudah banyak di media, Anda akan melihat awalan teks selalu membahas tentang topic yang paling serius dulu sebelum mengembangkannya dengan berbagai argumen.

  • Argumen Mendukung

Bagian ini adalah bahasan hal – hal pendukung bahasan masalah di awal teks. Biasanya bahasan ini menunjukan keseriusan masalah dan mengapa bahasan awal harus dilakukan. Penggunaan argumen ini akan memperluas jangkauan dan membuat bahasan menjadi lebih mudah diserap pembaca.

  • Argumen Melawan

Untuk membuat diskusi lebih kompleks dan dalam, bahasan biasanya memberi argumen melawan juga. Hal ini diberikan untuk mendapatkan perspektif tantangan yang harus dihadapi ataupun jika ada pandangan melawan.

Misalkan saja argumen tentang hukuman mati untuk koruptor. Di mata masyarakat Indonesia, hal ini tentu tidak masalah. Jika mencuri uang negara, artinya pejabat koruptor sudah masuk status penghianat negara. Tapi di sisi lain, pamor Indonesia bisa jatuh di mata internasional. Hukuman mati selalu dipandang terlalu ekstrem dari kacamata politik dunia. Masalah HAM dan tantangannya pasti ada.

Bahasan sisi negatif ini bukan untuk melawan sisi pendukung bahasan. Dari perspektif melawan, Anda bisa melihat bagaimana masalah halus ditangani lebih baik. Pada contoh hukuman mati untuk koruptor, bisa saja dibahas bagaimana Indonesia tetap mendorong hukuman ini agar memberi efek jera. Jika tidak mau mendapatkan hukuman mati, hendaknya pejabat lebih bertanggung jawab. Jika efektif, pandangan Internasional tentu tidak akan bermasalah.

  • Simpulan Atau Saran

Bagian akhir dari teks diskusi selalu membahas kesimpulan dan saran. Sebagaimana diskusi pada umumnya, bahasan selalu memiliki tujuan menyelesaikan masalah ataupun mencapai titik pengertian. Misalkan saja Simpulan teks diskusi sampah. Pada bagian akhir, umumnya dibahas solusi tentang sampah ataupun pemahaman mengapa masalah sampah harus diutamakan.

Contoh Teks Diskusi Mengenai Sampah

Setelah bahas definisi dan struktur teks diskusi sekarang waktunya bahas contohnya. Belajar buat teks dari baca contoh tentu memudahkan pemahaman. Karena itu artikel ini sudah buat kumpulan contoh teks diskusi yang beragam bentuknya. Walaupun Beragam semua bertema bahasan sampah.

Kumpulan contoh teks diskusi tentang sampah ini sengaja dipilih karena bahasannya selalu penting dari tahun ke tahun. Untuk memastikan bahasan tetap relevan, contoh teks diskusi ini akan melihat berbagai perspektif tentang diskusi sampah.

Contoh 1

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

Penggunaan platform daur ulang untuk sampah rumah tangga sudah berjalan. Masalahnya, aplikasi sistem dan platform daur ulang ini masih belum efektif. Sampah yang akhirnya harus dibakar ataupun dikubur padahal bisa di daur ulang masih banyak ditemukan.

Sistem daur ulang sebenarnya sudah efektif mengurangi pencemaran jika diaplikasikan baik. Contoh saja pada depot kompos lingkup RT atau RW. Depot ini menerima sampah sisa dapur dan rumah tangga. Untuk sisa sampah seperti kertas, kardus ataupun plastik, semua ditampung terpisah untuk daur ulang. Sisanya yang bisa diurai akan masuk tampungan bak kompos. Hal ini sudah ditemukan sukses di beberapa grup lingkungan kecil.

Kesuksesan ini umumnya dikarenakan arahan baik dari kepala desa, RT ataupun RW. Jadi, untuk memastikan sistem daur ulang berjalan, pemimpin yang baik adalah syarat utama. Selama ada yang menjadi pemimpin, para anggota masyarakat pasti mengikuti. Mereka akan memisah sampah yang bisa di daur ulang, bisa dijadikan kompos dan dibuang ke penampungan sampah. Selama ada yang mengarahkan dan memberi contoh, sistem ini pasti berjalan baik.

Contoh 2

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah
source image: detik.com

Sampah elektronik masih menjadi masalah serius saat ini. Dalam penggunaan sehari – hari, konsumsi elektronik meningkat. Jadi tidak heran jika sampah yang dihasilkan dari konsumsi ini juga meningkat. Walaupun penanganan sampah elektronik sudah dilakukan, efeknya masih minimal terlihat.

Penanganan sampah elektronik yang paling efektif adalah daur ulang. Parts dari elektronik kebanyakan berupa metal dan plastik. Semua ini bisa dilelehkan dan diproses ulang. Penanganannya mesin daur ulangnya juga tidak terlalu mahal.

Tapi di sisi lain, hal yang mahal adalah tenaga untuk mengurai bahan sampah elektronik agar bisa diproses. Bagi Anda yang tidak tahu, satu chip elektronik bisa terdiri dari metal besi, aluminium, platina, tembaga, timbal, plastik sintetis, silikon dan karbon. Mengurai bahan ini agar bisa didaur ulang akan butuh tenaga banyak orang sehingga mahal.

Dari banyak diskusi, solusi masalah ini ada dua cara. Pertama adalah memastikan pakai alat elektronik dengan daya tahan lama. Jika alat elektronik tidak mudah rusak, tentu sampah yang dihasilkan bisa menurun. Hal yang kedua adalah kanibalisasi spareparts. Jika chip lama dari mesin bisa digunakan untuk memperbaiki atau membuat mesin baru, tentu saja sampah elektronik bisa dikurangi jumlahnya.

Baca juga:

Sekian bahasan tentang contoh teks diskusi tentang sampah. Dari bahasan pengertian, struktur dan contoh, Anda sekarang pasti lebih mengerti tentang teks diskusi. Semoga bahasan ini membantu Anda membuat teks diskusi sendiri. Terima kasih sudah baca artikel ini.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah
2 Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh4kDi9YqtGripwrFzwkW24lQMa8PqSONeAKvT0FtAfjNgzANwmEfFB0KcrWFMgetcb6lCwkeng-Au2Wb8XPqyBTYr79xep6EIIJWUEi_dAdXwAr08aD3z6E2a0Pcko1zXzwc4nbvwajw3P8jelVbobvWiG7_3x9SezAHS2OWM9Du8CVKX4oQgtIco_=w640-h436
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh4kDi9YqtGripwrFzwkW24lQMa8PqSONeAKvT0FtAfjNgzANwmEfFB0KcrWFMgetcb6lCwkeng-Au2Wb8XPqyBTYr79xep6EIIJWUEi_dAdXwAr08aD3z6E2a0Pcko1zXzwc4nbvwajw3P8jelVbobvWiG7_3x9SezAHS2OWM9Du8CVKX4oQgtIco_=s72-w640-c-h436
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/2-contoh-teks-diskusi-tentang-sampah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/2-contoh-teks-diskusi-tentang-sampah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content