Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman Singkat dengan Strukturnya

Daftar Isi [Tampil]

Penggunaan teks anekdot paling sering berada di koran atau media online. Teks ini cukup populer dan isinya lebih ke arah mengkritik suatu hal. Karena dari teks anekdot inilah seseorang bisa mengemukakan pendapat secara tidak langsung. Contoh teks anekdot menyindir teman berikut ini cukup berbeda karena menceritakan insiden yang sering terjadi sehari-hari. Sindiran terhadap teman seringkali terjadi tanpa kita sadari.

Pembuatan teks anekdot tidak terlepas dari strukturnya yang terdiri dari lima bagian. Pertama adalah abstrak yang merupakan paragraf pembuka dan sebelum masuk ke inti masalah. Kedua, orientasi yaitu pembahasan masalah yang ada, ketiga adalah krisis yaitu inti masalah. Keempat, insiden yang sedang terjadi dan terakhir adalah koda yaitu refleksi atau kesimpulan akhir. Koda bisa digunakan atau tidak tergantung penulis.

Teks anekdot memiliki tujuan untuk menceritakan kembali sebuah insiden yang pernah atau sering terjadi. Hanya saja pengemasannya berbeda dengan adanya sisipan kritik dalam bentuk lelucon. Contoh kali ini termasuk teks anekdot sindiran yang biasanya terjadi dalam percakapan antar teman.

Berikut ini contoh teks anekdot singkat yang isinya sindiran kepada teman dengan sindiran mengenai Harga Teman. 

Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman 

Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman

Pada suatu sore Dika pergi ke toko bunga milik temannya. Dika bertemu langsung dengan temannya Joni di toko.

Dika : Jon, aku beli se-buket bunga dong. Bunganya mawar merah semua ya.
Joni : Oke siap, pake kartu ucapan gak?
Dika : Iya pake dong, yang gambarnya bagus dan wangi ada gak?
Joni : Ada, bentar gue ambilin.

Joni masuk ke dalam dan membawa kartu serta pena. Dika menulis ucapan sambil menunggu buket bunga selesai dirangkai.

Joni : Nih udah selesai, semuanya jadi 100 ribu.
Dika : Lah mahal amat, harga temen ya 20 ribu aja deh ya?

Joni tersenyum mendengar permintaan Dika, kemudian mengambil satu tangkai bunga mawar dari buket yang sudah dibuatnya. Bunga mawar tersebut diberikan ke Dika.

Joni : Nih kalau harga temen dapetnya yang ini!
Dika mengambil satu tangkai bunga mawar dan kartu ucapan setelah selesai membayar dan pergi sambil tersenyum kecut.

Apabila dilihat dari contoh teks anekdot menyindir teman maka struktur yang digunakan adalah sebagai berikut :

Abstraksi : Pada suatu sore

Orientasi : Dika bertemu langsung dengan temannya Joni di toko.

Krisis :
Dika : Jon, aku beli se-buket bunga dong. Bunganya mawar merah semua ya.
Joni : Oke siap, pake kartu ucapan gak?
Dika : Iya pake dong, yang gambarnya bagus dan wangi ada gak?
Joni : Ada, bentar gue ambilin.

Reaksi :
Joni : Nih udah selesai, semuanya jadi 100 ribu.
Dika : Lah mahal amat, harga temen ya 20 ribu aja deh ya?

Koda : Dika mengambil satu tangkai bunga mawar dan kartu ucapan setelah selesai membayar dan pergi sambil tersenyum kecut.

Membedah struktur teks anekdot pada beberapa kaidah kebahasaan yang diterapkan. Seperti penggunaan kata seru “dapetnya yang ini!”. Tokoh yang terlibat dalam contoh teks tersebut sangat jelas yaitu Dika dan Joni. Sedangkan latarnya adalah toko bunga milik Joni. Dika yang merupakan teman Joni memanfaatkan keadaan temannya sebagai penjual bunga untuk mendapatkan harga teman. 

Baca Juga:

Contoh teks anekdot menyindir teman di atas cukup menohok. Karena penulis ingin menunjukkan kepada orang-orang yang sering memanfaatkan teman untuk mendapatkan harga murah dari jualan milik teman. Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang baik untuk dijadikan kebiasaan.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman Singkat dengan Strukturnya
Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman Singkat dengan Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHoSIwA4hXsUVdT63lLXb3D9D1GtPDXuGJlXnmgkN9Btqan3tqJvCivvY4x7LV1h7QKUp8KT5I0n3nSHk6L7TJHlKMGt9pg_tk4crFjoLwf1-4YPdFszbwVTvT3Lm1KA2Mg3l682qQb-0/w640-h316/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHoSIwA4hXsUVdT63lLXb3D9D1GtPDXuGJlXnmgkN9Btqan3tqJvCivvY4x7LV1h7QKUp8KT5I0n3nSHk6L7TJHlKMGt9pg_tk4crFjoLwf1-4YPdFszbwVTvT3Lm1KA2Mg3l682qQb-0/s72-w640-c-h316/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/contoh-teks-anekdot-menyindir-teman.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/contoh-teks-anekdot-menyindir-teman.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content