10 Contoh Teks Non fiksi Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Non fiksi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks nonfiksi. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks nonfiksi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), non-fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. seperti dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), non-fiksi adalah kebenaran, seluruh kebenaran, dan hanya kebenaran. 

Karya non-fiksi adalah semua tentang fakta dan kejadian nyata. Meski ada beberapa perdebatan tentang jenis sastra mana syarat sebagai non-fiksi. Biasanya teks non-fiksi dipakai saat membuat karya sastra, karangan, artikel, biografi, kesehatan, sains, sejarah maupun karya ilmiah.

Baca Juga: 8 Contoh Teks Hikayat singkat & Terbaik

Ciri-Ciri Teks Nonfiksi

  1. Tulisan nonfiksi berupaya mencapai taraf obyektifitas tinggi dan membuat pembaca tertarik.
  2. Bahasanya bersifat denotatif dan tidak bermakna ganda.
  3. Biasanya berbentuk ilmiah populer seperti skripsi, artikel, makalah dan lainnya.
  4. Tulisan nonfiksi menyerukan nalar pikiran para pembaca.

Cara Menulis Teks Nonfiksi

Seperti dilansir dari Kompas.com, dalam membuat teks nonfiksi, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Menentukan tema

Sebelum membuat teks nonfiksi, kamu harus terlebih dahulu menentukan tema. Tema sendiri merupakan judul mengenai tulisan yang akan dibuat.

  • Merumuskan tujuan

Bagian ini juga cukup penting, karena akan menentukan arah dan jenis yang akan ditulis. Arah atau isi dari nonfiksi sangat dipengaruhi oleh kadar pengetahuan tema yang akan dibahas.

  • Mengumpulkan dan menganalisis data

Hal ini juga perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi kualitas teks nonfiksi. Data yang harus ditulis harus lengkap dan detail. Pengumpulan data bisa dilakukan berbagai cara seperti referensi buku, wawancara, diskusi atau survei.

  • Menyusun kerangka karangan

Kerangka karangan merupakan rancangan atau susunan pikiran utama yang terstruktur, yang selanjutnya direalisasikan dengan kalimat-kalimat.

  • Menyusun paragraf

Setelah semuanya selesai selanjutnya menyusun paragraf. Buatlah kaidah paragraf berupa satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.

Pembagian Nonfiksi

Nonfiksi dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Nonfiksi murni

Nonfiksi murni merupakan buku yang berisi pengembangan berdasarkan data-data yang otentik.

  • Nonfiksi kreatif

Nonfiksi kreatif berawal dari data otentik yang kemudian pengembangannya berdasarkan imajinasi, seperti puisi dan novel.

Contoh Teks Non Fiksi Singkat

1. Contoh Teks Non fiksi Tentang Penemu Handphone

Contoh Teks Nonfiksi

Handphone (HP) pertama kali didemonstrasikan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, dalam bentuk sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg.

Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000x — handphone yang pertama kali tersedia di pasaran. Sejak itu, HP menjadi barang yang diperjualbelikan di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan dalam ukuran, bentuk, dan kemampuannya. Selain Motorola, berbagai merk lainnya bermunculan.

Dari tahun 1990 sampai dengan 2011, pengguna HP di dunia berkembang dari 12,4 juta orang hingga menjadi lebih daripada 6 milyar orang. Artinya, sekitar 87% dari populasi dunia dewasa ini merupakan pemakai HP. (Populasi dunia saat ini telah melampaui 7 milyar orang.

Di pertengahan tahun 2013, sekitar 75% lebih pasar smartphone didominasi oleh smartphone berbasis Android. Sistem operasi Android pertama kali dikembangkan oleh Google Inc. pada tahun 2008.

2. Contoh Teks Non fiksi Tentang Malapetaka 15 Januari

Malapetaka 15 Januari

Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari) pada 1974 menjadi kerusuhan massal pertama yang terjadi di rezim Orde Baru setelah Soeharto naik menjadi presiden usai berhasil mengambil-alih kekuasaan dari Sukarno pasca-G30S 1965.

Isu utama yang diusung saat itu adalah penolakan modal asing. Tanggal 14 Januari 1974 malam, Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma dan dijadwalkan berada di Jakarta selama tiga hari.

Sejak pagi harinya, ribuan massa, termasuk mahasiswa dan pelajar, sudah melancarkan protes menentang investasi Jepang ke Indonesia. Dikutip dari Man of Honor (2013) suntingan Teguh Sri Pambudi dan kawan-kawan, terjadi aksi bakar-bakaran sedari pukul 10 pagi di sejumlah sudut ibu kota.

Tanggal 15 Januari 1974 atau keesokan harinya, gerakan massa yang didominasi kalangan mahasiswa melakukan longmars dari Universitas Indonesia di Salemba menuju Universitas Trisakti di Grogol.

Siang menjelang sore, sekitar pukul 14.30, mulai terjadi perusakan yang dilakukan sejumlah orang di Jakarta Pusat. Salah satunya di Pasar Senen. Proyek kompleks pertokoan yang belum lama dibangun rusak parah dibakar massa. Demonstrasi yang diwarnai kerusuhan dan penjarahan terjadi hingga dua hari berikutnya.

3. Contoh Teks Non fiksi Tentang Kerusuhan 13-15 Mei

Kerusuhan 13-15 Mei

Presiden Soeharto sedang mengikuti KTT G-15 di Kairo, Mesir, saat terjadi gelombang demonstrasi di Jakarta. Pada 12 Mei 1998, empat mahasiswa Universitas Trisakti tewas tertembak peluru aparat. Kaum mahasiswa marah dan mempersiapkan aksi berikutnya dengan skala lebih besar.

Tanggal 13 Mei 1998, massa di luar kampus Trisakti tak terkendali. Massa yang bukan dari kalangan mahasiswa ini bahkan mulai merusak dan membakar kendaraan yang mereka temui. Sekelompok rombongan lainnya membakar pom bensin di Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Dari situlah kerusuhan kemudian menjalar ke banyak lokasi lain di Ibu Kota selama beberapa hari berikutnya hingga Soeharto kembali ke tanah air sebelum akhirnya menyatakan mundur dari kursi kepresidenan tanggal 21 Mei 1998.

Salah satu sasaran utama kaum perusuh adalah aset milik kalangan keturunan Tionghoa di Jakarta. Banyak pertokoan, kantor-kantor, dan rumah pribadi, yang dianggap milik orang peranakan Cina dibakar, dihancurkan, juga dijarah.

Lebih sadis lagi, seperti ditulis Usman Hamid dalam buku Menatap Wajah Korban (2005), terjadi banyak kasus pelecehan seksual, pemerkosaan, bahkan pembunuhan, terhadap ratusan wanita keturunan Tionghoa. Ini belum termasuk korban tewas lainnya.

Data dari relawan yang dikumpulkan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) menyebutkan korban tewas akibat rangkaian kerusuhan ini mencapai lebih dari 1.200 orang, belum termasuk mereka yang luka-luka dan kerugian materil.

4. Contoh Teks Non fiksi Tentang Penemu Radio

Contoh Teks Nonfiksi

Guglielmo Marconi (1874-1937) Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan pada tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya.

5. Contoh Teks Non fiksi Skripsi

6. Contoh Teks Non fiksi Tentang Buku Sapiens: A Brief History of Humankind

Contoh Teks Nonfiksi

Buku ini berisi sebuah terobosan tentang penciptaan dan evolusi manusia. Buku ini juga mengeksplorasi bagaimana ilmu biologi dan sejarah  mendefinisikan umat manusia dan meningkatkan pemahaman kita tentang makna menjadi manusia.

Seratus ribu tahun yang lalu, setidaknya ada enam spesies di Bumi. Namun saat ini hanya ada satu — Homo sapiens. Apa yang terjadi pada yang lain? Dan apa yang mungkin terjadi pada kita, Homo sapiens?

Kebanyakan buku tentang sejarah umat manusia mengejar pendekatan historis atau biologis, tetapi Dr. Yuval Noah Harari menghadirkan buku dengan pendekatan yang berbeda, yakni historis dan sains dari berbagai sudut pandang yang belum pernah ada.

Dr. Harari juga memaksa kita untuk melihat masa depan umat manusia, karena selama beberapa dekade terakhir manusia telah mulai membengkokkan hukum seleksi alam yang telah mengatur kehidupan selama empat miliar tahun terakhir.

7. Contoh Teks Non fiksi Tentang Sejarah

Contoh Teks Nonfiksi

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama.

Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimulai dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda.

8. Contoh Teks Non fiksi Tentang Tragedi Trisaksi

Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan, pada tanggal 12 Mei 1998, terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka.

Mereka yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977 - 1998), Hafidin Royan (1976 - 1998), dan Hendriawan Sie (1975 - 1998).

Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. Peristiwa penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti ini juga digambarkan dengan detail dan akurat oleh seorang penulis sastra dan jurnalis, Anggie D. Widowati dalam karyanya berjudul Langit Merah Jakarta.

Ekonomi Indonesia mulai goyah pada awal 1998, yang terpengaruh oleh krisis finansial Asia sepanjang 1997-1999.

9. Contoh Teks Non fiksi Ensiklopedia

10. Contoh Teks Non fiksi Tentang Pendiri Facebook

Contoh Teks Nonfiksi

Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta di mana Zuckerberg lulus tahun 2002.

Ini mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh siswa disebut sebagai "The Facebook". Direktori foto semacam itu merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka.

Setelah kuliah, Facebook dimulai dari hanya sebagai "barang Harvard" sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka pertama kali dimulai dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University.

Pada tanggal 21 Juli 2010, Zuckerberg melaporkan bahwa perusahaan mencapai angka 500 juta pengguna.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks nonfiksi singkat. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

BLOGGER: 3

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Teks Non fiksi Singkat & Terbaik
10 Contoh Teks Non fiksi Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFxnZMv8pzYrVC8Asv4Xm2k85K-kq4BICfOR-dVHYOOSdHEtskHvBA45KIj9iqLhN2dqx_FBfLIoZdcMVtm8GdYIlqWtt4-P4xd7v4lbE333GXa1iqwRDsQcEHx6IPkW05Ai9de8ovql8/w640-h362/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFxnZMv8pzYrVC8Asv4Xm2k85K-kq4BICfOR-dVHYOOSdHEtskHvBA45KIj9iqLhN2dqx_FBfLIoZdcMVtm8GdYIlqWtt4-P4xd7v4lbE333GXa1iqwRDsQcEHx6IPkW05Ai9de8ovql8/s72-w640-c-h362/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/09/contoh-teks-nonfiksi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/09/contoh-teks-nonfiksi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content