4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Daftar Isi [Tampil]
Kedudukan Bahasa Indonesia
Kedudukan Bahasa Indonesia - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 4 kedudukan Bahasa Indonesia. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa Bahasa Indonesia ialah bahasa yang sangat penting di Indonesia. Dalam bidang akademik, Bahasa Indonesia menunjukkan perannya dalam berbagai disiplin ilmu melalui bentuk-bentuk tulisan ilmiah, seperti skripsi atau karya ilmiah.

Pengertian Bahasa sendiri adalah sarana komunikasi antar anggota masyarakat dalam menyampaikan ide dan perasaan secara lisan atau tulisan.

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Saat itu para pemuda dari berbagai pelosok nusantara berkumpul dalam kerapatan pemuda dan berikrar sebagai berikut:
  1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan
  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Ikrar para pemuda tersebit dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Unsur ketiga ini disebut Sumpah Pemuda yang merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional.

Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa  Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara. Bahasa Melayu juga mulai dipakai di kawasan Asia Tenggara sejak abad ke-7.

Seperti dikutip dari weebly.com, Kedudukan Bahasa Indonesia diidentifikasikan menjadi 4 posisi, yakni bahasa nasional, bahasa persatuan, bahasa negara, dan bahasa persatuan.

Kedudukan Bahasa Indonesia 

  • Bahasa Nasional
Bahasa Nasional adalah fungsi jati diri Bangsa Indonesia bila berkomunikasi. Fungsi bahasa Nasional ini dirinci sebagai berikut:
  1. Lambang kebanggaan kebangsaan Indonesia
  2. Identitas nasional dimata internasional
  3. Sarana  hubungan  antarwarga,  antardaerah,  dan  antar budaya, dan
  4. Pemersatu  lapisan  masyarakat:  sosial,  budaya,  suku bangsa, dan bahasa.
  • Bahasa Persatuan
Bahasa Persatuan adalah pemersatu suku bangsa, yakni pemersatu suku, ras, agama, dan antar golongan bagi suku Bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Fungsi pemersatu ini atau kebhinekaan sudah dicanangkan dalam Sumpah Pemdua 28 Oktober 1928.
  • Bahasa Negara
Bahasa Negara merupakan bahasa yang digunakan dalam administrasi negara untuk berbagai aktivitas dengan rincian sebagai berikut:
  1. Fungsi bahasa sebagai pengantar resmi belajar di sekolah dan perguruan tinggi
  2. Fungsi bahasa sebagai administrasi kenegaraan,
  3. Fungsi  bahsa  sebagai  bahasa  resmi  berkebudayaan  dan  ilmu teknologi (ILTEK)
  4. Fungsi  bahasa  sebagai  perencanaan  dan  pelaksanaan pembangunan  bagai  negara  Indonesi  sebagai  negara berkembang
  • Bahasa Standar
Bahasa Standar atau bahasa baku adalah bahasa yang digunakan dalam pertemuan sangat resmi. Fungsi bahasa standar ini adalah sebagai berikut:
  1. Pemersatu sosial, budaya, dan bahasa
  2. Penambah kewibawaan sebagai pejabat dan intelektual
  3. Penanda kepribadian bersuara dan berkomunikasi
  4. Penanda acuan ilmiah dan penulisan tulisan ilmiah
Keempat kedudukan Bahasa Indonesia ini mempunyai fungsi keterkaitan antar unsur. Posisi dan fungsi tersebut merupakan salah satu kekuatan Bangsa Indonesia dan merupakan jati diri Bangsa Indonesia yang mandiri.

Dengan adanya keempat posisi tersebut, Bahasa Indonesia sangat dikenal di mata dunia, terutama tingkat regional ASEAN.


Baca Juga:

Itulah sedikit informasi mengenai 4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui
4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmjUHQZM59empNi4zWWkUCWFeQgJx-R-2_WnpD5DiuUR6Z5w3JJ7-pm8d6b6x3uzAiRhO_LpHbrBygSdx-93cgXvDnI1Xy_U2Ue7HDvzNMOWNazZarCbkU7hcK5ALz8gg5lt_Y7ZI-fHI/s400/2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmjUHQZM59empNi4zWWkUCWFeQgJx-R-2_WnpD5DiuUR6Z5w3JJ7-pm8d6b6x3uzAiRhO_LpHbrBygSdx-93cgXvDnI1Xy_U2Ue7HDvzNMOWNazZarCbkU7hcK5ALz8gg5lt_Y7ZI-fHI/s72-c/2.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/4-kedudukan-bahasa-indonesia-yang-harus.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/4-kedudukan-bahasa-indonesia-yang-harus.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content