Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler

Daftar Isi [Tampil]
Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler
Kegiatan Sekolah - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler. Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah dikenal tiga kegiatan pokok, yakni Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler.

Ketiga kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dalam mencapai tujuan pendidikan keseluruhan pada satuan pendidikan atau sekolah.

Bagi Anda yang penasaran mengenai kegiatan tersebut, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler

1. Ekstrakurikuler

Pertama saya akan membahas mengenai Ekstrakurikuler. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengembangkan nilai-nilai dan menerapkan secara lebih lanjut pengetahuan yang telah dipelajari siswa dalam mata pelajaran program inti dan pilihan.

Kegiatan ini dilaksanakan diluar sekolah dan lebih menekankan pada kegiatan kelompok. Kegiatan Ekstrakurikuler juga dilakukan dengan memperhatikan minat dan bakat, serta kondisi lingkungan dan sosial budaya.

Biasanya kegiatan Ekstrakurikuler ditangani oleh guru sekolah atau petugas yang ditunjuk.

Kegiatan Ekstrakurikuler ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti sepak bola, bola basket, bola voli, pencak silat, pecinta alam, dan masih banyak yang lainnya. Keseluruhan bidang ekstrakurikuler ditunjukan sebagai wahana untuk memperluas wawasan serta membangun nilai dan sikap positif.

2. Intrakurikuler

Kegiatan Intrakurikuler merupakan kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program. Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam jam-jam pelajaran setiap hari.

Kegiatan Intrakurikuler dilakukan untuk mencapai tujuan minimal setiap mata pelajaran atau bidang studi yang tergolong khusus.

3. Kokurikuler

Kegiatan terakhir ini bertujuan untuk lebih memperdalam dan menghayati mata pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakulikuler. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri ataupun kelompok.

Dalam hal ini, perlu diperhatikan ialah menghindari terjadinya pengulangan dan ketumpah tindihan antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain.

Selain itu, perlu dijaga agar para siswa tidak "berlebihan" karena semua guru memberi tugas dalam waktu bersamaan, sehingga siswa mendapat beban yang cukup berat. Oleh karena itu, koordinasi dan kerja sama antar guru merupakan hal yang harus diperhatikan.

Dari pokok-pokok landasan kegiatan kokurikuler, hal-hal yang harus diperhatikan guru untuk merancang dan melaksanakan kegiatan kokurikuler adalah sebagai berikut:

  • Tidak menimbulkan beban berlebihan bagi siswa
  • Tidak menimbulkan tambahan beban biaya-biaya yang dapat memberatkan siswa dan orang tua
  • Kegiatan ini berkaitan langsung dengan kegiatan intrakurikuler. Tujuannya sendiri untuk memberikan kesempatan kepada siswa mendalami dan menghayati materai pelajaran
  • Penanganan kegiatan kokurikuler dilakukan dengan sistem administrasi yang teratur, penilaian dan pemantauan.
Baca Juga:
Itulah sedikit penjelasan mengenai kegiatan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler
Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvTMvEw1hvlxUi85FE1Hgv1B5Ym_wgvA1dGe7jgMG1TKTwSN9LnmQ9QltVTF_fUIHj4aT7bVl9EUQo3W_oPlmbJSxBYry4WN4FK508CbLeBV_z6BNySOTJb5s5JZ_zXgqJD-eYs0TD23I/s400/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvTMvEw1hvlxUi85FE1Hgv1B5Ym_wgvA1dGe7jgMG1TKTwSN9LnmQ9QltVTF_fUIHj4aT7bVl9EUQo3W_oPlmbJSxBYry4WN4FK508CbLeBV_z6BNySOTJb5s5JZ_zXgqJD-eYs0TD23I/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/perbedaan-ekstrakurikuler.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/perbedaan-ekstrakurikuler.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content