9 Hal Penting yang Harus Diketahui dalam SNMPTN dan SBMPTN 2019

SNMPTN dan SBMPTN 2019 - Bagi para pelamar yang ingin melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka harus lulus salah satu seleksi, baik itu seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri.

Nah, bagi teman-teman yang akan mendaftar SNMPTN dan SBMPTN 2019, maka terdapat beberapa hal yang harus diketahui. Informasi ini sedikit penting karena terdapat beberapa perubahan dibandingkan tahun sebelumnya.

Artikel Rekomendasi:
Berikut sembilan hal yang harus diketahui dalam SNMPTN dan SBMPTN 2019.

1. Mulai tahun 2019, LTMPT atau Layanan Tes Masuk Perguruan Tinggi menjadi penyelenggara SNMPTN dan SBMPTN. Beberapa tugas dari LTMPT antara lain:
  • Menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan tes masuk PTN pada SBMPTN
  • Mengolah dan mengelola data SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri (Untuk seleksi mandiri jika pihak PTN menggunakan UTBK).

2. Tidak ada Ujian Keterampilan

Jika dulu terdapat beberapa prodi, seperti bidang olahraga dan kesenian ada dua tes (ujian tertulis dan ujian keterampilan), maka tahun 2019 hanya akan ada UTBK.

Namun peserta yang memilih prodi olahraga dan kesenian harus memasukan portofolio sesuai dengan bidang yang diambil. Portofolio ini mirip dengan seleksi SNMPTN. Sehingga Anda diminta untuk mengirimkan dokumen/video yang menunjukan keahlian.

3. Tidak Bisa Ikutan SBMPTN jika Diterima SNMPTN

Perlu Anda ketahui bahwa LTMPT memiliki sistem database yang sudah terintegrasi dan efisien antara SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini tentu sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana peserta yang lolos SNMPTN dapat mengikuti SBMPTN.

Sementara bagi peserta yang mendaftar SNMPTN dan tidak lolos, maka tidak perlu mengisi ulang data pribadi karena sudah terdaftar di database. Gimana mudah bukan?

4. Maksimal 2 Pilihan Program Studi

Tahun ini setiap pelamar hanya punya maksimal 2 pilihan program studi, baik itu pada SNMPTN dan juga SBMPTN. Pilihan tersebut boleh terdiri dari satu PTN atau dua PTN, dan dibebaskan dalam memilih PTN. Sehingga Anda tidak perlu memilih PTN yang satu wilayah dengan tempat tes. Sementara jika kita melihat tahun sebelumnya, setiap peserta dapat memilih hingga 3 program studi.

Untuk SBMPTN diperbolehkan memilih lintas jurusan atau memilih 1 prodi Soshum dan 1 prodi Saintek. Sedangkan untuk SNMPTN dihimbau untuk memilih prodi yang sesuai dengan jurusan SMA. Intinya sih kalau SNMPTN tidak boleh lintas jurusan.

5. Peserta Bisa Mengambil Tes (UTBK) Hingga Dua Kali

Jika dulu SBMPTN hanya bisa dilakukan satu kali secara serentak di waktu yang bersamaan. Maka pada SBMPTN 2019 peserta dapat mengambil tes (UTBK) maksimal dua kali dan yang dipakai adalah nilai terbaik.

Peserta dapat mendaftar ke LTMPTN kemudian memilih sendiri jadwal tes. Menurut rencana, terdapat 12 jadwal tes yang bisa dipilih setiap peserta.

6. Passing Grade yang Tidak Bisa Ditentukan

Pada konferensi pers 22 Oktober kemarin, sempat dibahas mengenai passing grade atau batasan skor untuk masuk ke suatu prodi tidak bisa ditentukan di awal, hal tersebut tergantung dari skor pendaftarnya.

Nantinya akan diurutkan mana saja pendaftar terbaik. Misalnya, jurusan Teknik Informatika ITB memiliki 35 kursi untuk SBMPTN. Nah, dari seluruh peserta SBMPTN yang mendaftar Teknik Informatika ITB akan diambil 35 Terbaik.

7. Peserta dapat Mengetahui Skor Ujian

Terdapat perubahan yang cukup mengejutkan, yakni peserta dapat mengetahui skor ujian. Gimana keren bukan? Biasanya kan peserta sibuk untuk mengecek kunci jawaban dan berusaha menghitung skor ujian sendiri.

Nah, dalam konferensi pers, panitia memberitahukan bahwa setiap peserta nantinya akan diberikan informasi mengenai skor yang didapat dan membandingkan dengan peserta lain.

8. Kuota Mengalami Perubahan

Terdapat perubahan kuota terutama untuk SNMPTN dan SBMPTN, yakni SNMPTN minimal 20 persen dan SBMPTN minimal 40 persen. Sementara untuk jalur mandiri masih tetap, yaitu 30 persen.

PTN juga bebas mengatur sesuai ketentuan proporsi yang ditentukan. Bisa aja ada yang memberikan jatah 40 persen SBMPTN, 30 persen SNMPTN, dan 30 persen mandiri. Bisa juga 80 persen SBMPTN, 20 persen SNMPTN, dan tidak ada seleksi mandiri.

9. Ujian SBMPTN Seluruhnya Menggunakan Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK)

Hal ini dikarenakan UTBK lebih efisien, terutama dari segi waktu dan biaya. 

Itulah sembilan hal penting yang harus diketahui peserta SNMPTN dan SBMPTN 2019. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

CPNS,53,Formasi CPNS,2,Karangan,6,Kendala CPNS 2018,2,Kuliah,7,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,77,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,5,Terbaru,1,
ltr
item
Mautidur.com: 9 Hal Penting yang Harus Diketahui dalam SNMPTN dan SBMPTN 2019
9 Hal Penting yang Harus Diketahui dalam SNMPTN dan SBMPTN 2019
https://4.bp.blogspot.com/-CopXnbXOTsU/W9p4ypPbb8I/AAAAAAAAANA/OFPxJyPssgQnz6h21Rm6PdFpGgZIIH9JwCLcBGAs/s400/hal%2Bpenting%2Bdalam%2BSNMPTN%2Bdan%2BSBMPTN.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CopXnbXOTsU/W9p4ypPbb8I/AAAAAAAAANA/OFPxJyPssgQnz6h21Rm6PdFpGgZIIH9JwCLcBGAs/s72-c/hal%2Bpenting%2Bdalam%2BSNMPTN%2Bdan%2BSBMPTN.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2018/10/hal-penting-SNMPTN-SBMPTN.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2018/10/hal-penting-SNMPTN-SBMPTN.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy