Download Soal Asesmen Madrasah Untuk MI

Daftar Isi [Tampil]

Soal Asesmen Madrasah MI - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh soal Asesmen Madrasah jenjang MI semua pelajaran.

Asesmen Madrasah atau Ujian Madrasah merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah atau MA mencakup seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun pelajaran lokal.

Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik di akhir jenjang pendidikan pada MI, MTs, MA, MAK sebagai salah satu syarat untuk penentu kelulusan. Hal ini menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan asesmen di akhir jenjang pendidikan dengan tujuan mengukur pencapaian SKL (Standar Kompetensi Lulusan) bagi peserta didik.

Soal Asesmen Madrasah MI

Tujuan Asesmen Madrasah

Tujuan dari asesmen madrasah adalah untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik di akhir jenjang pendidikan sesuai SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang telah ditetapkan.

Fungsi Asesmen Madrasah

  • Salah satu syarat penentu kelulusan
  • Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
  • Umpan Balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah

Teknik Penilaian Hasil Belajar

Terkait bentuk asesmen sumatif, yang dapat dijadikan acuan dalam penyusunan Asesmen Madrasah, dapat dipelajari dalam:

1. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 adalah regulasi tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah

2. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 adalah tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah.

3. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018 adalah tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah. Ketiga SK tersebut ditetapkan pada tanggal 19 September 2018.

Hak dan Kewajiban Peserta Asesmen Madrasah

1. Hak Peserta Asesmen Madrasah

a. Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti AM.

b. Peserta AM yang tidak dapat mengikuti AM utama, karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah dapat mengikuti AM susulan.

2. Kewajiban Peserta Asesmen Madrasah

a. Peserta AM wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

b. Peserta AM wajib mematuhi tata tertib.

Kisi-Kisi Asesmen Madrasah

1. Kisi-kisi AM disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah

2. Kisi-kisi AM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

3. Kisi-kisi AM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat.

Kriteria Kelulusan Asesmen Madrasah

Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan Madrasah, minimal mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan

3. Mengikuti AM yang diselenggarakan oleh Madrasah.

Penetapan Kelulusan

1. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan madrasah ditetapkan melalui rapat dewan guru pada madrasah yang bersangkutan.

2. Kepala madrasah menetapkan kelulusan peserta didik dalam bentuk Surat Keputusan.

Contoh Soal Asesmen Madrasah MI Tahun 2023

No Mata Pelajaran Download Disini
1 Bahasa Indonesia  Download
2 Matematika Download
3 IPA Download
4 IPS  Download
5 PKn Download
6 Seni Budaya Download
7 PJOK Download
8 Bahasa Arab Download
9 Fikih Download
10 Sejarah Kebudayaan Islam  Download
11 Akidah Akhlak Download
12 Al Quran Hadis Download

Baca Juga:

Itulah contoh soal Asesmen Madrasah MI. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Download Soal Asesmen Madrasah Untuk MI
Download Soal Asesmen Madrasah Untuk MI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHi_EtrEQ4vdrUpGSezz6gotqDkYb6NyvoFqHVEI9NpcK3tVQKus6jZ-cUELPN5pbWYiyKfdY77bjqCnvJYeGEXHk4inHM_WgRZa3Zykg3zyYJFb0PC2ASLA4ceidJarw3D0RkrZBtvqI4PwrKxhclUO6eSVG_YZZtYPdlh2dVXXENT9BgnMM1csG6/w640-h374/MI.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHi_EtrEQ4vdrUpGSezz6gotqDkYb6NyvoFqHVEI9NpcK3tVQKus6jZ-cUELPN5pbWYiyKfdY77bjqCnvJYeGEXHk4inHM_WgRZa3Zykg3zyYJFb0PC2ASLA4ceidJarw3D0RkrZBtvqI4PwrKxhclUO6eSVG_YZZtYPdlh2dVXXENT9BgnMM1csG6/s72-w640-c-h374/MI.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2023/03/asesmen-madrasah-mi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2023/03/asesmen-madrasah-mi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content