7 Tips Menabung Cepat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Daftar Isi [Tampil]

Tips Menabung untuk Pelajar - Ketika status kita masih pelajar, umumnya kita belum memiliki penghasilan dan masih diberikan uang oleh orang tua. Uang yang diberikan oleh orang tua biasanya disebut uang jajan.

Uang jajan sendiri cukup beragam, ada yang dibagian per bulan, per minggu, dan per hari. Uang tersebut tentunya harus cukup untuk kebutuhan sehari-hari, seperti uang makan, uang jalan-jalan, uang transportasi dan sebagainya.

Uang yang diberikan orang tua akan lebih baik jika tidak dihabiskan untuk keperluan yang tidak penting. Untuk itu kamu perlu mengatur keuangan kamu dengan baik agar uang tersebut cukup untuk kehidupan sehari-hari dan sisanya dapat ditabung. Nah, bagi kamu yang saat ini berstatus sebagai pelajar dan mulai tertarik untuk menabung. Berikut adalah tips cepat menabung cepat untuk pelajar dan mahasiswa.

Tips Menabung untuk Pelajar

1. Menabung dengan nominal kecil

Kamu tidak perlu menabung dengan nominal yang langsung besar. Jika baru belajar menabung, lakukanlah dengan nominal yang kecil dahulu. Namun, dilakukan setiap hari atau rutin.

Misalnya, kamu dikasih uang jajan oleh orang tua sehari 30rb. Uang tersebut kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari ke sekolah, jajan dan sebagainya sebesar 20rb. Sisanya 10rb, nah sisa tersebut bisa kamu gunakan untuk menabung, atau jika terlalu besar bisa juga menabung dengan nominal 5rb atau 4rb.

Di tahap awal jangan terlalu berpikir dapat menabung dalam jumlah besar, fokuslah untuk terbiasa dalam menabung. Jika sudah terbiasa, kamu bisa menaikan nominal dalam menabung.

2. Hargai uang receh

Banyak dari kita yang menganggap remeh uang receh di dompetnya. Padahal uang receh tersebut jika dikumpulkan maka nominalnya cukup besar. Kamu bisa membaca kisah inspirasi dari orang yang suka menabung uang receh dan berhasil memberi barang tertentu.

Untuk itu, mulai simpan uang recehan kamu agar suatu saat dapat terkumpul cukup banyak dan dapat membeli sesuatu yang kamu inginkan.

3. Bijak berbelanja

Coba tulis kebutuhan kamu setiap bulannya. Kemudian, hitung pengeluaran untuk belanja bulanan tersebut. Jangan tergiur dengan barang belanja yang tidak diperlukan, apalagi sekarang banyak barang online dijual murah. Bijaklah dalam berbelanja. Mengejar barang diskon tidak jadi masalah, asal barang tersebut cukup penting dan memang diperlukan.

4. Cari uang tambahan

Mendapatkan uang tambahan bagi pelajar cara paling efektif untuk bisa menabung dengan cepat. Apalagi, di zaman sekarang mendapatkan pekerjaan bagi pelajar bukan lagi hal susah. 

Kamu hanya perlu bertekad kuat untuk mengasah skill dan rajin mencari informasi dan lowongan yang sesuai untukmu. Belajar juga untuk manajemen waktu dengan baik, agar waktu belajar dan bekerja seimbang.

5. Kurangi nongkrong

Ketika masih pelajar, hal yang paling sering dilakukan adalah nongkrong bersama teman-teman. Kegiatan nongkrong ini tentu akan menghabiskan banyak uang apalagi dilakukan setiap hari. Nongkrong bersama kawan tentu boleh apalagi membahas sesuatu hal yang positif. Namun, jika nongkrong tersebut hanya membahas sesuatu yang kurang penting dan dilakukan cukup sering, akan lebih baik kamu mengurangi kegiatan tersebut.

6. Bawa bekal

Membawa bekal dapat menjadi sarana untuk menabung. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makan siang, cukup membawa makanan yang tersedia dirumah. Jika kamu rutin membawa bekal, pengeluaran harian kamu menjadi lebih sedikit dan akhirnya dapat menabung dalam jumlah besar.

7. Gunakan kalkulator tabungan

Bagi kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan SMA sederajat dan ingin melanjutkan kuliah dengan uang tabungan. Kamu bisa mencoba aplikasi kalkulator tabungan pendidikan yang ada di situs savingscalculator.org.

Situs tersebut menyediakan kalkulator untuk mencari tahu berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulan untuk dapat berkuliah ke depannya.

Kalkulator tersebut nantinya akan memberikan rincian biaya kuliah dimasa depan, nilai tabungan di masa depan, jumlah tabungan kesenjangan dan sebagainya.

Berikut adalah tampilan ketika saya mencoba kalkulator tabungan untuk menghitung biaya ketika akan kuliah tahun 2026. 

Sayangnya untuk mata uang belum menggunakan rupiah melainkan dollar. Meskipun begitu, fitur yang diberikan sangat lengkap dan sangat direkomendasikan bagi kamu untuk menghitung biaya tabungan kuliah dimasa depan.

Itulah tujuh tips menabung bagi pelajar dan mahasiswa. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Tips Menabung Cepat untuk Pelajar dan Mahasiswa
7 Tips Menabung Cepat untuk Pelajar dan Mahasiswa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiY_LgFyKhAYenVIEh2dn4PzHZ6fvcXi0VoQzoQld2jhmW4Slmd_EINhBUgnqpHSCb9in8FL6EzmrHugWXrjinGl6w0R79lkFVqyQiYYauwlmTWizD3cUUTg6yyrzv_U99oT-yD8eCdZ64T-Cj9GQJWKJ1b1f61KoEcmG_SSt38AgQvk7IeT_8j_4ck/w640-h408/4.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiY_LgFyKhAYenVIEh2dn4PzHZ6fvcXi0VoQzoQld2jhmW4Slmd_EINhBUgnqpHSCb9in8FL6EzmrHugWXrjinGl6w0R79lkFVqyQiYYauwlmTWizD3cUUTg6yyrzv_U99oT-yD8eCdZ64T-Cj9GQJWKJ1b1f61KoEcmG_SSt38AgQvk7IeT_8j_4ck/s72-w640-c-h408/4.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/12/tips-menabung-cepat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/12/tips-menabung-cepat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content