4 Keunggulan Belajar Bahasa Inggris secara Online

Daftar Isi [Tampil]

belajar bahasa inggris online

Tahukah Anda bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa ibu di dunia dengan lebih dari 400 juta orang sebagai penuturnya? Di era globalisasi yang terus berkembang, bahasa Inggris bukan hanya menjadi mata pelajaran di sekolah. Sekarang, Anda juga sering mendengarkan dalam percakapan sehari-hari sampai menjadi bahasa penutur resmi di lingkungan bisnis.

Semakin luas cakupan pemakaian bahasa Inggris, maka semakin urgen juga anjuran untuk mempelajarinya. Sayangnya, belum semua orang menyadari pentingnya mendalami bahasa Inggris, baik untuk kepentingan yang bersifat formal maupun informal. Lalu, cara seperti apa yang sebaiknya diambil untuk mulai belajar bahasa Inggris? Apa kita harus mengikuti les bahasa inggris online atau masuk sekolah lagi demi menguasainya?

Kaitan bahasa Inggris dengan kondisi negara

Menurut sejumlah riset, kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris berkaitan erat dengan kemajuan sebuah negara. Budaya suatu negara juga akan mengalami perubahan saat mereka terbuka dengan informasi yang masuk dari negara-negara lain. Namun, hal ini perlu diimbangi juga dengan kesadaran masyarakat dalam menyaring konten sebelum mengonsumsinya. 

Dalam hal ini, menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, membantu Anda memilah informasi mana saja yang layak dibagikan, diperbaiki, atau dihentikan peredarannya. Pemahaman yang kurang maksimal justru akan menimbulkan kesalahpahaman saat Anda mempelajari konten. Akibatnya, Anda berpotensi menyebarkan hoaks yang merugikan masyarakat luas.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga berdampak pada kondisi ekonomi dan jumlah pendapatan sebuah negara. Hal ini ditegaskan oleh data yang dihimpun Bank Dunia pada 2017 yang menunjukkan adanya kesinambungan antara penguasaan bahasa Inggris sebuah negara dengan pendapatan bersih per kapita.

Bagaimana dengan Indonesia? Pendapatan per kapita di Indonesia masih berada di peringkat terendah meski kemampuan bahasa Inggris penduduknya berada satu level di atasnya. Kemudian, tingginya angka populasi di Tanah Air pun turut menyumbang peran rata-rata keseluruhan, termasuk pada penetrasi internet yang angkanya berada di bawah rata-rata global.

Data-data tersebut menyiratkan Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris dari SDM. Pembangunan kesadaran yang diimbangi pendekatan masif dinilai akan membuat masyarakat berinisiatif belajar bahasa Inggris. Mereka juga tak perlu mendapatkan materi pembelajarannya di lembaga-lembaga pendidikan formal, sebab kemajuan teknologi telah memudahkan siapa saja untuk belajar selama punya niat dan tekad kuat.

Platform digital merupakan salah satu wadah efektif dan efisien untuk memulai pembelajaran bahasa Inggris. Apalagi Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia, sehingga keberadaan platform-platform seperti website dan mobile application dinilai menjadi solusi yang tepat sebagai media untuk belajar.

Berbagai keunggulan belajar bahasa Inggris secara online

Semakin terjangkaunya layanan internet memudahkan masyarakat mengakses platform digital untuk berbagai kebutuhan, terutama belajar bahasa Inggris. Selain dapat diakses di mana dan kapan saja, platform online untuk pembelajaran bahasa asing pun memberikan berbagai keunggulan seperti:

  • Sistem pembelajaran yang bisa dipersonalisasi

Di sekolah atau bangku kuliah, Anda biasanya menerima materi pelajaran sesuai kurikulum yang tak bisa diubah sesuai kebutuhan masing-masing individu. Sistem ini tak jarang membuat orang-orang bosan dan kesulitan menyerap informasi.

Lain cerita kalau Anda memutuskan mendaftarkan diri atau anak ke platform digital. Sebagian besar pengembang atau pengelola platform pendidikan online sudah menyertakan sistem pembelajaran yang bisa dipersonalisasi meski tetap ada kurikulum yang dijadikan patokan.

  • Kesempatan belajar dengan native speaker lebih besar

Kursus bahasa Inggris online dengan native speaker atau penutur asli akan mengasah kemampuan Anda secara maksimal, terutama untuk listening dan speaking. Walau sekolah dan perguruan tinggi sudah menyediakan native speaker, keberadaan mereka biasanya hanya sesekali saat dibutuhkan saja.

Sementara di platform digital, native speaker sudah tersedia sebagai pengajar. Mereka pun telah mengantungi sertifikasi berstandar internasional, sehingga kemampuannya mengajar tak perlu Anda ragukan lagi.

  • Biaya kelas lebih terjangkau dengan materi sepadan

Tak ada lagi keluar biaya banyak saat belajar bahasa Inggris di platform digital. Rata-rata biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau, bahkan lebih bersahabat dibandingkan tempat kursus. Jadi, Anda yang punya bujet terbatas tetap berkesempatan menerima materi berkualitas bagus. 

Terjangkaunya biaya yang ditawarkan platform digital berhubungan dengan beberapa hal. Misalnya saja pertemuan yang dapat dilakukan secara online, sistem pembelajaran yang paperless, serta tidak akan menyedot biaya transportasi untuk Anda yang tinggal di luar kota atau daerah.

  • Tak akan mengganggu aktivitas di luar kelas

Beberapa orang tak mengambil kelas bahasa Inggris karena sejumlah alasan. Misalnya sibuk bekerja atau mengurus keluarga di rumah. Kemudian, mereka yang berstatus sebagai murid sekolah atau mahasiswa biasanya sudah kelelahan karena beraktivitas di kelas formalnya.

Namun, belajar bahasa Inggris secara online tak akan menguras tenaga maupun pikiran Anda. Kelas yang tersedia umumnya tak terlalu padat dan dapat disesuaikan dengan jadwal sekolah atau kerja, jadi Anda tetap fokus mengikuti materi.

Belajar bahasa Inggris secara online bersama Edukita

Butuh rekomendasi platform belajar dengan pengajar bersertifikasi dan berstandar internasional? Edukita adalah pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan pengajar native speaker dan biaya kelas terjangkau, Edukita akan memberikan materi-materi bahasa Inggris yang dijamin mudah Anda pahami dan praktikan.

Edukita menyediakan dua kelas utama per minggu dan tambahan. Bahkan Anda berkesempatan mendapatkan promosi kelas gratis selama sebulan! Jika ingin tahu lebih banyak seputar kelas, biaya, dan layanan lainnya, silahkan kunjungi website Edukita di https://www.edukita.com. 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 4 Keunggulan Belajar Bahasa Inggris secara Online
4 Keunggulan Belajar Bahasa Inggris secara Online
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_u9Ldm3619CvByI3IatmQ9PJFc4EbmKwDX9xChZ6y-fYuyqKgqMkARR69ya-9okTP_V_QCwE4PWHNctATTeRnh6hW2m28c8T6kL1XrzcOoy_s1nH3uRMx1Ulmd5vL9h4fOXTNkg8ei9L6CO52AjZSnfUZt3XDXUJUOvqUH8OgZh9cTiHkT9AYe3lW/w640-h402/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_u9Ldm3619CvByI3IatmQ9PJFc4EbmKwDX9xChZ6y-fYuyqKgqMkARR69ya-9okTP_V_QCwE4PWHNctATTeRnh6hW2m28c8T6kL1XrzcOoy_s1nH3uRMx1Ulmd5vL9h4fOXTNkg8ei9L6CO52AjZSnfUZt3XDXUJUOvqUH8OgZh9cTiHkT9AYe3lW/s72-w640-c-h402/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/07/4-keunggulan-belajar-bahasa-inggris.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/07/4-keunggulan-belajar-bahasa-inggris.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content