7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Daftar Isi [Tampil]

pertimbangan sebelum membeli rumah

Membeli Rumah - Mungkin sebagian dari kita sudah bosan tinggal di kontrakan dan berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri. Namun, harga rumah untuk saat ini masih tergolong tinggi terutama untuk daerah perkotaan. Tapi jika kita rajin menabung dan mempunyai usaha sampingan, bukan tidak mungkin untuk bisa membeli rumah secepatnya.

Banyak dari kita mempunyai pertimbangan tersendiri untuk membeli rumah. Ada yang membeli rumah untuk keperluan investasi dan ada yang membeli rumah sebagai tempat tinggal. Bagi mereka yang membeli rumah untuk keperluan investasi, kemungkinan karena beberapa faktor yang menurutnya harga dari rumah tersebut akan melonjak tinggi di kemudian hari.

Pemikiran tersebut cukup wajar melanda pembeli rumah. Hanya saja sebagian dari mereka lupa salah satu slogan di kalangan industri real estate, yakni lokasi. Lokasi menjadi sangat penting dan penentu utama apakah layak tidaknya sebuah rumah dijadikan sebagai investasi. Hal ini dikarenakan kondisi fisik bangunan akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Hanya tanah dan lokasi yang terus meningkat nilainya.

Nah, bagi kamu yang yang ingin pindah rumah dan tertarik untuk membeli rumah. Berikut adalah tips yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membeli rumah.

Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah

1. Lokasi

Lokasi

Lokasi rumah yang Anda beli akan menentukan harganya di kemudian hari. Rumah yang dekat dengan jalan utama tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan rumah yang harus masuk ke gang-gang. hal ini dikarenakan akses menuju rumah cenderung lebih mudah di akses. 

2. Lingkungan

Lingkungan

Sesuaikan lingkungan dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda memiliki anak yang masih berusia anak-anak, usahakan tinggal di lingkungan dengan masyarakat yang memiliki anak seumuran.

Hindari tinggal dilingkungan yang berisi orang-orang pensiunan. Karena seorang anak butuh teman sebaya yang bisa diajak bermain untuk proses tumbuh kembangnya.

Tidak heran jika saat ini banyak keluarga mencari hunian di tengah kawasan yang aman dan area terbuka yang luas. Selain itu rumah yang memiliki lingkungan ASRI dan nyaman menjadi impian banyak orang.

3. Keuangan

Sebelum menentukan membeli rumah, akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan kemampuan finansial. Pilihlah rumah sesuai dengan kondisi keuangan, mulai dari tipe rumah, lokasi dan lain sebagainya.

4. Reputasi Pengembang

Reputasi Pengembang

Perlu kita ketahui bahwa transaksi jual beli rumah membutuhkan rasa saling percaya satu sama lain, apalagi membeli rumah melibatkan banyak uang. Untuk itu penting sekali memilih pengembang yang terpercaya.

Salah satunya adalah melihat track record pengembang dengan berbagai kawasan yang telah dibangun sebelumnya. Apakah terdapat masalah atau tidak. Selanjutnya apakah lingkungan yang dibangun oleh pihak pengembang sesuai dengan lingkungan yang diinginkan. Hal tersebut menjadi gambaran singkat dalam memilih pengembang.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

5. Keamanan

Pilihlah hunian yang aman dari bahaya atau bencana. Periksa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, apakah kawasan atau daerah tersebut sering terkena banjir ketika hujan dan apakah kawasan atau wilayah tersebut rawan kejahatan atau tidak.

6. Jangan terburu-buru

Ketika membuat keputusan untuk membeli rumah, Anda harus memikirkannya secara matang, jangan biarkan siapa pun mendesak Anda untuk mengambil keputusan secara cepat. Jika Anda membeli rumah untuk investasi, pastikan ada keuntungan di kemudian hari ketika Anda membeli rumah tersebut. Pertimbangkan semua hal sebelum membuat keputusan dan pastikan Anda benar-benar menginginkan rumah tersebut sebelum mengajukan penawaran.

7. Hitung menggunakan kalkulator

Hitung menggunakan kalkulator

Saat ini banyak sekali situs yang mempunyai fitur kalkulator, salah satunya adalah fitur untuk mengetahui pembayaran pinjaman bulanan baik untuk pinjaman dengan suku bunga tetap atau hanya dengan bunga. Cara untuk menggunakan kalkulator juga sangat muda loh, Anda bisa langsung mencoba hitung pelunasan pinjaman Anda melalui mortgagecalculator.uk/amortisation.

Selain menyediakan fitur kalkulator pelunasan pinjaman, mortgagecalculator.uk juga menyediakan fitur unik, diantaranya adalah perhitungan instan, pembayaran amortisasi dan bunga, terdapat bagan, tabel amortisasi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pertimbangan sebelum Anda membeli rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah
7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie5p8HXOTBKjcGOLI0siQ65qSSA9boNCeFZCmveKDKv6FQCUc-DGX7KUUA9P1L6clOOFQ6kYDv3Xcg3ARsjGJkaHTjgPBwj404nOOyfrJ86Wb9cFFBEd-WNFrPfsRbxobq8DnDME0Pxh1vE3qjB93mAJfBIjnZVmAwPmNi6FUsKcPecItBuD12DKVu/w640-h390/5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie5p8HXOTBKjcGOLI0siQ65qSSA9boNCeFZCmveKDKv6FQCUc-DGX7KUUA9P1L6clOOFQ6kYDv3Xcg3ARsjGJkaHTjgPBwj404nOOyfrJ86Wb9cFFBEd-WNFrPfsRbxobq8DnDME0Pxh1vE3qjB93mAJfBIjnZVmAwPmNi6FUsKcPecItBuD12DKVu/s72-w640-c-h390/5.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/05/pertimbangan-sebelum-beli-rumah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/05/pertimbangan-sebelum-beli-rumah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content