10 Contoh Poster Hemat Energi Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

contoh poster terbaik
Contoh Poster Hemat Energi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh poster hemat energi terbaik. Sebelum itu, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai poster.

Pengertian Poster

Poster adalah salah satu karya seni 2 dimensi yang berisikan gambar disertai tulisan menarik. Umumnya poster berisikan himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu dan biasanya ditempelkan di tempat-tempat strategis sehingga mudah dibaca setiap orang yang melewatinya. 

Dalam pengertian lain, Poster adalah karya seni hasil desain grafis yang mengandung gambar, teks atau keduanya yang bertujuan memberikan pesan atau informasi kepada masyarakat luas.

Sedangkan menurut Wikipedia poster adalah sebagai sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya besar atau kecil. Untuk pengaplikasiannya dapat ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.

Pengertian poster menurut para ahli

  • Azhar Arsyad

Poster adalah sebuah media dua dimentasi visual yang berisikan gambar dan pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu mempengaruhi orang-orang yang melihatnya.

  • Sri Anitah

Poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

  • Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Fungsi Poster

Poster berfungsi untuk memudahkan seseorang menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat umum. Karena desain semenarik mungkin sehingga membuat orang lain tertarik untuk melihat dan membacanya. 

Tujuan Poster

Tujuan dari poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai apa yang ada dalam poster tersebut. Secara khusus tujuan poster tergantung dengan apa yang diinginkan oleh pembuat, bisa untuk mencari simpati publik, tujuan komersial dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Poster

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, padat dan mudah dipahami
  2. Menggunakan gambar/sketsa/lukisan dan perpaduan warna
  3. Isi tidak bertele tele
  4. Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar atau perkombinasiannya
  5. Langsung menarik perhatian ketika terlihat orang
  6. Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan
  7. Dapat meninggalkan kesan meskipun dibaca sambil berlalu
  8. Didesain di atas sebuah kertas atau kain
  9. Dipasang pada permukaan yang rata dan di lokasi yang strategis di tempat umum

Jenis-jenis Poster

1. Jenis poster berdasarkan isinya

  • Poster kegiatan

Poster jenis ini bersifat pemberitahuan mengenai suatu adanya kegiatan yang bertujuan agar pembaca mengetahui, mengikuti dan mendatangi kegiatan tersebut.

  • Poster pendidikan

Poster jenis ini berisi informasi yang bersifat mendidik.

  • Poster niaga

Poster jenis ini berisi penawaran sebuah produk atau jasa dengan tujuan agar pembaca membeli atau memakai jasa yang ditawarkan.

  • Poster layanan masyarakat

Poster jenis ini berisi informasi umum mengenai suatu hal yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, contohnya poster bahaya merokok, poster bahaya narkoba, poster bahaya membuang sampah di sungai dan lain sebagainya.

2. Jenis poster berdasarkan tujuan pembuatannya.

  • Poster kelas

Poster jenis ini bertujuan memberikan arahan dan motivasi kepada mahasiswa agar rajin mengikuti berbagai kegiatan terkait pendidikan.

  • Poster Wanted

Poster jenis ini bertujuan untuk mencari benda, hewan atau orang yang hilang.

  • Poster propaganda

Poster jenis ini bertujuan untuk mempengaruhi persepsi/pendapat dan membuat seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu.

  • Poster afirmasi

Poster jenis ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dengan cara memberikan kalimat yang bersifat persuasif.

  • Poster riset

Poster jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi atau undangan kepada masyarakat mengenai hasil sebuah riset atau penelitian. Poster jenis ini biasanya sering kita jumpai di sekolah atau universitas.

  • Poster film

Poster jenis ini digunakan untuk mempromosikan film tertentu sehingga masyarakat dapat mengetahuinya dan tertarik untuk menontonnya.

  • Poster cheesecake

Poster jenis ini bertujuan untuk mencari perhatian publik dengan cara mencantumkan gambar atau nama dari orang-orang terkenal.

  • Poster kampanye

Poster jenis ini berisi ajakan untuk memilih calon tertentu, biasanya jenis poster ini sering kita jumpai menjelang masa pemilihan umum, baik itu di tingkat rt sampai presiden.

  • Poster komersial

Poster jenis ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dari suatu perusahaan.

  • Poster komik

Poster jenis ini bertujuan untuk mempromosikan komik tertentu kepada banyak orang.

Contoh Poster Hemat Energi Terbaik

1. Poster Hemat Energi

contoh poster hemat energi

2. Contoh Poster Energi Ramah Lingkungan

Contoh Poster Energi Ramah Lingkungan

3. Contoh Poster Hemat Energi Bumi

Contoh Poster Hemat Energi Bumi

4. Contoh Poster Hemat Energi Listrik

Contoh Poster Hemat Energi Listrik

5. Contoh Poster Bijak dalam Menggunakan Air

Contoh Poster Bijak dalam Menggunakan Air

6. Contoh Poster Hemat Energi Bahan Bakar Minyak (BBM)

Contoh Poster Hemat Energi Bahan Bakar Minyak

7. Contoh Poster Hemat Energi Sederhana

Contoh Poster Hemat Energi Sederhana

8. Contoh Poster Hemat Air

Contoh Poster Hemat Air

9. Contoh Poster Jangan Biarkan Air Terbuang

Contoh Poster Jangan Biarkan Air Terbuang

10. Contoh Poster Hemat Air

Contoh Poster Hemat Air

Baca Juga: 22+ Contoh Poster Pendidikan Kreatif dan Inspiratif

Itulah beberapa contoh poster hemat energi terbaik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Poster Hemat Energi Terbaik
10 Contoh Poster Hemat Energi Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjClMHV56d5tz-ldCfmn6b-RpsSX_5Wp3FN2lcyrpYbRKvDC_Wngbo_2_xVoP3mj0rXaUCCyM9yfRqHJEpxFqsegjfaC9fbQ5u9qXusQMMbaoF9i1nHC7DL_8Y4x4syxj_27_ep736n8KPD1-lb6VpJ8lxRHprKA0zoM0V1bWRFEB_WPZphsIgtuqFk/w640-h396/contoh%20poster.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjClMHV56d5tz-ldCfmn6b-RpsSX_5Wp3FN2lcyrpYbRKvDC_Wngbo_2_xVoP3mj0rXaUCCyM9yfRqHJEpxFqsegjfaC9fbQ5u9qXusQMMbaoF9i1nHC7DL_8Y4x4syxj_27_ep736n8KPD1-lb6VpJ8lxRHprKA0zoM0V1bWRFEB_WPZphsIgtuqFk/s72-w640-c-h396/contoh%20poster.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/04/contoh-poster-hemat-energi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/04/contoh-poster-hemat-energi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content