Pengertian Teks Tanggapan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]

teks tanggapan
Teks Tanggapan - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teks tanggapan. Dari pada makin penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis dan menanggapi suatu teks, seperti artikel, teks sastra, berita, dll. Penilaian tanggapan dapat berupa kritik atau pujian. Tujuan dari teks tanggapan adalah memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah teks, biasanya juga disertai saran.

Ciri-ciri Teks Tanggapan

  • Teks ini berisi jawaban mengenai adanya fenomena yang muncul, disertai sebuah alasan dan fakta.
  • Memiliki 3 struktur teks, yakni evaluasi, deskripsi teks dan penegasan ulang.
  • Berisi adanya sebuah aturan dalam bahasa.
Baca Juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Ciri & Contoh

Fungsi Teks Tanggapan

  1. Mengapresiasi sebuah karya maupun hal yang dikerjakan oleh seseorang secara detail dan sejelas mungkin.
  2. Sarana atau wahana dari hal yang ditanggapi supaya sesama pemuji atau pengkritik bisa berdialog dengan lebih baik lewat konteks, deskripsi serta penilaian yang diberikan oleh teks tanggapan.
  3. Memberikan kritik membangun yang bisa digunakan untuk membantu suatu hal agar dapat diselesaikan atau menjadi lebih baik.
  4. Memberikan saran kepada sebuah hal atau persoalan lewat cara yang terarah, sistematis, dan terbaik sehingga pujian atau kritikan tidak terasa semu serta bisa dipertanggungjawabkan (objektif).

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

  • Konjungsi: Kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan menghubungkan setiap struktur.
  • Pilihan kata: Dalam teks tanggapan digunakan pemilihan kata yang pas.
  • Kalimat kompleks: Kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Kata rujukan: Sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal dengan sebutan referensi.

Struktur Teks Tanggapan

Evaluasi

Bagian ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.

Deskripsi Teks

Bagian ini akan memuat informasi mengenai data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung dan melemahkan pernyataan.

Penegasan Ulang

Ini merupakan bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang mengenai apa yang telah disampaikan.

Contoh Teks Tanggapan

1. Contoh Teks Tanggapan Tentang Sekolah

teks tanggapan
source image: educenter.id

Evaluasi

Untuk kamu yang baru saja lulus SMP, mungkin akan mengalami kegalauan dalam memilih sekolah lanjutan, antara SMK atau SMA. Setiap pilihan tentu ada konsekuensinya. Menentukan pendidikan setelah SMP tentu harus berdasarkan beberapa faktor yang cukup penting.

Deskripsi Teks

Melanjutkan ke SMA tentu memudahkan kamu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal tersebut juga di sesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika SMA. Misalnya ketika SMA kamu mengambil jurusan IPA, maka pilihan perguruan tinggi berkaitan dengan ilmu sains.

Sementara untuk SMK, setelah lulus kamu bisa langsung bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Ketika pelajaran, di SMA lebih menekankan pada teori, sedangkan untuk SMK lebih fokus pada kegiatan praktik dibandingkan teori.

Lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, namun jurusan yang bisa dipilih cukup terbatas dan disesuaikan dengan bidang yang diambil sewaktu SMK. Dalam dunia pekerjaan, lulusan SMK akan lebih mudah mendapat kerja, karena ketika sekolah lebih fokus ke praktik. Sedangkan SMA cukup kesulitan, karena jurusannya yang bersifat umum.

Penegasan Ulang

Dari beberapa pertimbangan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa lulusan SMK bisa langsung bekerja, namun juga dapat kuliah. Jika ingin kuliah, jurusan yang bisa diambil terbatas dan biasanya disesuaikan dengan jurusan sewaktu SMK. Sedangkan lulusan SMA, dapat memilih jurusan kuliah yang cakupannya lebih luas, asalkan sesuai dengan jurusan sewaktu SMA.

2. Contoh Teks Tanggapan Tentang UNBK

teks tanggapan
source image: radarpekalongan.co.id

Evaluasi

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Deskripsi Teks

Pada saat ini, banyak masyarakat, utamanya siswa dan orang tua yang masih tidak yakin dengan sistem UNBK ini. Ada banyak alasan mengapa UNBK dirasa belum siap untuk diselenggarakan. Alasan yang pertama adalah pengetahuan tentang teknologi yang terbatas, komputer dan internet yang masih belum tersedia di sekolah-sekolah Indonesia. Bahkan, walaupun sudah terdapat komputer namun jumlahnya tidak sebanding dengan siswa yang akan mengikuti ujian nasonal.

Aliran listrik yang padam akan mengganggu jalannya ujian nasional online. Memang, banyaknya komputer tentu memerlukan daya listrik yang lebih besar agar tidak terjadi pemadaman listrik yang justru dapat mengganggu siswa saat menjalankan ujian nasional. Namun sayangnya, tidak semua sekolah memiliki sumber listrik sendiri sehingga mereka tidak dapat menjamin ketersediaan listrik selama ujian berlangsung.

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan adanya UNBK diharapkan mampu menaikkan mutu pendidikan Indonesia di mata dunia. Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK, tingkat kecurangan pada pelaksanaan UNBK adalah nol.

Penegasan Ulang

Pengadaan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer perlu dilakukan demi adanya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, pemerintah juga perlu mengatasi aspek-aspek yang dapat mengganggu jalannya ujian nasional. Sehingga masyarakat tidak perlu takut akan adanya UNBK dan justru mendukung dengan sepenuh hati.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Tanggapan Kritis Terbaik

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, fungsi, kaidah kebahasaan dan contoh teks tanggapan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Pengertian Teks Tanggapan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Tanggapan, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDih6VN98C-giPpLtJgdDV1FhhQRoLnWxewSTzHy0oG2Jgeg3kChmjr4KKvtr0yEgCHRKh1cic7BvC9Wbh5d4gt-L90UXICgiV8vIUbzi3mlU91ZVQPbYuWvpu08wKRox6itkRzRuNpMbJXBNrvImNt7K18jLXUbRJR-TLnrDCfTiU0_iFXUWtUFUI/w640-h400/teks%20tanggapan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0ptjR7QzWep-8OeAlOjeGiiOwXvGjQBaBqYEui0MkLa3zffNBqwD2yQCiNzYzCYI_FSZug3mSwlFYPTx8BrbZHBfUQ6JGHtkiRqx0pLl7j1fYqc_LWdZ_ZGQd72fRqrzZg1Rqdkds0PVh3Mp2p7lKSd8tJPMFOOciI4U5h3xrXeGLLHz764-WXrSW/s72-w640-c-h350/3.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/02/pengertian-teks-tanggapan-ciri-ciri.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/02/pengertian-teks-tanggapan-ciri-ciri.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content